Cara Beternak Ikan Lele Bak Terpal Yang Benar

Cara Beternak Ikan Lele Kolam Terpal - Perkembangan budidaya ikan Lele di Nusantara sekian hari terus garang . Tidak hanya seruan pasar yang cenderung stabil , dalam faktor perawatan juga termasuk tak terlalu sulit . Untuk itu tak ada salahnya apabila kau mencoba untuk membudidayakannya . Berikut ulasan dari kami untuk kau mengenai Ternak Ikan Lele Kolam Terpal Mudah Hemat .
Beternak Dan Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal

Cara Beternak Ikan Lele Kolam Terpal Yang Benar

1. Penyediaan Alat/Barang (Ternak Ikan Lele Ikan Kolam Terpal Mudah Ekonomis
Hal yang pertama kali yang saya perbuat merupakan berdoa, memohon terhadap yang Maha Kuasa semoga perjuangan saya diberikan kelancaran Amien.. selanjutnya saya membeli aneka macam alat/barang untuk mendirikan kolam terpal, diantaranya :
- Bambu 3 batang @ Rp. 7.000 x 3 = Rp. 21.000
- Terpal ukuran 5 x 4 (20M pesegi) @ Rp. 120.000 x = Rp Rp. 120.000
- Tali klontong (rafia) 1 @ Rp. 5.000 = Rp. 5.000
- Pipa PVC 1/2 inci Rp. 10.000 x 1 = Rp. 10.000
- Shok drat luar dalam 1/2 inci = Rp. 6.000
- Keni drat 1 serta Keni biasa = Rp 6.000
- Dobel nepel = Rp. 3.000
- Keni Gi = Rp. 3.500
Jika kau memerlukan alat/barang yang lainnya silahkan saja dibeli sesuai dengan kebutuhan anda.

Cek Juga !!

Harga Ikan Lele Per Kg Hari Ini

Cara Budidaya Ikan Lele Ikan Kolam Terpal yang Benar

2. Bagian Persiapan Tanah 

Setelah semua perlengkapan tersedia, kami siapkan tanah yang bakal menjadi dasar kolam terpal. Syarat mutlak permukaan tanah wajib higienis dari segala sesuatu yang sanggup membocori/merobek terpal, semacam batu, paku, kawat serta lain sebagainya.

3. Bagian Pembuatan Kolam Terpal (Ternak Ikan Lele Ikan Terpal Mudah Ekonomis)
Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Praktis

Langkah-langkah pembuatan kolam diantaranya:
Buat terlebih dahulu rangka kolam dengan menggunakan bambu, apabila menggunakan paku serta kawat usahakan jangan sampai bab tajamnya merobek terpal, bila saya menggunakan tali rafia (ukuran besar serta tebal).
Setelah rangka sehingga saatnya memesang terpal, usahakan dalam proses pemasangan terpal serapi mungkin khususnya bab aspek kolam.
Selanjutnya bab pembuatan pipa pembuangan.
4. Pengeloaan Pangan Ikan Lele 
Masukan kotoran sapi dicampur dedak ke dalam kolam kemudian ratakan kira-kira dengan tinggi 5 – 10 cm.
Masukan air perlahan-lahan perhatikan seluruh bab kolam apakah ada kebocoran alias tidak
Karena budidaya lele yang saya perbuat menggunakan teknik organik, jadi kotoran sapi yang tadi dimasukan sebagai media pertumbuhan mikroorganisme air, semacam plankton, cacing serta lain sebagainya, yang nantinya bakal menjadi masakan organik lele.
Setelah air penuh biarkan tak lebih lebih 7 – 10 hari supaya mikroorganisme air tumbuh, serta supaya aroma residu (zat kimia) dari terpal hilang.
5 . Tambahan (Ternak Ikan Lele Ikan Terpal Mudah Ekonomis)
Untuk mengenal apakah kolam telah siap isi alias belum, saya menggunakan indikator alami, artinya ketika pada kolam telah dipenuhi mikroorganisme semacam plankton serta lain sebagainya, jadi kolam telah siap untuk dimasukan bibit. Dalam menentukan bibit usahakan menentukan bibit yang berkualitas, alias bila mau menggunakan bibit tipe sangkuriang lebih baik lagi menentukan bibit yang bersertifikat. Memilih bibit ikan lele usahakan juga yang ukurannya seragam, apabila berbeda-beda biasanya bakal menghipnotis pertumbuhan lele yang tumbuhnya tak seragam, serta apabila lele tumbuh tak seragam biasanya bakal kanibal (saling memakang dengan temannya).
Penebaran bibit ukuran yang saya gunakan merupakan 100 (seratus) ekor per 1 (satu) meter persegi, apabila bibit terlalu tak sedikit menyebabkan laju pertumbuhan ikan lele bakal terhambat. Ketika menebar benih ikan lele jangan pribadi dimasukan begitu saja ke kolam, sebaiknya perbuat dulu proses adaptasi dengan tunjangan kita, alasannya air daerah lele sebelumnya tak sama dengan air kolam yang bakal menjadi daerah nasib lele. Proses adaptasi yang sanggup kami perbuat merupakan dengan tutorial memasukan daerah lele sebelumnya (misalnya plastik) dengan cara perlahan-lahan ke air kolam, buka plastiknya biarkan air kolam masuk kedalam plastik, biarkan pula air kolam serta air dalam plastik bersatu (homogen), serta biarkan pulabenih lele dari plastik berenang dengan sendirinya ke kolam.

0 Response to "Cara Beternak Ikan Lele Bak Terpal Yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel