Jenis Penyakit Hamster Beserta Penyebab Dan Cara Mengobati

Hai sobat sahabat Harga Diri barangkali di antara kalian ada yang hamsternya sakit namun masih gundah mengidentifikasi jenis penyakit yang diderita oleh hamster anda. Apabila sebelumnya kami sudah membahas ciri ciri hamster sakit maka di sini kami telah menuliskan beberapa jenis penyakit hamster beserta penyebab dan cara mengatasinya.

Perlu diketahui setiap penyakit yang dialami hamster mempunyai ciri yang berbeda. Makara buat sobat sahabat pecinta hamster harus jeli dalam memantau kesehatan hamster mulai dari yang sepele hingga paling parah. Baiklah simak ulasan kami berikut ini.

Jenis Jenis Penyakit Hamster Beserta Penyebab dan Cara Mengatasinya


com barangkali di antara kalian ada yang hamsternya sakit namun masih gundah mengidentifi Jenis Penyakit Hamster Beserta Penyebab dan Cara Mengobati

Ada banyak sekali macam macam penyakit yang dialami hamster. Meski bertubuh mungil, mereka sanggup terjangkit aneka macam penyakit yang juga dialami insan loh. Apalagi hamster termasuk binatang yang imun tubuhnya agak lemah. Penyakit, basil dan kuman akan lebih gampang menyerang tubuhnya.

1. Flu Pada Hamster


Penyebab hamster mengalami flu ialah faktor kedinginan, berada di cuaca cuek dan dimandikan. Ciri ciri hamster yang terkena flu yaitu sering bersin, hidung sering basah, sering duduk membungkuk, dan nafas terdengar berat. Apabila dibiarkan saja sanggup mengakibatkan penyakit lainnya dan mati. Untuk itulah harus segera diatas dengan cara berikut ini.

  • Letakkan sangkar hamster di daerah kering dengan suhu normal.
  • Jauhkan dari air atau tetesan air hujan yang sanggup mengenai tubuh hamster.
  • Jangan memandikan hamster.
  • Jangan memegang hamster dikala anda sedang flu.
  • Berikan masakan yang lembut.
  • Berikan minuman dengan adonan madu.
  • Atau berikan susu hangat untuk hamster.
  • Berikan bantalan yang hangat dalam sangkar hamster biar cepat sembuh.

Bagaimana, gampang bukan mengatasinya?

2. Urine Hamster Berwarna Merah


Jika anda mendapati urine hamster berwarna merah maka penyebabnya sanggup lantaran ada yang salah pada sumbangan pakannya. Mungkin saja ada materi yang kurang baik dalam kemasan masakan hamster. Solusinya yaitu dengan mengganti masakan lain yang alami. Apabila sudah ganti masakan namun urine masih berwarna merah maka sanggup kemungkinan terkena jerawat pada kandung kemih atau kencing batu. Segera bawa ke dokter binatang yaa.

3. Kencing Batu Pada Hamster


Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, urine merah pada hamster merupakan salah satu tanda-tanda kencing batu, selain tanda-tanda tersebut, hamster akan terlihat kesakitan dikala kencing dan terlihat lemas. Ada banyak alasannya yaitu mengapa hamster sanggup terkena kencing batu, salah satunya kekurangan asupan cairan atau kurang minum.

Cara mengatasinya anda harus menciptakan si hammy mengeluarkan urinenya dengan lancar yakni memberinya daun dandelion yang sanggup anda beli di warung sayuran. Selain cara tersebut anda sanggup menggunakan adonan garam pada air minum atau makanannya kemudian tambahkan sedikit jus buah supaya tidak terasa asin. Makanan yang sanggup membantu mempercepat kesembuhannya sanggup dengan sayuran, jus buah, roti lembap yang dilarutkan dengan air jus serta berikan vitamin C.

4. Hamster Diare


Penyebab diare pada hamster ialah lantaran masakan atau minuman yang sudah bau atau kotor, daerah tinggal yang becek, lembab dan basah, masakan tidak cocok, tidak teratur dan sumbangan buah atau sayuran secara berlebihan tanpa selang seling.

Ciri ciri hamster diare yaitu fases berwarna hijau, lembek, anyir dan ukuran tidak menyerupai biasa alias lebih besar. Cara mengatasinya jangan memberi masakan yang lembap dan berair, berikan roti kering, pakan kering atau nasi. Untuk minumannya sementara ganti dengan teh hitam atau teh chamomile. Ganti pakan dan minumnya 3 kali sehari hingga hamstee sembuh, kemudian bersihkan sangkar dan ganti bantalan dengan yang baru.

5. Penyakit hamster Kista


Bakteri yaitu penyebab utama terjadinya penyakit kista pada hamster. Biasanya menyerang di belahan leher. Hal itu mengakibatkan hamster kesulitan menelan makanan. Kista merupakan benjolan yang berisi udara atau air namun teksturnya keras. Dan kista juga sewaktu waktu akan semakin membesar.

Apabila kista membesar maka hamster semakin sulit menelan masakan dan minuman. Oleh alasannya yaitu itu anda harus segera mengatasinya dengan cara mengosongkan benjolan tersebut, walaupun nantinya akan muncul kembali. Caranya tersebut sanggup dilakukan oleh vetenarian. Dan bila kista telah pecah segera olesi dengan minyak zaitun biar cepat mengering.

6. Pneumonia atau Radang Paru Paru


Radang paru paru merupakan salah satu tanda-tanda penyakit yang disebabkan lantaran kekurangan protein. Tak hanya itu saja, efek kekurang protein sanggup juga terlihat dari bulunya yang sering rontok, kuku kuku yang rapuh, mengalami keterlambatan pada pertumbuhan dan tidak subur. Cara mengatasinya cukup gampang berikan masakan yang mengandung protein menyerupai daging sapi rebus yang dicacah, telur rebus, kedelai rebus, keju dan daging ayam.

7. Infeksi Telinga Hamster


Penyebab pendengaran hamster jerawat yaitu lantaran adanya kutu pendengaran yang bersarang disana. Sebab kutu itulah, hamster menjadi sering menggaruknya dan terjadi infeksi. Jika dibiarkan terus menerus maka kutu kutu tersebut akan menyebar ke wajah dan kaki. Dan apabila sudah terinfeksi maka kulit pendengaran menjadi tebal, keras dan berwarna hitam.

Cara mengatasinya apabila belum keras atau ada borok dengan memperlihatkan suntikan cairan berupa Ivermectin atau dengan cara oral sebanyak satu kali dalam seminggu. Gunakan krim dari dokter binatang untuk mengurangi rasa gatal pada pendengaran hamter. Adapun bila sudah menjadi borok maka olesi dengan minyak tawon, minyak zaitun, minyak bawang putih, lavender, rosemary atau daun teh.

8. Ambeien Pada Hamster


Seperti biasa, bakterilah penyebab hamster terkena ambein. Ciri cirinya yaitu sebagian dubur hamster keluar dari anus. Hal itu mengakibatkan hammy akan kesakitan dikala buang kotoran. Yang sanggup mengatasinya biasanya dokter hewan. Mereka akan membius dubur tersebut dan dimasukkan secara paksa ke dalam anus kemudian menjahit sebagian anus untuk mencegah dubur keluar lagi. Atau kalau dubur yang keluar tersebut sudah rusak maka akan dioperasi dan diambil.

9. Hamster Diabetes


Penyebab diabetes yaitu asupan gula yang berlebihan. Ciri cirinya yaitu hamster terlalu sering buang air kecil, sering minum, kebanyakan tidur, terlihat lemas, suka bermain jogging whell, badang terlihat gemetar, bulu belahan perut dan tangan rontok, serta kenaikan atau penurunan berat tubuh secara drastis.

Untuk mengatasinya cukup mudah, kurangi masakan yang mengandung gula menyerupai buah dan masakan kemasan pabrik. So, berikan yang mengandung protein tinggi menyerupai keju, kacang kedelai, dan telur rebus. Jangan lupa sediakan selalu air minum yang higienis supaya hamster tidak dehidrasi.

10. Sembelit pada Hamster


Penyebab hamster sembelit ada dua yaitu kekurangan cairan dan penyumbatan pada usus besar. Biasanya juga lantaran jarang makan yang berair. Hamster yang mengalami sembelit akan terlihat tidak nyaman, sakit perut dan mogok makan. So, atasilah dengan cara memperlihatkan masakan berair menyerupai buah, sayuran dan teteskan minyak sayur atau zaitun pribadi ke ekspresi hamster.

11. Obesitas pada hamster


Penyebab hamster terkena obesitas biasanya lantaran sumbangan masakan yang salah. Misalnya terlalu banyak mengandung glukosa. Sehingga tubuh hamster terlihat sangat gemuk dan ia semakin malas bergerak. Jika dibiarkan saja maka sanggup menjadikan penyakit lainnya.

Untuk itulah cara mengatasinya sanggup dengan menciptakan hamster terpaksa olahraga, caranya sediakan bola hamster. Atau biarkam hamster berlarian di sekitar rumah dengan penjagaan yang memadai. Di samping itu, anda juga mengurangi masakan elok manis yang sob. Berikan masakan berupa sayuran.

12. Kutu Kulit


com barangkali di antara kalian ada yang hamsternya sakit namun masih gundah mengidentifi Jenis Penyakit Hamster Beserta Penyebab dan Cara Mengobati

Penyebab adanya kutu kulit pada hamster biasanya lantaran kurang menjaga kebersihan sangkar atau tertular dengan binatang lainnya. Kutu kulit merupakan benalu yang bentuknya menyerupai dengan keuntungan laba tapi sangat kecil sekali. Dan bahayanya lagi, kutu tersebut sanggup masuk ke dalam kulit hamster sehingga menciptakan si hammy gatal gatal dan sering menggaruk tubuhnya.

Karena garukan tersebut mengakibatkan bulu hamster rontok serta luka pada kulitnya yang sanggup infeksi. Nah, untuk mengatasinya anda cukup bersihkan sangkar kemudian semprot dengan spray anti kutu. Selain itu beri juga tubuh hamster spray namun jangan pribadi mengenai tubuhnya. Caranya semprotkam spray nya ke kapas atau cutton bud gres dioles ke tubuh hamster hingga lembap kemudian keringkan. Atau sanggup juga dengan minyak zaitun, caranya juga sama. Lakukan hal iyu 2-3 kali sehari hingga kutu kulit hilang dan hamster sembuh.

13. Kanker dan Tumor


Adanya kanker atau tumor pada tubuh hamster biasanya diakibatkan lantaran usianya yang sudah renta dan inbreeding alias pembiakan yang terjadi dengan keluarga sendiri. Maksudnya yaitu mengawinkan hamster dengan saudaranya atau sedarah. Meskipun kanker atau tumor sudah diangkat tetap saja nanti akan tumbuh lagi.

So, biarkan saja lantaran mereka tetap sanggup hidup menyerupai biasa. Hanya saja, hindarkan hamster penderita tumor atau kanker dari benda tajam. Karena dikhawatirkan benjolan kanker atau tumor pecah. Namun kalau terlanjur pecah, segera olesi dengan minyak zaitun.

14. Glukoma Pada Hamster


Penyebab glukoma pada hamster umumnya karena  tangan pemegang hamster kotor, terlalu besar lengan berkuasa membawa hamster di belahan lehernya serta lantaran berkelahi. Tanda tandanya yaitu bola mata hamster rusak, rongga mata membesar dan penglihatan hamster terganggu.

Sayangnya hamster yang terkena glukoma sedikit sulit disembuhkan lantaran matanya sudah terganggu. So, anda bawa saja ke dokter binatang nanti akan dikasih obat tetes mata untuk melembabkan mata hamster supaya tidak memperparah keadaan.

15. Hamster Sakit Mata


com barangkali di antara kalian ada yang hamsternya sakit namun masih gundah mengidentifi Jenis Penyakit Hamster Beserta Penyebab dan Cara Mengobati

Alergi bubuk atau bedding yang berdebu menjadi penyabab mata hamster sakit dan kelebihan cairan. Jika kelebihan cairan maka mata hamster menjadi lengket dan susah dibuka sehingga bila dipaksakan akan muncul kemerahan pada bola matanya.

Karena alergi yang menciptakan mata hamster gatal kemudian hamster akan menggaruknya sehingga kondisi mata semakin parah. Cara merawatnya anda sanggup membersihkan mata hamster dengan kain higienis yang sudah dicelupkan ke dalam air panas dan sudah tercampur dengan obat tetes mata menyerupai Euphrasia.

Selain itu untuk penyembuhannya, anda sanggup menggunakan obat pereda rasa sakit dengan obat yang diteteskan ke dalam air minumnya, menyerupai obat pulsatilla. Anda sanggup membeli obat obatan tersebut ke dokter hewan. Dan hindarkan hamster dari anyir asap rokok, anyir pembersih lantai serta ganti bedding dengan kertas atau tissu toilet.

16. Gangguan Pernapasan


Sudah sangat umum sekali terjadi pada makhluk hidup adanya gangguan pernapasan disebabkan lantaran bubuk atau asap. Hamster yang terkena gangguan pernapasan akan terlihat lesu, terengah engah menyerupai sangat kecapekan sekali padahal tidak, suka rebahan, napas berbunyi dan napas terlihat pelan.

Cara mengatasinya ganti bedding dengan kertas atau tissue, hindarkan dari asap dan debu, ambil alat olahraganya biar hamster istirahat dulu serta berikan antibiotik sesuai ajuan dokter.

17. Hamster Lumpuh


Mayoritas terjadinya kelumpuhan pada hamster disebabkan lantaran terjatuh dari daerah yang tinggi. Sehingga kaki atau tangannya mengalami cidera yang menciptakan hamster pincang dan sanggup lumpuh. Penyakit lumpuh sanggup sembuh dengan sendirinya. Namun tetap saja anda harus menjaganya biar pemulihan lebih cepat dan maksimal. Caranya hindarkan hamster dari daerah keramaian supaya ia damai dan sanggup istirahat, tempatkan sangkar di cuaca hangat, jangan diletakkan di sangkar tingkat khawatir mereka jatuh lagi dan semakin parah serta beri vitamin khusus untuk kesehatan tubuhnya.

Demikianlah jenis-jenis penyakit hamster yang umum dialami oleh para hobbies. Semoga gosip di atas bermanfaat bagi rekan-rekan yang lagi kebingungan lantaran hamsternya sakit. Thanks U...

0 Response to "Jenis Penyakit Hamster Beserta Penyebab Dan Cara Mengobati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel