Cara Mengatasi Amonia Pada Sangkar Ayam

Ternak Pertama - Cara Mengatasi Amonia Pada Kandang Ayam - Masalah klasik pada peternakan ayam yaitu amis yang berasal dari kotoran dan pertumbuhan lalat yang tidak terkendali. Bau kotoran bisa mengakibatkan timbulnya duduk masalah sosial, khususnya untuk sangkar yang erat dengan hunian/perumahan. Kasus yang banyak dijumpai di lokasi peternakan yaitu peternakan terancam ditutup alasannya yaitu duduk masalah amis dan lalat memicu ketidaknyamanan masyarakat sekitar, belum lagi dengan munculnya banyak sekali penyakit pernapasan yang menimpa ayam akhir dipicu oleh amis sangkar tersebut.

Penyebab Bau Kandang
Pada peternakan ayam, sangkar yang berbau menyengat utamanya bersumber dari gas amonia (NH3) yang dihasilkan kotoran ayam. Meski sebetulnya dari kotoran ayam bisa terurai gas beracun lain menyerupai H2S, CO2, dan metana, namun di antara gas beracun tersebut yang paling banyak mengakibatkan duduk masalah bagi kesehatan dan produktivitas ayam, serta pemukiman yaitu amonia. Menurut hasil penelitian, dalam satu hari, seekor ayam rata-rata bisa mengeluarkan kotoran sebanyak 0,15 kg, dan dari total kotoran tersebut biasanya terkandung nitrogen 2,94%. Sisa nitrogen inilah yang nantinya akan menjadi sumber amonia.

 Masalah klasik pada peternakan ayam yaitu amis yang berasal dari kotoran dan pertumbuhan  Cara Mengatasi Amonia Pada Kandang Ayam
Cara Mengatasi Amonia Pada Kandang Ayam
Selain faktor suhu dan kelembaban, ada faktor lain yang turut serta meningkatkan akumulasi gas amonia, di antaranya akhir sirkulasi udara dalam sangkar yang tidak lancar, populasi ayam yang terlalu padat, serta administrasi pemeliharaan ayam yang kurang baik. 

Kasus yang banyak dijumpai antara lain pada sangkar postal kotoran ayam menumpuk sampai berminggu-minggu, padahal bantalan kandangnya tipis dan sudah sangat lembab/belum diganti atau ditambah litter baru. Demikian juga pada sangkar layer produksi (kandang batre) terkadang kotoran di kolong sangkar menumpuk dan terkena air, baik air minum maupun air hujan, sehingga mengakibatkan amis yang sangat menyengat.

Pengaruh Amonia Terhadap Kesehatan Ternak
Gas amonia memiliki daya iritasi tinggi bagi ternak, terutama ternak ayam, sehingga bisa memicu nanah penyakit pernapasan dan menurunkan produktivitas ternak. 


Bagaimana mengatasi amonia dan lalat di kandang?


Peternak harus bisa mengendalikan kadar amonia di sangkar melalui banyak sekali tindakan antara lain:

Cegah insiden wet dropping (kotoran basah) atau diare

Amonia akan cepat terbentuk kalau kondisi kotoran berair dan lembab. Cara pencegahannya yaitu dengan:

  • Mengatasi masalah nanah pencernaan (penyakit necrotic entritis, koksidiosis, colibacillosis, dll) yang menyerang ayam dengan segera 
  • Menyesuaikan asupan protein dan garam dalam ransum dengan kebutuhan ayam. 

Perbaiki administrasi pemeliharaan

Tatakelola pemeliharaan ternak perlu diperbaiki menyerupai pemilihan liter yang baik, cara pemberian minum, mengatur kepadatan kandang, mengatur sirkulasi udara biar udara lancar dll. Lakukan administrasi pemeliharaan secara terpadu antara lain dengan mengatur sirkulasi udara (membuka tirai kandang), menambah sekam gres (untuk sangkar postal), memberi kapur kemudian mengeruk kotoran ayam (untuk sangkar panggung), dan memakai materi tertentu yang bisa bekerja mengurangi amonia menyerupai MEGA FreshTM atau GAFPROTECTM yang bisa mengurangi Amoniak, MUSCAGAVTM, TOP KILLERTM, atau RALAT (Racun Lalat)TM,yang merupakan obat anti lalat. Jika diharapkan gunakan CRD-PlusTM  baik untuk pencegahan maupun pengobatan penyakit pernafasan dan pencernaan. Obat-obat tersebut tersedia di ternakpertama.com

Kesimpulan
Kualitas udara sangat mempengaruhi kondisi lingkungan dunia secara luas serta mengganggu kenyamanan hidup ayam di dalam kandang. Jika kualitas udara baik, maka ayam pun bisa tumbuh dan berproduksi dengan baik. Demikian pula sebaliknya. Oleh alasannya yaitu itu, peternak wajib mengurangi konsentrasi gas amonia yang bisa menurunkan kualitas udara di lingkungan kandang. 

Artikel terkait: 

Jika Berminat dan membutuhkan derma kami dalam hal pembelian produk peternakan, kami siap membantu anda dengan bahagia hati melalui 

  • Email : ternakpertamaku@gmail.com

*Setiap Pembelian produk akan disertai bonus Ebook Peternakan dan Konsultasi Gratis

0 Response to "Cara Mengatasi Amonia Pada Sangkar Ayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel