5 Jenis Penyakit Ikan Dan Cara Mencegahnya Yang Baik Dan Benar

Ternyata penyakit itu bukan hanya menyerang pada insan tapi juga sanggup menyerang makhluk hidup menyerupai ikan. Bahkan jenis penyakit pada ikan juga bermacam-macam, dari mulai paling ringan hingga berat, yang nantinya akan berbahaya bagi kesehatan si Ikan. Sehingga akan menghambat aktifitas, perkembangan dan pertumbuhan ikan. Tentunya hal itu akan merugikan pemeliharanya.

Maka sebaiknya seorang pembudidaya ikan, baik ikan hias maupun ikan konsumsi perlu mengetehui jenis-jenis penyakit ikan dan cara mencegahnya, supaya hasil dari perjuangan kita tidak sia-sia dalam artian gagal. Berikut daftar macam-macam penyakit ikan dan cara mengobatinya:

Ternyata penyakit itu bukan hanya menyerang pada insan tapi juga sanggup menyerang makhluk  5 Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mencegahnya yang Baik dan Benar

Jenis-Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mencegahnya


Berikut macam-macam penyakit ikan dan cara mencegahnya yang baik dan benar:

Jenis Penyakit Protozoa

Ternyata penyakit itu bukan hanya menyerang pada insan tapi juga sanggup menyerang makhluk  5 Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mencegahnya yang Baik dan Benar
forum facebook

Jenis penyakit ikan yang pertama ini yaitu yang paling banyak dialami oleh ikan peliharaan maupun ikan budidaya menyerupai lele dan patin. Apa itu penyakit Protozoa?

Penyakit Protozoa yaitu jenis penyakit white spot yang artinya bintik putih pada ikan. Umumnya benalu protozoa disebut dengan  "Ich" dari jenis Ichthyopthirius multifilis.

Penyakit protozoa biasanya menyerang tempat insang dan sirip, serta ditambah dengan pendarahan pada lukanya. Jalan satu-satunya supaya terhindar dari penyakit ikan Protozoa yaitu dengan WC water change 30%-50% (mengganti air) secara rutin demi menjaga supaya kondisi air tetap higienis dan segar. Jangan lupa juga untuk menunjukkan pakan yang berkualitas dan baik.

Apabila ikan anda sudah terjangkit penyakit Ichi ini, maka sanggup diobati dengan cara memakai garam dapur (NaCI).

Langkah pertama: Sediakan (NaCA) 10-15 g/liter. Setelah tempat sudah siap, maka pindahkanlah ikan yang terjangkit penyakit Protozoa ke dalam wadah air garam dapur (NaCA) selama 15 menit.

Selain itu, sanggup juga dengan larutan obat Malacheet Green (MG) dengan takaran 0,006 mg/liter. Lakukan cara-cara di atas selama 3-4 hari, dan hingga ikan tersebut sembuh.

Penyakit Jamur pada Ikan

Ternyata penyakit itu bukan hanya menyerang pada insan tapi juga sanggup menyerang makhluk  5 Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mencegahnya yang Baik dan Benar

Selian Protozoa, penyakit jamur juga sering menyerang para ikan, baik ikan hias menyerupai cupang, neon atau ikan konsumsi, dan bagi insan mungkin tidak begitu berbahaya, lantaran tidak menciptakan pasiennya meninggal dunia, akan tetapi berbeda apabila penyakit jamur ini menyerang badan si ikan, lantaran beliau akan mati kalau tidak segera ditangani

Tanda-tanda ikan yang terjangkit jamuran yaitu adanya bercak-bercak putih di sebagian atau seluruh badan ikan. Loh, apa bedanya dengan Protozoa? bedanya sangat jelas, yaitu kalau jamuran mengenai hampir seluruh badan ikan, tapi kalau Protozoa hanya bintik pada sirip dan insang namun berbahaya.

Lalu bagaimana cara mengatasi penyakit jamur ini?

Cara mencegah dan mengobati penyakit jamur pada ikan yaitu dengan menjaga kebersihan air. Dan kalau kita melihat ada ikan yang terluka, maka sebaiknya pribadi dipindahkan ke tempat khusus, supaya jamur Aphanomyces dan jamur Aprolegmia tidak menyerangnya.

Jika cara mengatasi jamuran pada ikan di atas kurang berpengaruh, maka kalian sanggup menyediakan larutan malacheet green takaran 60 g/M3 atau dengan memakai Formalin berdosis 1,5 – 2 cc/liter.

Tips penggunaanya ialah memasukan obat di atas kedalam air kemudian disusul oleh ikan selama kira-kira 7- 15  menitan. Setelah itu sanggup dilihat perkembangannya, Insyaallah tidak usang kemudian ikan tersebut akan sembuh.

Penyakit Kutu Ikan atau Argulus

Semua jenis kutu mempunyai sifat penghisab, baik kutu rambut, kucing dan juga kutu ikan atau yang disebut dengan argulus. Biasanya penyakit kutu ikan ini menjadikan dampak negatif bagi kesehatan si ikan, dan sanggup mengantarkan kepada kematia.

Tanda-tanda terjangkit kutu ikan yaitu adanya perubahan pada badan ikan, terlihat lebih kurus, lemas atau kurang bergairah. Maka dalam hal ini seorang pemelihara ikan harus cermat dalam melihat kondisi ikan, mana yang terjangkit kutu dan mana yang tidak. Kutu air menyerang dari ekor ikan, sirip dan lainnya.

Mencegahnya tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu mematikan telor-telor argulus dengan cara melaksanakan pengepuran pada kolam, yaitu kuras habis, dan pupuk kembali. Atau sanggup juga dengan memberi larutan garam (NaCL) 25 g/liter selama 7 menit pada wadah khusus, kemudian ambil ikan yang terjangkit kutu air, kemudian masukkan ke dalam wadah tersebut. Selain (NaCL) sanggup juga dengan Insektisida Malathin dan Dipterex berdosis 0,25 mg/liter. Praktis bukan?

Jenis Penyakit Ikan Berupa Bakteri

Ternyata penyakit itu bukan hanya menyerang pada insan tapi juga sanggup menyerang makhluk  5 Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mencegahnya yang Baik dan Benar
farum facebook

Penyakit ikan lantaran basil juga banyak dialami oleh kebanyakan ikan hias maupun ikan konsumsi. Untuk mengetahui penyakit jenis ini biasanya terdapat luka berwarna merah di serpihan luar badan ikan, misalnya ada pembengkakan pada perut, sirip ikan mengalami pembusukan, atau insang ikan terdapat bisul yang berisi cairan dan seterusnya.

Bakteri pada ikan ini disebut Aeromonas Hydrophyla yang umum menyerang ikan air tawar. Jika penyakit ini dibiarkan, maka akan menjadikan amis tak sedap dan menciptakan kondisi ikan menjadi semakin mengenaskan.

Cara mengatasi serangan basil ini hampir sama dengan cara mengatasi penyakit jamur pada ikan. Yaitu dengan memakai obat MG (Malacheet Green) yang sanggup dibeli di toko ikan hias terdekat atau toko obat ikan lainnya.

Tahap pertama ialah cukup pindahkan ikan yang terjangkit penyakit basil ke dalam air yang sudah ada adonan obat dengan takaran 1-15 mg/L selama kurang lebih 15-20 menit. Lakukan secara teratur hingga benar-benar sembuh.

Jenis Penyakit Ikan Learnea Sp

Ternyata penyakit itu bukan hanya menyerang pada insan tapi juga sanggup menyerang makhluk  5 Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mencegahnya yang Baik dan Benar
infoikan.com

Macam-macam dan jenis penyakit ikan selanjutnya yaitu Learnea Sp. Penyakit jenis ini merupakan penyakit benalu yang melekat dan banyak menyerang badan ikan serpihan luar.

Bahkan salah satu penyebab utama timbulnya jamur pada ikan dan basil lantaran disebabkan oleh Learnea Sp. Tapi jangan khawatir, lantaran penyakit ini tidak akan menyerang ikan-ikan kita apabila kolam air bersih, penebaran benih tidak terlalu banyak dan airator bergungsi normal serta suhu air terjaga.

Apabila kalian melihat luka atau benalu di serpihan sirip dan matanya, berarti ikan kita sudah terkena jenis penyakit ini. Sehingga kalian harus segra mengatasinya dengan merendam ikan tersebut ke dalam wadah yang berisi larutan PK (Kalium Permanganat=Kmn02) sebanyak 20-25 mg/liter dengan durasi waktu 1-3 jam. Lihatlah perkembangannya, dan semoga berhasil. Insyaallah cara-cara mengatasi penyakit ikan di atas sangat efektif dan benar.

Baiklah itu saja info mengenai 5 jenis penyakit ikan dan cara mengatasinya disertai gambar dan fotonya. Semoga biasa menambah kesuksesan para pembudidaya dan pemelihara ikan hias maupun konsumsi. Terimakasih

0 Response to "5 Jenis Penyakit Ikan Dan Cara Mencegahnya Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel