7 Cara Merawat Aquarium Ikan Hias Biar Air Tetap Jernih

Cara merawat aquarium- Akuarium merupakan suatu media untuk memelihara ikan hias air tawar maupun air laut. Bentuk dari akuarium itu sendiri bermacam-macam, ada yang terbuat dari beling dan ada pula yang terbuat dari materi akrilik sejenis plastik. Begitu juga bentuknya bermacam-macam ada yang kotak besar, kotak mini bahkan ada juga yang bulat.

Sebagian besar penghobi ikan hias memanfaatkan akuarium sebagai aquascape. Di dalam aquascape terdapat tanaman hias yang manis dan indah. Sehingga akuarium yang terawat akan berdampak baik pada ekosistem yang ada di dalamnya. Namun apabila akuarium kurang terawat justru akan timbul bakteri, alga dan jenis benalu lainnya yang sanggup mengganggu kesehatan ikan maupun tanaman akuarium.

Untuk itu memiliki akuarium tidak hanya sekedar untuk dipandang, akan tetapi kita juga harus merawatnya dengan baik semoga kejernihan air yang ada di dalamnya tetap terjaga. Jika tidak, maka air akan keruh dan menyebabkan tanaman hias menjadi rusak dan ikan ikan banyak yang mati.

Lalu bagaimana cara merawat aquarium ikan hias air bahari maupun air tawar?

Cara Merawat Akuarium Ikan Hias


Akuarium merupakan suatu media untuk memelihara ikan hias air tawar maupun air bahari 7 Cara Merawat Aquarium Ikan Hias Agar Air Tetap Jernih

Inti dari merawat akuarium yaitu telaten dan disiplin, terlebih lagi dikala pertolongan pakan ikan, bila tidak tau hukum terkait pertolongan pakan, maka biasanya akan menyebabkan air akuarium keruh tanggapan sisa sisa masakan ikan. Yuk simak klarifikasi Harga Diri terkait perawatan aquarium di bawah ini:

1. Memahami Pola Makan Ikan Peliharaan di Akuarium


Salah satu penyebab akuarium cepat kotor ialah adanya sisa sisa masakan ikan. Hal itu sanggup terjadi alasannya yaitu anda kurang memahami waktu yang tepat untuk memberi makan si ikan. Adakalanya mereka belum lapar namun kita sudah menabur pakan ke akuarium. Sehingga pakan tersebut tidak dimakan dan malah menciptakan akuarium kotor.

Akuarium merupakan suatu media untuk memelihara ikan hias air tawar maupun air bahari 7 Cara Merawat Aquarium Ikan Hias Agar Air Tetap Jernih

Selain waktu, jumlah dosis masakan ikan juga harus diketahui. Kalau tidak, sanggup jadi anda terlalu berlebihan dalam pertolongan pakan yang kesudahannya tidak kemakan dan malah mengotori akuarium. Cara mengetahui takarannya yaitu coba berikan sedikit dulu dan biarkan hingga tergoda habis, kemudian tambahi sedikit lagi dan kalau ternyata tidak kemakan berarti anda cukup memberinya pakan dengan dosis pertama. Sedikit tapi sering lebih baik daripada banyak tapi tersisa dan menciptakan air keruh.

2. Menggunakan Filter Aquarium


Akuarium merupakan suatu media untuk memelihara ikan hias air tawar maupun air bahari 7 Cara Merawat Aquarium Ikan Hias Agar Air Tetap Jernih

Filter merupakan salah satu perlengkapan aquarium yang dianjurkan untuk dimiliki. Alat tersebut dipakai untuk menyaring kotoran  sehingga sanggup menjernihkan air akuarium yang keruh. Ia akan bekerja secara otomatis menyedot semua kotoran yang dihasilkan oleh ikan atau sisa makanan. Hidupkan mesin tersebut selama 24 jam, alasannya yaitu ikan aktif setiap waktu.

Di samping itu, filter juga berkhasiat sebagai penghasil oksigen. Karena alat ini selalu memutar air kemudian menghasilkan gelembung kecil dan itu yaitu oksigen. Apabila filter tersebut sudah penuh dengan kotoran segera bersihkan hingga benar benar bersih. Lalu pasang kembali ibarat biasa.

Pada penggalan filter juga terdapat selang, yang mana selang tersebut akan sangat sering terendam air sehingga tingkat kelembabannya sangat sempurna. Hal itu yang menyebabkan adanya lumut yang berkumpul disana. So, anda juga harus membersihkan selang tersebut dari lumut yang menempel.

Untuk alat filternya sanggup anda beli di toko ikan hias atau toko aquarium, atau kalau ingin lebih kreatif dan hemat sanggup membuatnya sendiri secara sederhana. Terkait cara pembuatannya kami pun sudah pernah membahasnya di situs Harga Diri

Baca juga: Cara menciptakan filter aquarium menggunakan aerator (DIY)

3. Mencuci Spon pada Filter Akuarium


Akuarium merupakan suatu media untuk memelihara ikan hias air tawar maupun air bahari 7 Cara Merawat Aquarium Ikan Hias Agar Air Tetap Jernih

Spon terletak pada filter penggalan dalam yang berfungsi sebagai penahan kotoran semoga tidak kembali ke air. Semakin usang filter menyaring kotoran maka semakin usang pula spon terkena kotoran. Jika kotoran tersebut sudah sangat tebal dan menumpuk akan menciptakan anda kesulitan dikala mencucinya.

Jadi, anda harus rutin membersihkan spon tersebut. Nah dalam proses mencuci spon, anda harus memasang spon yang lain di dalam filter tersebut. Maka kami sarankan anda harus punya spon filter lebih dari satu sebagai serep atau cadangan.

Apabila kotoran pada spon sudah terlanjur menebal maka cara mencucinya harus direndam air terlebih dahulu gres dicuci bersih. Di samping itu, kalau spon sudah rusak atau tidak layak pakai sebaiknya segera ganti yang baru. Karena kalau tidak, kotoran tidak akan tersaring dan justru akan kembali lagi ke air. Sehingga sia sia saja menyalakan filter dengan kondisi spon sudah rusak.

4. Mengganti Air Akuarium atau Water Change (WC)


Akuarium merupakan suatu media untuk memelihara ikan hias air tawar maupun air bahari 7 Cara Merawat Aquarium Ikan Hias Agar Air Tetap Jernih

Meski sudah menggunakan filter bukan berarti anda tidak mengganti air akuarium. Karena filter tidak sepenuhnya menciptakan akuarium bebas dari kotoran. Makara tetap saja anda harus menggantinya secara rutin seminggu sekali.

Dalam mengganti air, sebaiknya anda harus menyiapkan air di dalam baskom terlebih dahulu kemudian didiamkan selama sehari sebelum mengganti. Air tersebut didiamkan semalam semoga kotoran/kadar kapur dari air krannya mengendap. Sebab tidak semua ikan sanggup menyesuaikan diri secara cepat dengan air yang diambil eksklusif dari kran atau sumur. Jika dipaksa akan menyebabkan si ikan stres dan memicu kematian.

Setelah pengendapan air selesai, silakan pindah ikan ikan tersebut ke air yang baru, kemudian kuras akuarium hingga bersih. Aksesoris dan batu akuarium juga disikat hingga higienis dari lumut. Jika di rasa semua sudah beres, masukkan air yang gres bersama ikan ikannya. Mengganti air akuarium terdapat beberapa model, ada yang mengganti sebagian, sepertiga dan full WC.

5. Merawat Akuarium dengan Arang


Selain spon, arang juga sanggup dijadikan sarana untuk menyaring kotoran akuarium. Caranya masukkan arang ke dalam filter. Maka arang tersebut akan bekerja menyaring kotoran. Karena di dalam arang terdapat zat yang sanggup menciptakan air menjadi jernih.

Sebelum menggunakan arang, pastikan higienis dari kotoran atau debu yang menempel. Hal itu supaya tidak mengotori akuarium. Selanjutnya apabila arang sudah mulai lapuk alasannya yaitu berada di kawasan yang sangat lembab, maka segera ganti sebelum partikel hasil dari pelapukan arang tersebut menyebar ke air.

6. Memelihara Algae Eater untuk Akuarium atau Aquascape


Akuarium merupakan suatu media untuk memelihara ikan hias air tawar maupun air bahari 7 Cara Merawat Aquarium Ikan Hias Agar Air Tetap Jernih

Menjaga akuarium semoga tetap jernih sanggup juga dengan cara memelihara algae eater. Algae eater berfungsi sebagai pembersih akuarium secara alami, ia akan memakan alga atau hama yang dihasilkan tanaman hias dan sisa masakan ikan. Makara anggap saja ikan ini semacam ikan pembersih cleaning servis buat aquarium. Untuk ikan algae eater sendiri ada banyak jenisnya. Anda sanggup membacanya pada artikel kami yang berjudul jenis algae eater paling ampuh membersihkan akuarium.

7. Membeli alat pembersih aquarium


Akuarium merupakan suatu media untuk memelihara ikan hias air tawar maupun air bahari 7 Cara Merawat Aquarium Ikan Hias Agar Air Tetap Jernih

Alat pembersih akuarium ibarat pada gambar diatas berkhasiat untuk menjaga semoga akuarium tidak berlumut. Sehingga air tetap jernih sepanjang masa. hehe

Saat ini sudah banyak toko toko ikan hias yang menjual alat pembersih beling akuarium. Bentuknya ada yang terbuat dari magnet, sehingga gampang bagi kita membersihkan beling dari luar. Saat magnet kita geser, otomatis benda yang melekat pada magnet juga ikut bergerak sehingga lumut ikut terseret.

Demikianlah 7 belakang layar air aquarium tetap jernih. Kalau sanggup kalian praktikan semua cara merawat akuarium di atas dengan baik. Dari semua di atas pada dasarnya anda harus sabar, rutin, telaten dan juga modal hehe

0 Response to "7 Cara Merawat Aquarium Ikan Hias Biar Air Tetap Jernih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel