Cara Menciptakan Pakan Sapi Potong Dengan Gampang

- Cara Membuat Pakan Sapi - Setiap peternak pastinya mengharapkan jikalau binatang yang di ternak sehat dan gemuk, sehat dan berkualitas binatang ternak sangat dipengarui oleh kualitas materi pakan dengan mempertimbangkan segi ekonomis. Dengan demikian maka laba yang didapat akan lebih besar. Tetapi, ada masih banyak peternak justru mengalami kesusahan dalam memilih jenis pakan yang lebih cocok, mempunyai standar yang baik dan lengkap akan nutrisi. Dimana permasalahan ini sering kita ditemukan adanya ketidak tepatan antara pakan yang diberikan terhadap sapi tersebut

Setiap peternak pastinya mengharapkan jikalau binatang yang di ternak sehat dan gemuk Cara Membuat Pakan Sapi Potong Dengan Praktis
Sapi Potong

Untuk itu kiranya sangatlah penting artikel ini yang akan kami tulis ini yakni Cara Membuat Pakan Sapi Dengan Mudah, oleh alasannya itu bagi peternak sapi yang sedang mencari artikel ini sanggup membaca dengan seksama apa yang akan kami tulis lantaran pada hari ini kami bakal mengulas tuntas cara menciptakan pakan sapi dengan gampang dan praktis.

Cara Membuat Pakan Sapi Potong Dengan Mudah 

Bahan pakan sapi potong ini sanggup diaplikasikan untuk penggemukan semua sapi potong menyerupai sapi ongole, sapi bali, dan sapi madura supaya daging konsumsinya banyak, anggun dan berkualitas. Perlu diketahui bahwa dengan cara alamiah pertambahan berat tubuh sapi ada di kisaran 500 gram – 1000 gram/ hari. Tetapi untuk mewujudkan itu cara pertolongan konsentrat hormon pertumbuhan belum distandarisasi dengan cara resmi oleh dinas peternakan. Salah satu hambatan yang sering dihadapi peternak ialah duduk masalah keterbatasan pakan. Maka beberapa solusi pakan pilihan yang manjur untuk penggemukan sapi potong semakin diupayakan, beberapa pilihan yang diperoleh ialah dengan menciptakan pakan fermentasi dengan media pakan konsentrat alamiah yang akan kami bahas lengkap pada goresan pena ini.

Konsentrat Sebagai Pakan Sapi Potong


Konsentrat ialah salah satu media pakan yang sanggup dibilang makan wajib bagi para peternak semua jenis sapi yang mengejar penggemukan sapi khususnya sapi potong. Konsentrat juga dikenal sebagai materi pakan yang mempunyai kadar nutrisi protein tinggi dan karbohidrat serta kadar serat berangasan yang rendah (dibawah 18%). Untuk menciptakan konsentrat yang baik cukuplah mudah, ada beberapa kombinasi materi alami/organik yang sanggup anda gunakan sebagai komposisi pembuatan konsentrat yang baik dan berkualitas. Bahan-bahan komposisi konsentrat yang umum digunakan dan gampang didapat antara lain sebagai berikut

Dedak (Bekatul)

Dedak (bekatul) dengan komposisi 70% atau 75% atau anda juga sanggup menggantinya dengan pilihan berupa batang rumbia yang didalamnya tersedia sagu rumbia. Pergantian dengan batang rumbia niscaya mempunyai alasan tersendiri lantaran memang batang rumbia mempunyai hemat murah, lebih terjangkau dari bekatul/dedak lantaran banyak pohon ini sering kita jumpai di hampir seluruh wilayah Indonesia. Sebagai informasi, kandungan nutrisi batang rumbia mempunyai karbohidrat yang tidak mengecewakan tinggi. Batang rumbia sanggup diolah dengan cara dikupas kulit terluarnya kemudian hancurkan batang rumbia yang telah dikupas dengan mesin atau anda sanggup melakukanya secara manual dengan cara dicincang menjadi ukuran 0.5 cm atau sanggup lebih kecil lagi. kemudian rendam hasil cincangan dengan air, biarkan selama kira-kira sehari dan kemudian anda sanggup berikan pada sapi.

Cek Harga Sapi Hari Ini :
Jagung Giling
Pakan sapi selanjutnya ialah Jagung giling, anda sanggup memperlihatkan jagung giling dengan komposisi 8%-10% sebagai penambah nutrisi khususnya kebutuhan serat dan lemak berangasan yang tak ada pada dedak. Makara jikalau jagung giling dan dedak dikombinasikan akan saling melengkapi.

Bungil Kelapa
Anda sanggup memperlihatkan makanan sapi anda dengan Bungkil kelapa dengan komposisi 10%-15% atau anda juga sanggup menggantinya dengan bungkil kacang tanah atau kedelai pastinya dengan kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Bungkil kelapa ialah hasil sisa dari pembuatan dan pemerasan minyak kelapa yang diperoleh dari daging kelapa yang telah dikeringkan terlebih dahulu dimana dapay berperan sebagai sumber protein. 

Tepung Tulang
Tepung tulang atau kalsium dengan komposisi 2%-5% sebagai tambahan kebutuhan akan mineral khususnya kalsium juga sebagai penambah protein. 

Garam Dapur
Garam dapur dengan komposisi sebesar 2% sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mineral. 
Bila diharapkan sanggup juga diberikan tambahan vitamin yang sudah banyak digunakan sebagai tambahan kebutuhan micro, tetapi tetap berpatokan pada takaran yang ditentukan, jangan sampai berlebihan.


Dosis & Kapan Pemberian Konsentrat Pakan Sapi Potong


Dosis yang sempurna dalam pertolongan pakan konsentrat ini ialah dibererikan sebagai makanan penguat/extra pada ternak sapi potong di samping makanan pokok yang wajib berupa rumput segar dan hijau. Perbandingan pertolongan pakan pokok (hijauan) dan konsentrat untuk pakan penggemukan sapi ialah antara 30% : 70% atau maksimal 20% : 80% . Waktu pertolongan konsentrat yang baik dilakukan sekali setiap hari pada pagi hari sebelum diberi makanan wajib berupa rumput. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa urutan pertolongan konsentrat lebih dahulu sebelum makanan wajib (hijauan) lebih terbukti untuk menambah berat tubuh alasannya pertolongan konsentrat lebih dahulu berfungsi untuk memberberikan energi yang lebih besar terhadap mikroba rumen untuk mencerna makanan pokok (rumput, dsb.) Dengan menerapkan cara pakan ternak sapi potong menyerupai ini, bukan tak mungkin bobot sapi potong anda akan meningkat dua kali lipat.

Demiki artikel yang sanggup kami tulis yakni mengenai " Cara Membuat Pakan Sapi Potong Dengan Mudah " cita-cita kami semoga anda sukses dalam beternak! Salam Peternak Indonesia. 

Baca juga Artikel Sapi lainya :

0 Response to "Cara Menciptakan Pakan Sapi Potong Dengan Gampang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel