Cara Mengobati Kaki Sugar Glider Bisul Beserta Penyebabnya

Memelihara sugar glider bukan sekedar memberi makan, mengajaknya bermain atau membersihkan kandang. Sesekali kita perlu memperhatikan kondisi dan kesehatannya. Karena tidak sedikit para pecinta sugar glider yang tiba-tiba mendapati kakinya sudah bisul besar. Ada yang bisul biasa, ada yang disertai dengan warna biru bahkan ada yang bisul hingga berdarah.

Bengkak sendiri merupakan satu dari sekian banyak jenis penyakit sugar glider yang ada. Di samping itu nampaknya penyakit ini kerap sekali dialami oleh hobiis. Buktinya sering ditanyakan di forum-forum media umum ibarat Facebook. Dari saya bergabung di grup tahun 2012 hingga sekarang, mungkin sudah ada ratusan pertanyaan terkait kaki bisul pada sugar glider. Sering sekali kami temui. Salah satu contohnya,

"Urgent, di sini ada yang sanggup memberi inspirasi obat kaki sugar glider yang bisul lantaran digigit oleh temannya. Dan kini jalannya pincang??" Dikirim oleh Facebook Valence Fen

"Om, kalau kaki SG bengkak, diobatin pake apa sih?" Ditulis oleh Mang Opoh Aya.

Oleh lantaran itu hal ini dihentikan dibiarkan, lantaran jikalau dibiarkan efeknya besar. Kaki sugar glider yang terluka atau bengkak, akan menjadikan rasa sakit hingga ia terlihat pincang dikala berjalan.

Nah buat sahabat sahabat yang sedang mengalami problem ini, sebaiknya simak ulasan Harga Diri di bawah ini. Kami mengulas gosip penyebab kaki sugar glider bisul dan cara mengobatinya. Lengkap disertai tanggapan teman-teman di grup.

Penyebab Bengkak pada Kaki Sugar Glider


 Memelihara sugar glider bukan sekedar memberi makan Cara Mengobati Kaki Sugar Glider Bengkak Beserta Penyebabnya

Banyak sekali faktor yang mengakibatkan kaki sugar glider bengkak. Menurut pengalaman orang-orang, ada yang disebabkan lantaran berantem dengan temannya. Ada pula yang lantaran kukunya terlalu panjang sehingga terjepit di dalam sangkar atau tersangkut kain. Ada pula yang bisul lantaran salah dalam memotong kuku sugar glider. Bahkan ada yang disebabkan lantaran kecerobohan kita sendiri. Yaitu menarik sugar glider dari sangkar secara spontan, padahal kukunya masih tersangkut sangkar atau kain.

Namun secara umum bisul kaki sugar glider disebabkan oleh infeksi basil yang masuk ke dalam luka kakinya. Pada masalah bisul yang parah, biasanya juga tidak akan stress dan self  mutilation/memakan dirinya sendiri. Selain faktor-faktor di atas masih ada lagi yang lainnya. Mungkin ini tidak terlalu penting, jadi eksklusif ke pembahasan berikutnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Sugar Glider Stres Beserta Ciri Ciri dan Penyebabnya

Cara Mengobati Kaki Sugar Glider Bengkak


 Memelihara sugar glider bukan sekedar memberi makan Cara Mengobati Kaki Sugar Glider Bengkak Beserta Penyebabnya

Inilah inti dari pembahasan artikel hari ini. Untuk mengatasi kaki sugar glider yang bengkak, perlu mengetahui penyebabnya dahulu. Karena setiap penyebab mempunyai pengobatan yang berbeda.  Misalnya, bisul yang disertai darah sama bisul biasa tidak sama penanganannya.

1. Berikan Non-Protein (Buah Buahan)


Untuk meredakan dan menyembuhkan kaki bisul pada sugar glider secara cepat, silakan beri asupan kuliner yang rendah protein. Pilih kuliner berupa buah buahan non protein ibarat pepaya, pisang, kelengkeng dan semangka.

2. Hindari Makanan Berprotein Tinggi


Protein memang anggun untuk kesehatan badan SG. Namun tidak dikala kaki SG terluka. Apabila sugar glider anda sedang sakit bisul pada kakinya, maka untuk sementara hindarkan sugar glider anda dari kuliner yang mengandung protein ibarat jangkrik, telur rebus, ulat hongkong dan bubur bayi.

Sebab protein sanggup memperparah bengkak. Dalam beberapa kasus, kaki sugar glider sanggup membusuk apabila diberi protein terus menerus ketika bengkak. Makara untuk sementara hindari dulu.

3. Diberi Obat Madu Untuk Sugar Glider


Madu sangat baik untuk kesehatan badan siapapun, insan maupun hewan. Mampu menguatkan sistem imun tubuh. Jika imun SG besar lengan berkuasa maka proses penyembuhan bisul pada kaki SG sanggup lebih cepat dan maksimal. Caranya teteskan madu ke dalam air minum sugar glider, jangan terlalu banyak lantaran madu mengandung glukosa yang sanggup memperparah sakit bengkak.

4. Dikasih Obat Luka Untuk Hewan


Apabila penyebab kaki sugar glider anda bisul lantaran kesalahan dalam memotong kuku maka cukup beri obat luka untuk hewan. Tetesi atau oleskan obat tersebut pada luka atau bengkaknya hingga kering dan sembuh. Kalau bisul tanpa lecet, sanggup diberi air hangat sambil diolesi obat.

5. Memberikan Amoxillin


Amoxillin juga sanggup dijadikan alternatif lain untuk mengobati luka dan bisul pada kaki sugar glider. Anda sanggup memberikannya dalam takaran sekecil mungkin. Caranya lembutkan dahulu kapsul amoxillinnya, kemudian campurkan ke dalam air minum atau buah yang akan dimakan oleh SG.

6. Dibawa Ke Dokter Hewan


Yang terakhir bila bisul pada kaki SG hingga membuatnya pincang maka itu sudah tahap parah. Sehingga segera bawa ke dokter binatang untuk mendapat penanganan lebih lanjut dan lebih maksimal. Sebab jikalau tidak segera diperiksakan, bengkaknya akan membusuk dan mengakibatkan lumpuh atau harus diamputasi. Kasian kan?

Jawaban Member Komunitas Sugar Glider Terkait Kaki SG yang Bengkak Pincang


 Memelihara sugar glider bukan sekedar memberi makan Cara Mengobati Kaki Sugar Glider Bengkak Beserta Penyebabnya

Ini merupakan poin tersendiri yang juga penting untuk kalian baca. Karena dari pengalaman mereka, kita sanggup mengambil pelajaran yang berharga. Bagaimana mengobati kaki sugar glider yang luka bengkak?

Jawaban Fuad Febri Suseno, "Kasih air hangat terus olesin betadin semoga cepat sembuh. Kalau sanggup pisahkan dulu sama SG lainnya. Dulu saya gitu".

Jawaban Anwar Jati, "Bengkaknya gimana dulu. Coba olesin air hangat sama minyak tawon pelan pelan".

Dari Mauriq Ahmad, "Kalo dari pengalaman saya, pernah juga om ibarat luka. Luka di potongan jempol kaki nya. Pertamanya berdarah, terus jadi agak bengkak, makin gede makin gede jadi item. Ya udah sama saya tak biarin entar juga ia sembuh sendiri. Kulit nya ngelupas jadi ganti yang baru. Gak dikasih obat gak di kasih apa apa. Secara alami, yang penting jaga asupan makanannya harus bergizi jangan yang berprotein".

"Buat share saja. Saya juga dulu pernah ngalamin. Yaitu kaki belakang sugar glider ku ke belit benang dari SP. Sampe warnanya membiru dan bengkak. Dan 2 hari tidak ada perubahan. Lalu saya bawa ke Dokter hewan. Saat itu di periksa terus di kasih obat 2 macem. Ada yang di campur sama pakan sg. Dan ada obat salep. Alhamdulillah 4 hari eksklusif sembuh. Udah gtu aja. kali aja bermanfaat" Jawaban terbaik. Dari Nur Hidayat Arif.

Baca juga: Efek Buruk Sugar Glider yang Kegemukan atau Obesitas

Nah itulah cara lengkap mengobati kaki sugar glider yang bengkak. Baik hingga berdarah atau bisul luka warna biru. Semoga bermanfaat, silahkan dibagikan pada sahabat teman. Sertakan sumbernya ya.

0 Response to "Cara Mengobati Kaki Sugar Glider Bisul Beserta Penyebabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel