Cara Merawat Kucing Persia Biar Gemuk Dan Sehat

Cara Merawat Kucing Persia- Kucing persia ialah salah satu jenis kucing ras yang paling terkenal sejagat raya. Bentuk tubuhnya yang bulat, hidungnya yang pesek dan bulunya yang halus serta sifatnya yang lucu menjadi daya tarik tersendiri bagi cat lovers di Indonesia. Apalagi kucing ini memliliki bermacam-macam jenis yang imut-imut semua, ada himalaya, flatnose, peaknose dan medium.

Dengan demikian maka tak heran kalau binatang yang menggemaskan ini banyak dicari dan dijadikan binatang peliharaan di rumah, terutama oleh kalangan perempuan dan anak-anak. Meskipun harganya mahal dan biaya perawatannya relatif tinggi, tetap saja hal itu tidak menyurutkan para penggemar untuk memeliharanya.

Tapi bagi pemula tentu sedikit kebingungan dikala merawatnya, apalagi sebelumnya beliau tidak pernah mempunyai binatang peliharaan.

Sahabat-sahabat Harga Diri, perawatan kucing persia merupakan suatu hal yang mutlak yang harus kalian perhatikan, jangan hingga kucing yang elok dan imut ini jadi buruk gara-gara salah dalam merawatnya, dan jangan hingga bulu yang halus jadi rusak gara-gara tidak tahu cara merawatnya. Intinya yang ibarat itu jangan hingga terjadi pada kucing kalian.

Bagaimana cara merawat kucing persia yang baik dan benar?

Baiklah kami akan memperlihatkan beberapa tips merawat kucing persia supaya cepat gemuk dan sehat. Tapi sebelumnya saya akan menyarankan kepada kalian yang belum membeli kucing persia supaya membaca artikel kami yang berjudul: [ 15 Jeins Kucing Ras di Indoneia ] dan [ Cara Membeli Kucing Persia yang Bagus dan Berkualitas ].

Cara Merawat Kucing Persia


Perawatan yang benar akan berdampak pada pertumbuhan dan kesehatan si kucing, sehingga kami membagi menjadi 3 pembahasan: Yaitu perlengkapan kucing, langkah-langkah perawatan persia yang benar dan terakhir kuliner kucing supaya gemuk

Kaprikornus sebaiknya kalian simak pelan-pelan sesuai urutan di bawah ini step by step:

A). Membelikan Perlengkapan Khusus untuk Kucing


 Kucing persia ialah salah satu jenis kucing ras yang paling terkenal sejagat raya Cara Merawat Kucing Persia Agar Gemuk dan Sehat

Langkah pertama yang harus kalian lakukan dalam merawat kucing persia adalah menyediakan perlengkapan khusus supaya si kucing dapat nyaman dan betah tinggal di rumah anda, apa saja perlengkapan kucing yang dibutuhkan?

1. Kandang Kucing


Menyediakan sangkar sudah menjadi hal yang wajib, lantaran sangkar tersebut berfungsi sebagai daerah tinggal kucing di dikala kalian sedang bekerja atau keluar kota, kalau kalian tidak memasukkan ke dalam sangkar dan dibiarkan bebas di dalam rumah, maka bisa-bisa kucing anda hilang atau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Dianjurkan untuk membeli sangkar persia yang layak, luas dan higienis supaya binatang kesayangan anda dapat merasa nyaman dan betah ketika di dalam kandang.

2. Tempat Makan dan Minum


Tempat makan kucing mempunyai kegunaan untuk menjaga makanannya supaya tidak berhamburan kemana-mana, dan kalau bisa, carilah sangkar yang satu wadah tapi mempunyai beberapa lubang supaya dapat lebih efisien, contohnya di satu daerah tersebut sudah ada lubang untuk kuliner dan lubang untuk minuman.

Selain itu kalian juga harus menyediakan daerah khusus, dengan begitu ketika si kucing kau lapar dapat eksklusif mencari daerah makan tersebut.

3. Membeli Pasir Wangi beserta Bak dan Seroknya


 Kucing persia ialah salah satu jenis kucing ras yang paling terkenal sejagat raya Cara Merawat Kucing Persia Agar Gemuk dan Sehat

Memenuhi kebutuhan kucing persia bukan sekedar sangkar dan daerah makan saja loh! Tapi juga media-media lainnya ibarat kolam pasir, pasir dan serokan pasing.

Pasir wangi berfungsin untuk mengeringkan kotoran kucing dan mengurangi baunya. Sedangkan daerah pasir mempunyai kegunaan sebagai wadah pasir. Adapun serokan pasir berfungsi untuk mengambil kotoran kucing yang sudah menggumpal di kolam pasir. Sehingga akan memudahkan kita dalam membersihkan kotoran yang ada di daerah pasir tersebut.

Disarankan untuk memakai pasir khusus kucing, biasanya pasir tersebut beraroma buah atau selainnya yang terang baunya wangi. Memang pengeluaran untuk pasir kucing tidak mengecewakan banyak, namun sobat dapat menghematnya dengan mencuci pasir kucing sehabis digunakan. Baca saja: Cara Mencuci Pasir Kucing Agar Tidak Bau Praktis dan Simpel

4. Shampo Khusus Kucing Persia


Media dalam merawat kucing persia berikutnya ialah shampo. Mengapa butuh shampo? Jawabannya ialah lantaran kucing juga makhluk hidup, tidak ada bedanya dengan manusia, kucing juga butuh shampo untuk mandi sehingga bulunya tetap terawat. Tapi kalian perlu hati hati, jangan hingga mengenai matanya.

Shampo kucing biasanya digunakan sekali dalam satu minggu. Agar lebih aman, sebaiknya baca artikel: teknik memandikan kucing persia yang benar

5. Baby Oil dan Kapas


Ada yang menganggap ini tidak penting, tapi berdasarkan saya baby oil sangat diperlukan apalagi kalau si kucing sering diajak tidur bareng sama kamu. Dengan baby oil kebersihan kucing dapat lebih terawat. Adapun kapas mempunyai kegunaan untuk membersihkan kotoran yang ada di indera pendengaran atau bagian-bagian tubuh kucing yang kecil.

6. Vitamin Kucing


Vitamin kucing sangat berperang bagi kesehatannya serta menjaga bulunya supaya tetap halus. So belilah vitamin tersebut di pet shop atau apotik terdekat.

B). Langkah-Langkah Merawat Kucing Persia


 Kucing persia ialah salah satu jenis kucing ras yang paling terkenal sejagat raya Cara Merawat Kucing Persia Agar Gemuk dan Sehat

Yupz kita sudah hingga ke tahap kedua. Di tahap ini kita akan dipandu bagaimana cara merawat kucing yang baik dan benar, dengan begitu si kucing dapat sehat dan terawat, apa saja langkahnya?


1. Membersihkan Kandang Kucing


Kucing persia sangat menyukai daerah yang bersih. Maka bersihkanlah kandangnya setiap kali ia selesai buang air besar. Namun lebih baik lagi kalau dibersihkan secara rutin setiap hari.
 

2. Menyisir Bulu Kucing


Kucing persia tidak sama dengan kucing kampung yang pinter merawat dirinya sendiri, apalagi beliau mempunyai bulu tebal, oleh lantaran itu kita lah yang harus merawatnya setiap hari dengan menyisir bulunya. Disarankan memakai sisir logam, hal ini mempunyai kegunaan supaya bulunya tidak melekat di sisir. Dan ingat, sisirlah perlahan-lahan, jangan memaksa kalau ada bulu yang susah disisir, lantaran dapat menyakiti kulit kucing.

3. Membersihkan Bulu Kucing


Cara membersihkannya dengan memakai tisu berair bayi yang non alkohol, usaplah bulunya dengan lembut supaya tubuh di kucing harum dan tidak kotor.

4. Perhatikan Makanannya


Jika menginginkan kucing kita sehat dan  bugar, maka santunan nutrisi dan vitamin setiap hari ialah solusinya. Hal ini supaya kucing persia tetap terjaga dan tidak praktis terjangkit penyakit.


5. Menjemur Kucing Persia


Selain santunan vitamin dan nutrisi setiap hari, kucing persia perlu dijemur dibawah matahari pagi. Panas pagi hari sangat elok dan menyehatkan tubuh si kucing.

6. Jangan Melakukan Kekerasan Terhadap Kucing Anda


Kucing Persia dapat bertahan hidup selama 20 tahun. Oleh lantaran itu rawatlah ia sebaik mungkin. Jangan pernah membentaknya apalagi memukulnya. Sebab, hal itu akan menciptakan si kucing stres dan kesehatannya menurun.


7. Membersihkan Area Mata


Kucing persia sering mengalami duduk kasus pada kanal air mata, sehingga membuatnya sering mengeluarkan air mata dan menimbulkan banyak kotoran. Maka bersihkanlah dengan memakai tisu berair dan jangan lupa pula membersihkan area hidung, dapat dengan memakai cutton bud.

8. Berilah mainan


Setiap kucing persia mempunyai mainan kesukaan sendiri. So sediakanlah mainan khusus di dalam kandangnya atau luangkanlah waktu anda sejenak untuk bermain dengan si kucing, meski hanya sekedar membelainya.

C). Cara Merawat Kucing Persia Agar Cepat Besar


 Kucing persia ialah salah satu jenis kucing ras yang paling terkenal sejagat raya Cara Merawat Kucing Persia Agar Gemuk dan Sehat

Cara menggemukkan kucing persia praktis gampang sulit. Untuk cepat lambatnya menggemukkan tubuh si kucing tergantung anda. Tips dibawah ini hanya cara efektifnya saja. 

1. Memberi Makanan yang Tepat


Berilah kuliner yang bergizi untuk si kucing. Makanan yang tinggi protein dan vitamin. Jangan pernah memberinya ikan asin, lantaran menciptakan bulu si kucing jadi rontok, selain itu kucing persia juga sensitif dengan bacin ikan asin. Maka berilah kuliner yang lain, ibarat daging dan yang penting bervariasi, supaya si kucing tidak bosan dan tidak kehilangan nafsu makan.


2. Buatlah si Kucing Nafsu Makan


Sebelum memberi makan si kucing, buatlah ia mempunyai nafsu makan terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, cukup diolesi kuliner berair di hidungnya, hal ini supaya ia mencium bacin kuliner dan menjadi suka. sehingga muncullah nafsu makannya.

3. Pemberian Vitamin dan protein pada Kucing


 Kucing persia ialah salah satu jenis kucing ras yang paling terkenal sejagat raya Cara Merawat Kucing Persia Agar Gemuk dan Sehat

Cara membesarkan tubuh kucing yang ketiga ini dengan memperlihatkan kuliner yang berprotein tinggi. Anda dapat menambahkan daging atau kuning telur untuk sajian kuliner si kucing. Pemberian kuning telur dapat dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.
Atau anda dapat membeli kuliner dry food (makanan kering), pilihlah yang banyak proteinnya dan tidak banyak pewarna. Karena pewarna kuliner dapat merusak ginjal kucing persia.

Untuk vitaminnya, anda cukup memberinya minyak ikan. Bisa dicampurkan ke dalam makanannya atau dioleskan di mulutnya.
Karena vitamin juga dapat menambah nafsu makannya dan membuatnya gemuk serta sehat.

4. Menjaga Mood Kucing Persia


Luangkanlah waktu anda untuk bermain dengan kucing anda. Jika tidak, anda dapat memberinya mainan kesukaannya. Karena kucing persia sebetulnya kurang suka berada di dalam sangkar terus, jadi ajaklah ia bermain di luar kandang. Hal ini untuk menghindari supaya kucing persia tidak stres, kalau stres maka nafsu makannya turun dan susah gemuk.

5. Vaksin


Nah yang terakhir ialah vaksin. Berilah ia vaksin supaya si kucing tidak praktis sakit dan selalu sehat serta bulunya tidak praktis rontok.

Perlu diketahui, memggemukan kucing tidak dapat cepat, anda harus rajin dan telaten dalam memberinya makan dan menjaga kondisi jiwanya supaya tidak stres serta memberinya vaksin supaya tidak praktis sakit.

Baiklah demikian klarifikasi panjang lebar cara merawat kucing persia supaya gemuk dan sehat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi cat lovers di Indonesia, jangan lupa tanggapannya di komentar. Maaf kalau masih kurang lengkap.

0 Response to "Cara Merawat Kucing Persia Biar Gemuk Dan Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel