Cara Membersihkan Sugar Glider Yang Kotor Dan Kuning

Sejujurnya saya gundah harus menulis judul mirip apa biar sanggup mewakili pembahasan ini. Tapi yang niscaya Harga Diri akan memberi tips cara membersihkan bulu sugar glider yang kotor atau berwarna kuning. Ditambah juga cara menciptakan cairan pembersihnya.

Alasan kami membahas tema ini alasannya ialah sudah banyak pertanyaan masuk dari hobiis terkait duduk masalah ini. Mereka bertanya melalui grup-grup media umum semacam facebook dan mitra kawannya, "Om tante sugar glider saya jadi kuning alasannya ialah air kencingnya. Gimana biar ngilangiinnya?" atau "Bagaimana sih cara bersihkan warna kuning pada sugar glider?" Dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya.

Ada yang bilang kalau semua orang tidak sanggup menghindari warna kuning pada bulu sugar glider. Tapi saya eksklusif berpendapat, sangat gampang mencegah bulu sugar glider biar tidak berwarna kuning. Asalkan kalian mau memandikan sugar glider dengan sampo bayi secara rutin atau rajin-rajin mengelap dengan tisu berair non alkohol.

Kemudian hindari menggunakan batok kelapa. Karena batok kelapa juga salah satu penyebab mengapa warna bulu SG anda menjadi kuning. Makara gunakan saja pouch. Nah setidaknya langkah langkah tersebut sanggup mengurangi resiko bulu sugar glider kotor.

Namun bila sudah terlambat, tidak usah panik. Masih banyak jalan untuk menghilangkan warna kuning pada sugar glider. Caranya sangat mudah, yang penting kalian harus bersabar dan disiplin. Berikut cara membersihkan kotoran sugar glider yang sulit dihilangkan meski sudah dimandikan.

Cara Membersihkan Sugar Glider yang Kotor dan Kuning


 Sejujurnya saya gundah harus menulis judul mirip apa biar sanggup mewakili pembahasan ini Cara Membersihkan Sugar Glider yang Kotor dan Kuning

Membersihkan bulu yang kuning pada sugar glider terbagi menjadi 3 cara. Mulai dari risiko yang paling rendah hingga yang paling tinggi.

Baca juga: 7 Resiko Memelihara Sugar Glider, No 6 Paling Berat

1. Mengelap Bulu Sugar Glider Dengan Kain Hangat


Poin pertama ialah mengelap bulu sugar glider menggunakan kain yang sudah dibasahi air hangat. Langkah tersebut tergolong paling kondusif namun efeknya tidak terlalu besar. Cara melakukannya cukup menyediakan kain lembut dan merebus air hangat. Celupkan kain tadi ke dalam air hangat. Lalu peras hingga kadar airnya berkurang. Kemudian usapkan pada bulu sugar glider setiap pagi dan sore.

Ingat! cara semacam ini memang tidak instan. Membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan sanggup hingga berbulan-bulan. Tapi kelebihannya resiko sangat rendah.

Bagimana kalau dilap tisu berair secara rutin?

Ya boleh juga. Saya yakin warna kuningnya sanggup menghilang sedikit demi sedkit, meskipun tidak mirip semula berwarna abu-abu. Ok, mari menuju cara ke dua.

2. Memakai Shampo Bayi ketika Memandikan Sugar Glider


Jika biasanya Anda memandikan sugar glider dengan tisu basah. Maka cobalah memandikan sugar glider menggunakan sampo bayi biar warna kuning pada bulu sugar glider sanggup hilang. Cara ini sudah banyak dipraktikan sahabat teman. Di samping itu tingkat risiko pada point kedua ini termasuk kategori medium. Belum terlalu berbahaya.

Baca juga: Cara Memandikan Sugar Glider yang Baik dan Aman

Sebab sifat shampo bayi sendiri tidak pedih ketika terkena mata. Apalagi hari ini sudah ada produk khusus shampo binatang peliharaan. So, apabila Anda berniat untuk menggunakan cara ini pastikan dulu usia SG anda sudah dewasa. Kalau masih joey/anakan jangan dimandikan dengan shampo. Karena masih sangat sensitif terhadap air dingin. Tunggu hingga 3-4 minggu, InsyaAllah warna kuning pada bulu SG anda akan menghilang.

3.  Membersihkan Warna Kuning Pada Bulu Sugar Glider dengan Cairan Pembersih


Inilah cara yang paling ekstrem. Saat ini sudah banyak hobiis yang menjual cairan pembersih khusus di sosmed atau di marketplace Indonesia. Cairan tersebut bersifat keras. Makara kami tidak menyarankan anda menggunakan untuk jangka panjang. Hentikan pemakaian kalau dirasa bulu SG sudah higienis dan terlihat mirip semula (abu-abu).

Jikalau sahabat sahabat tidak sanggup membeli cairan khusus pembersih sugar glider. Kalian masih sanggup membuatnya sendiri di rumah. Ikuti langkah langkah di bawah ini:
  • Siapkan alat-alat dan bahan-bahan berupa kerikil kapur serta larutan hidrogen peroksida 3% (Beli hidrogen peroksida di apotik).
  • Setelah terkumpul, pecah kerikil kapur menjadi beberapa bagian. Lalu tumbuk kerikil kapur yang sudah dibelah tersebut hingga halus ibarat bedak.
  • Selanjutnya tuangkan cairan hidrogen peroksida 3% ke dalam kerikil kapur yang sudah dihaluskan tadi. Dengan rasio 3 banding 2. Misalnya kalau bubuk kerikil kapur nya 5 sendok, maka cairan hidrogennya 4 sendok makan.
  • Terakhir aduk kapur dan hidrogen tersebut hingga merata.
Cairan pembersih buatan ini harus dipraktekkan pada sugar glider yang berusia 4 bulan ke atas. Kondisinya sehat, jinak dan tidak suka memberontak.

Cara penggunaannya cukup mudah. Pegang SG dengan hati-hati, jangan hingga memberontak. Kemudian usapkan cairan pembersih tersebut menggunakan sikat yang lembut secara perlahan-lahan.

Jangan hingga terkena mata atau terkena bagian-bagian yang vital mirip ekspresi dan telinga. Setelah dioleskan tahan selama 15 menit. Langkah terakhir tinggal membersihkan cairannya menggunakan kain yang sudah dibasahi air hangat. Hindari sisa cairan yang tertinggal. Karena ketika grooming (menjilati tubuhnya) nanti sanggup termakan.

Baiklah sekian saja dari kami ihwal cara membersihkan bulu sugar glider yang kuning. Semoga sanggup hilang semua warna kuningnya.

0 Response to "Cara Membersihkan Sugar Glider Yang Kotor Dan Kuning"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel