Cara Mengatasi Induk Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya Beserta Penyebabnya

Mengapa induk kambing tidak mau menyusui anaknya? Itulah pertanyaan yang sering muncul pada forum-forum grup komunitas peternak kambing atau domba. Baik di facebook maupun grup media umum lainnya. Hal itu menciptakan salah satu admin di sini jadi gatal ingin menulis secara panjang lebar mengenai penyebab dan cara mengatasi induk kambing yang menolak menyusui anaknya.

Tentunya goresan pena ini kredibel, alasannya ditulis menurut riset dari pengalaman para peternak kambing yang berada di lembaga forum Facebook khusus komunitas peternak kambing di Indonesia. Dan admin sendiri termasuk dari komunitas mereka yang ada di grup.

Baik, menyoal duduk perkara induk kambing yang tidak mau menyusui anaknya memang agak mengkhawatirkan. Apalagi buat para pemula yang gres beternak kambing di rumah, tentu sangat galau dan cemas ketika melihat anaknya disingkirkan ibunya dikala mau menyusu.

Lantas apa sih penyebab kambing tidak mau menyusui anaknya? Bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab dan Cara Mengatasi Induk Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya


Berikut penyebab penyebab induk kambing enggan menyusui anak anaknya, disertai cara menanganinya menurut para ahli.

1. Karena Kelahiran Pertama


Mengapa induk kambing tidak mau menyusui anaknya Cara Mengatasi Induk Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya Beserta Penyebabnya

Umumnya induk kambing tidak mau menyusui anaknya hanya terjadi pada kelahiran pertama. Akan tetapi jikalau dibiarkan referensi itu akan terus berlanjut hingga kelahiran berikutnya. Hingga karenanya si pemilik kambing mengalah dan terpaksa memberi susu abu pada anak kambing.

Padahal apabila penyebabnya lantaran soal kelahiran pertama mengatasinya cukup mudah, yaitu kalian cukup memaksa semoga induknya menyusui anaknya. Caranya sanggup meminta tolong pada sahabat untuk memegangin induk kambing, kemudian perah puting kambing supaya keluar susunya. Kemudian sodorkan anak kambing biar mau nyusu.

Tapi perlu diingat biasanya induk kambing akan memberontak, jadi usahakan kalian harus kuat. Jikalau kalian memang tidak ingin meminta pinjaman sahabat kalian juga sanggup mengikat kaki induknya. Lalu mengajari untuk menyusui anaknya hingga beberapa hari. Tapi usahakan putingnya olesi getah pepaya dulu supaya si induk merasa gatal sehingga mau menyusui anaknya. Ini ialah tips yang umum dipraktikan sahabat sahabat di grup.

Kalau tidak, kalian sanggup mengobati induk kambing tidak mau menyusui anaknya dengan flora klateng (lihat gambar di bawah). Pertama, cari flora tersebut di sekeliling rumah anda. Lalu usapkan daunnya sempurna pada puting susunya. Setelah itu puting kambing akan merasa gatal. Karena kambing merasa gatal maka otomatis ia mau menyusui anaknya.

Mengapa induk kambing tidak mau menyusui anaknya Cara Mengatasi Induk Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya Beserta Penyebabnya
Tumbuhan Klateng

Kaprikornus pada dasarnya ialah perlu dipaksa dan teman-teman harus tega jangan bawa perasaan alasannya ini demi anaknya. Takutnya kalau nggak dipaksa induknya akan terus-menerus menolak menyusui hingga kelahiran anak berikutnya.

2. Jalan Susu pada Putingnya Tersumbat


Selain lantaran kelahiran pertama, terkadang penyebab lainnya ialah lantaran Jalan susunya masih tersumbat. Jika memang demikian cara mengatasinya mudah. Minta pinjaman sahabat untuk memegangi induknya, kemudian kalian peras susunya hingga keluar. Seperti di atas sanggup ditambahkan dengan getah pepaya.

3. Tips Dari Teman Teman Komunitas


Mengapa induk kambing tidak mau menyusui anaknya Cara Mengatasi Induk Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya Beserta Penyebabnya

Berikut kami salin komentar dari teman-teman mengenai solusi induk kambing tidak mau menyusui anaknya. Agar agan agan di sini sanggup menyimpulkan sendiri.

Dari nama FB Diona, "Jika induk kambing tidak mau menyusui anaknya tetap dipaksa saja. Lama-lama juga terbiasa. Sebab kalau tidak dipaksa kolostrum pada susu kambing sangat penting buat cempe"

Dari facebook Wildan Ali, "Harus dipaksa kalau induk tidak mau menyusui anaknya. Minta pinjaman sahabat supaya memegangi kemudian pegang puting dan peras susunya. Apabila memberontak itu lantaran merasa geli, coba peras dulu"

Dari facebook Maryoto, "Menurut pengalamanku induk harus dipegangi, kemudian biarkan anaknya ngedot sendiri. Pasti sehari dua hari niscaya si induk mau menyusui"

Dari Abi Alpi, "Puting susunya diberi air hangat gan! kemudian dipaksa"

Dari Zaid, "Waah,induk kambing tidak mau menyusui sanggup lantaran tanda-tanda mastitis. Usahakan faktor masakan diperbaiki kalau mau bikin fermentasi daun singkong"

Baca juga: Cara Beternak Kelinci yang Baik dan Benar untuk Pemula

Nah itulah panduan lengkap bagaimana mengatasi induk kambing yang tidak mau menyusui anaknya. Kalau teman-teman memang tidak mau berusaha menyerupai di atas, silakan perahin susu induknya atau beli susu serbuk. Sekian saja dari kami silahkan dibagikan ke teman-teman yang lagi mendapati duduk perkara yang sama.

0 Response to "Cara Mengatasi Induk Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya Beserta Penyebabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel