Cara Membersihkan Indera Pendengaran Kucing Yang Kotor

Cara membersihkan indera pendengaran kucing- Perawatan kucing tergolong mudah. Apalagi persoalan kebersihan tubuhnya. Sebab beliau sendiri sudah arif membersihkan bulunya dengan pengecap kasarnya. Sehingga bulunya selalu higienis dari kotoran-kotoran ringan menyerupai debu.

Walaupun begitu, kucing juga perlu dimandikan pada keadaan-keadaan tertentu. Misalnya ketika beliau terkena kotoran membandel atau kondisinya sangat kotor dan kusut. Maka kita harus membersihkannya dengan air. Terutama di potongan bagian tersembunyi menyerupai telinga, mata, hidung atau di potongan sempit lainnya.

Baca: Cara Memandikan Anak Kucing yang Baik untuk Pemula

Karena biasanya orang-orang kurang memperhatikan kebersihan di potongan badan kucing yang sempit menyerupai telinga. Padahal indera pendengaran kucing sendiri sangat rawan ditumbuhi kuman penyakit menyerupai jamur.

Kalau anda tidak segera membersihkannya maka usang kelamaan indera pendengaran tersebut sanggup infeksi akhir sering digaruk alasannya ialah gatal. So, bagi sobat yang memelihara kucing, kami sarankan untuk menyelidiki telinganya secara rutin. Agar tidak terjangkit penyakit menyerupai infeksi jamur, infeki bakteri, ear mites (cairan telinga), dan alergi.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur pada Kucing dengan Cepat

Lalu bagaimana cara membersihkan indera pendengaran kucing yang kotor?

Membersihkan indera pendengaran kucing memang susah susah gampang. Susahnya ketika membersihkan indera pendengaran di potongan dalam. Dan lebih susah lagi bila kucing yang kita bersihkan tersebut berjenis bulu lebat menyerupai anggora dan persia.

Tapi sobat tidak perlu khawatir, di sini Harga Diri akan membantu teman-teman bagaimana cara membersihkan kotoran indera pendengaran kucing yang baik dan benar. Silakan simak klarifikasi di bawah ini.

Cara Membersihkan Telinga Kucing


 Sebab beliau sendiri sudah arif membersihkan bulunya dengan pengecap kasarnya Cara Membersihkan Telinga Kucing Yang Kotor
shutterstock.com

Membersihkan indera pendengaran kucing itu ada beberapa metode. Metode dari dokter binatang atau metode sederhana dari kalian sendiri. Perbedaannya adalah, bila kalian menggunakan cara dokter, harus menggunakan alat khusus pembersih telinga. Dan Jika kalian ingin menggunakan cara sendiri maka cukup menggunakan bahan-bahan di sekeliling anda. Tapi harus tetap memperhatikan peraturannya, supaya tidak salah langkah.

Apa saja langkah-langkah membersihkan kucing sendiri di rumah?

1. Melihat Kondisi Psikis Kucing


Sebelum membersihkan indera pendengaran kucing, ada baiknya bila sobat menunggu hingga si kucing terlihat sedang senang dan tidak sakit, lapar, ngantuk atau lesu. Karena membersihkan kucing dalam keadaan senang itu mudah. Dia tidak memberontak dan melawan.

2. Siapkan Perlengkapan


 Sebab beliau sendiri sudah arif membersihkan bulunya dengan pengecap kasarnya Cara Membersihkan Telinga Kucing Yang Kotor

Cara kedua ialah menyiapkan alat-alat yang akan dipakai untuk membersihkan indera pendengaran kucing. Adapun alat-alat yang diharapkan adalah:

  • Cutton bud
  • Kapas lembut.
  • Tisu dan obat tetes indera pendengaran khusus kucing. (Obat tetes sanggup anda dapatkan di pet shop atau toko binatang lainnya yang lengkap.)

Apabila tidak mempunyai obat tetes sanggup menggunakan baby oil. Nanti akan kami jelaskan pada poin berikutnya.

3. Keluarkan Kucing dari Kandang dan Bersihkan Telinga Dengan Cutton Bud


 Sebab beliau sendiri sudah arif membersihkan bulunya dengan pengecap kasarnya Cara Membersihkan Telinga Kucing Yang Kotor

Apabila semua sudah siap, ambil-lah kucing anda. Lalu letakkan di pangkuan dengan posisi sedikit miring. Bersihkan dahulu indera pendengaran potongan dalam dengan cutton bud. Jangan terlalu dalam ya sob, alasannya ialah kulit indera pendengaran potongan dalam sangat sensitif. Gunakan cutton bud yang besar dan berkualitas baik.

4. Proses Membersihkan Telinga Kucing


 Sebab beliau sendiri sudah arif membersihkan bulunya dengan pengecap kasarnya Cara Membersihkan Telinga Kucing Yang Kotor
shutterstock.com

Setelah dibersihkan pakai cutton bud, selanjutnya tetesi indera pendengaran kucing menggunakan obat tetes indera pendengaran pada potongan permukaan dan indera pendengaran belakang. Tapi bila tidak mempunyai obat, kalian sanggup membersihkan indera pendengaran kucing menggunakan baby oil. Meskipun yang kami rekomendasikan tetap menggunakan obat tetes khusus yang sanggup kalian dapatkan di toko hewan.

Pijat perlahan lahan hingga obat tetesnya menyebar ke indera pendengaran dengan cepat. Kemudian diamkan si kucing hingga ia menggeleng gelengkan kepala. Apabila kucing sedang menggelengkan kepalanya maka otomatis obat tetes tersebut akan meresap dan menyebar dengan baik. Sehingga kotoran yang masih tersisa sanggup keluar semua.

Jika sudah, bersihkan daun indera pendengaran dan permukaan indera pendengaran dengan kapas. Tapi ingat, kapasnya jangan hingga masuk terlalu dalam ke lubang telinganya. Karena sanggup merusak gendang. Apabila sudah, gunakan tisu untuk pembilasan terakhir. Lakukan semua cara di atas dengan lembut dan perlahan lahan. Jangan terburu buru.

Lihat video membersihkan kotoran indera pendengaran kucing berikut:

 Sebab beliau sendiri sudah arif membersihkan bulunya dengan pengecap kasarnya Cara Membersihkan Telinga Kucing Yang Kotor


Itulah cara membersihkan potongan indera pendengaran kucing dengan memanfaatkan alat alat sederhana di rumah anda. Bila sobat kurang puas dengan cara itu, kalian sanggup menggunakan metode dokter hewan.

5. Membersihkan Telinga Kucing dengan Metode Dokter Hewan


 Sebab beliau sendiri sudah arif membersihkan bulunya dengan pengecap kasarnya Cara Membersihkan Telinga Kucing Yang Kotor

Menggunakan cara ini perlu adanya alat-alat canggih khusus. Misalnya menggunakan alat penghisap kotoran atau suction. Dokter binatang umumnya menggunakan balon penghisap yang mana alat tersebut terbuat dari karet. Alat ini biasa dipakai untuk membersihkan kotoran gendang indera pendengaran yang telah rusak. Menyedot kotoran kotoran yang basah menyerupai nanah.

Selain itu sanggup juga menggunakan cara irigasi pada indera pendengaran kucing. Cara ini sangat simpel anda lakukan di rumah. Dokter binatang biasa menggunakan cairan ceruminolotik untuk diteteskan di dalam indera pendengaran kucing. Anda sanggup membeli cairan tersebut di klinik hewan.

Fungsinya ialah untuk menghancurkan dan melepaskan kotoran indera pendengaran si empus. Dengan begitu anda tidak perlu ngorek ngorek telinganya dengan cutton bud mapun kapas.

Baca juga: Cara Merawat Kucing Persia semoga Sehat dan Bersih

Itulah panduan membersihkan indera pendengaran kucing yang kotor. Silakan anda gunakan cara atau metode yang berdasarkan anda paling mudah. Yang penting tetap harus berhati hati dan teliti. Untuk membersihkan indera pendengaran kucing lakukan secara rutin 2 ahad sekali atau bila indera pendengaran terlihat kotor.

0 Response to "Cara Membersihkan Indera Pendengaran Kucing Yang Kotor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel