Standar Dan Ciri Ciri Ikan Cupang Aduan Yang Bagus

Ciri Cupang Aduan yang Bagus- Sebelumnya Harga Diri sudah pernah membahas jenis ikan cupang di Indonesia, dan di sana sudah dijelaskan pembagian-pembagiannya, yaitu ada ikan cupang hias, cupang aduan dan cupang alam. Sehingga setiap orang berbeda-beda, ada yang fanatik terhadap ikan cupang hias, dan ada pula yang lebih bahagia memelihara cupang aduan.

Tentu saja mereka mempunyai alasan masing-masing, tetapi yang terang pemelihara ikan cupang aduan itu lebih sering mengadakan kontes (perlombaan) dibandingkan pemelihara cupang hias, bahkan anak SD pun sanggup menggelar kontes secara kecil-kecilan. Semakin sering memenangkan lomba maka harganya juga akan semakin mahal. Oleh lantaran itu, mempunyai ikan cupang aduan yang cantik tentunya menjadi dambaan semua orang. [pringatan: mengadu cupang ialah perbuatan ilegal dan dihentikan oleh agama]

 ada yang fanatik terhadap ikan cupang hias Standar dan Ciri Ciri Ikan Cupang Aduan yang Bagus

Kaprikornus bagi kalian para pemula yang ingin membeli atau mencari ikan cupang aduan yang berkualitas sehingga sanggup memenangkan perlombaan, sebaiknya kenali cara menentukan cupang aduan yang cantik di bawah ini:

Ciri Ciri Cupang Aduan yang Bagus


Menurut para master, ikan cupang sabung yang cantik itu harus mempunyai ciri ciri berikut ini:

1. Agresif dan Memiliki Mental Juara


Ciri ciri pertama tentu beliau harus agresif, bila tidak maka disebut ikan hias. Mental petarung juga perlu diperhatikan sob, caranya anda cukup memperhatikan si cupang saat ia melihat musuh, apakah beliau akan membuatkan siripnya secara penuh atau tidak. Kalau tidak itu tandanya kurang gagah.

2. Badan Ikan Harus Gotot


 ada yang fanatik terhadap ikan cupang hias Standar dan Ciri Ciri Ikan Cupang Aduan yang Bagus

Maksud tubuh ikan cupang yang gotot di sini bukanlah berbadan gemuk, tapi justru malah sebaliknya. Yaitu harus full pressed body alias tubuhnya ramping. Mengapa? lantaran yang ramping biasanya lebih gesit, dan agresif.

Selain ramping, tubuhnya juga harus mempunyai cekungan halus mulai dari ujung tubuh hingga samping perut. Kalau 2 syarat itu ada di tubuh ikan anda berarti beliau jenis ikan cupang aduan yang bagus.

3. Gigi Cupang Aduan Tajam Bagaikan Pedang


Gigi yang tajam ialah senjata mematikan utama dalam peperangan antar ikan cupang, lantaran bila giginya tajam, ia akan merobek-robek sisik lawannya.

Untuk mengetahui apakah giginya tajam atau tidak, perhatikanlah ring bibir dari atas toples. Jika di bab bibir bawah terdapat bintik-bintik kecil berwarna hitam, berarti giginya tajam, atau sanggup dilihat rapat tidaknya bibir tersebut.

 ada yang fanatik terhadap ikan cupang hias Standar dan Ciri Ciri Ikan Cupang Aduan yang Bagus

Andai kalian kurang yakin, silahkan masukkan cupang aduan kalian ke dalam plastik berisi air, kemudian diikat dan dipancing amarahnya, saat beliau murka dengan menabrakkan plastiknya, lihatlah apakah tabrakannya berpengaruh atau tidak, apakah plastiknya bocor atau tidak. Bila pukulannya lemah tapi plastiknya jebol maka dipastikan cupang tersebut mempunyai gigi yang sangat panjang, berdiameter besar dan sangat tajam.

4. Sisik Ikan Cupang Aduan Tebal dan Rapih


 ada yang fanatik terhadap ikan cupang hias Standar dan Ciri Ciri Ikan Cupang Aduan yang Bagus
Gambar by facebook Umar Maulana

Seorang petinju itu harus mempunyai kulit yang keras, kekar dan berotot. Begitu juga dengan ikan, selain mempunyai gigi yang tajam beliau juga harus mempunyai pertahanan yang berpengaruh berupa sisiknya yang keras. Itulah cupang yang bagus.

Sisik yang berpengaruh dan tebal ditandai dengan meratanya sisik di seluruh bab tubuh dan rapatnya jarak antar sisik satu dengan yang lain, serta ukurannya tidak terlalu besar alias kecil tapi rapih.

5. Sirip Ekor Ikan Cupang Aduan Harus Rapat


Ciri ciri ikan cupang aduan yang cantik berikutnya ialah dari sisi siripnya. Jika siripnya rapat dan halus berarti beliau aman, lantaran bila renggang dan besar akan rawan terkena penyakit jamur.

Baca: Jenis Penyakit Ikan Cupang

6. Bentuk Dahi Mirip Ikan Arwana dan Ring Bibir Tebal 


 ada yang fanatik terhadap ikan cupang hias Standar dan Ciri Ciri Ikan Cupang Aduan yang Bagus

Yang kelima ini juga tidak kalah penting, usahakan dahinya seolah-olah ikan arwana. Karena bila dicermati pemenang-pemenang kontes cupang aduan mempunyai ciri ciri ini.

Nah, itulah ke lima ciri ciri ikan aduan yang cantik dan bermental juara. Jika kalian sudah mendapat ikan dengan gejala di atas, sisanya serahkan kepada tuhan, lantaran takdir ada di tanganNya. Jangan lupa untuk merawatnya dengan baik.

Baca juga: cara membeli ikan cupang aduan yang berkualitas

Ok, aku akhiri pembahasan ciri-ciri ikan cupang aduan yang bagus, biar tips di ats sanggup bermanfaat Amiin. Selamat mencoba. Salam sukses!! Terimakasih

0 Response to "Standar Dan Ciri Ciri Ikan Cupang Aduan Yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel