Cara Mencegah Dan Mengobati Sapi Kembung (Bloat)

Cara Mencegah Dan Mengobati Sapi Kembung (Bloat) - Sapi anda Kembung? Begini cara mengatasinya. Kembung atau biasa disebut bloat ialah salah satu penyakit sapi yang disebabkan lantaran penimbunan gas yang ada di dalam lambung. Pada dikala sapi terkena penyakit kembung, perut sapi terlihat akan membesar dan juga menggelembung. Selain itu, Sapi kembung juga sanggup disebabkan lantaran beberapa hal, salah satu penyebab sapi kembung yakni sapi sering memakan hijauan pakan ternak yang masih berair / berair. Bukan itu saja, perut kembung pada sapi juga  sanggup di sebabkan lantaran adanya penyumbatan kanal pencernaan lantaran ada benda abnormal yang di makan oleh sapi. Maka dari itu, Anda wajib memperhatikan semua pakan yang diberikan.

Sapi Bali

Cara Mencegah Sapi kembung (bloat)


Sebelum itu terjadi, anda harus mencegah  semoga sapi tidak terjangkit penyakit kembung / bloat. Salah saru cara abtisipasi semoga sapi tidak kembung adalah  dengan dengan memperlihatkan masakan dalam kondisi kering, bila hijauan pakan ternak masih berair anda harus menjemur terlebih dahulu sebelum diberikan kepada sapi. Jika pakan sapi dalam kondisi kering, kemungkinan ternak sapi tidak akan terkena penyakit. Bukan lantaran pakan yang masih berair aaja, bila anda menggembala terlalu pagi pun sanggup mengakibatkan sapi akan kembung maka perlu Anda hindari. Jika sapi anda sudah terkena penyakit kembung / boat segera obati dengan cara yang benar. Jika penyakit kembung gres tanda-tanda maka bisa  mengajak sapu untuk lari-lari kecil di lapangan atau halaman luas, cara itu anda lakukan selama beberapa menit. Sabar dan tunggu hingga sapi terlihat sendawa, bila sudah teratasi, langkah berikutnya anda pastikan dengan memperlihatkan pakan kering untuk sapi ya. Proses sapi mengunyah masakan kering inilah yang  akan meredakan atau menyembuhkan kembung pada salu.

Cara Mengobati Sapi Kembung (Bloat)


Apabila kondisi penyakit kembung pada sapi anda sudah semakin parah, anda perlu lakukan cara berikut ini :

Cara pertama anda harus sanggup mengeluarkan gas dengan cara menusuk-nusuk perut sapu cuilan kiri memakai cannula dan trocoar. Akan tetapi, bila anda ragu dan tak sanggup melaksanakan cara ini kami sarankan anda konsultasikan duduk perkara ini ke dokter binatang atau mantri, mintalah pemberian dokter binatang yang sudah berpengalama. Anda tak boleh anggap sepele, penyakit kembung pada sapi ini juga sanggup menjadi berbahaya bila anda tidak segera obati dengan cara yang benar dan tepat. Parahnya, penyakit boat pada sapi juga sanggup berakibat fatal, sapi sanggup mati. Saran kami segera lakukan pencegahan dan pengobatan yang yang benar semoga penyakit kembung pada sapu sanggup teratasi dengan cepat dan tepat.


Berdasarkan pengalaman , ada banyak tanda-tanda yang sanggup kita prediksi bila sapu akan terjangkit penyakit kembung (bloat)

Jika penyakit sapi kembung yang dialami sudah sangat parah, langkah terahir yang sanggup anda lakukan dengan segera memotong atau menyembelih sapi ternak tersebut. Cara ini terpaksa kita lakukan untuk mengantisipasi kerugian secara materi. Karena daging sapi yang sudah terkena penyakit kembung dagingnya masih anggun dan layak untuk di makan.


Demikian artikel perihal bagaimana cara memcegah dan mengobati sapi kembung (bloat) yang sanggup kami berikan. Kami berharap sapi anda selalu dalam kondisi prima dan mempunyai nilai jual yang tinggi. Salam Sukses Peternak Indonesia.

0 Response to "Cara Mencegah Dan Mengobati Sapi Kembung (Bloat)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel