4 Makanan Ikan Nila Agar Cepat Besar

Makanan ikan nila supaya cepat besar- Ikan nila memang termasuk ikan konsumsi yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Biasanya mereka mengolahnya menjadi lauk pauk yang enak dan sehat. Hal itu mengatakan undangan nila di pasaran semakin meningkat. Dan menjadi peluang tersendiri untuk beternak ikan nila.

Berbicara mengenai budidaya ikan nila, biasanya para peternak pemula menginginkan ukuran ikannya bisa cepat besar dan lekas dipanen. Sedangkan berdasarkan para jago faktor yang paling menentukan dalam pertumbuhan ikan nila ialah asupan makanannya. Untuk itu Harga Diri di sini akan membahas jenis pakan ikan nila biar cepat besar. Berikut ulasannya:

Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar


 Ikan nila memang termasuk ikan konsumsi yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia 4 Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar

Membudidayakan ikan nila merah atau jenis nila lainnya membutuhkan asupan kuliner yang cukup dan baik. Mulai dari protein, karbohidrat, vitamin dan mineralnya. Namun di antara itu semua yang paling diharapkan ialah kuliner yang mengandung banyak protein dan dukungan probiotik lantaran sanggup membantu pertumbuhan si ikan. Semakin banyak protein yang diberikan maka semakin cepat pula ikan nila tumbuh besar. Lalu apa saja kuliner nila yang mengandung banyak protein dan vitamin serta gizi seimbang?

1. Makanan Cacing Sutera


 Ikan nila memang termasuk ikan konsumsi yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia 4 Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar

Jenis pakan nila supaya cepat besar yang pertama ialah cacing sutra alias Tubifex sP. Menurut penelitian cacing sutera mempunyai kadar protein tinggi sampai 40-57%, lemak 10-13% dan serat 2.04%. Sehingga sangat baik bagi pertumbuhan ikan nila terutama untuk yang masih anakan.

Di samping itu cacing sutra juga kerap menjadi pakan andalan bagi para peternak ikan. Entah ikan konsumsi maupun ikan hias menyerupai guppy dan cupang. Sebab cacing sutra memang diyakini sanggup mempercepat pertumbuhan ikan.

Adapun untuk mendapatkannya kalian bisa mencari sendiri di parit atau membelinya pada penjual. Jika sahabat menentukan mencari sendiri di comberan atau parit sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum diberikan pada anakan ikan nila. Hal itu bertujuan supaya tidak ada basil penyakit yang akan membahayakan si ikan.

2. Pellet Ikan Nila


 Ikan nila memang termasuk ikan konsumsi yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia 4 Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar

Jika poin pertama ialah makan nila alami maka untuk satu ini ialah pakan buatan pabrik atau biasa kita sebut pellet. Umumnya masing masing produk mempunyai dosis gizi dan protein yang berbeda-beda. Semua tergantung fungsi dan kebutuhannya.

Tapi bila sahabat menginginkan ikan nila bisa cepat besar sebaiknya menentukan jenis pellet yang mengandung gizi tinggi. Dan bila menginginkan pertumbuhan ikan yang lebih cepat lagi, kalian bisa menambahkan probiotik pada pakan pabrik (nanti akan dibahas di poin 4)

3. Tumbuhan Azola


 Ikan nila memang termasuk ikan konsumsi yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia 4 Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar

 Ikan nila memang termasuk ikan konsumsi yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia 4 Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar

Apa itu azola? Azola merupakan tumbuhan paku air yang tumbuh dari suku Azzollaceae, dia hidup mengapung di atas air. Penggunaan pakan nila dengan azola memang belum banyak. Karena sedikit dari mereka tidak mengetahui manfaat dari pakan tersebut. Padahal Azola mengandung nutrisi dan protein yang cukup baik sampai 33%. Sehingga sangat menjanjikan untuk membantu pertumbuhan si ikan nila.

Selain itu dukungan pakan azola juga sanggup mengurangi pengeluaran kita alasannya harganya yang murah. hehe

4. Menambahkan Probiotik Ikan Nila


Pemberian probiotik merupakan hal yang paling penting dalam dukungan pakan ikan nila. Probiotik sering digunakan oleh para peternak ikan nila, gurame, lele dan lain sebagainya supaya ikan tersebut bisa dipanen lebih cepat dengan ukuran yang ideal. Selain sanggup memicu pertumbuhan, probiotik juga bisa meningkatkan daya tahan badan ikan dari serangan benalu berbahaya menyerupai basil dan virus.

Baca juga: cara budidaya ikan gurame semoga cepat panen

Adapan probiotik sendiri ialah sekumpulan mikroba atau mikroorganisme yang menguntungkan apabila diberikan pada binatang budidaya. Cara menggunakannya ada dua cara, bisa eksklusif ditaburkan pada kolam atau dengan mencampurkan probiotik pada kuliner ikan menyerupai pelet atau kuliner daun-daunan menyerupai Azolla. Namun disarankan mencampurkan pada pakan ikan nila semoga lebih maksimal.

Alat yang digunakan ialah baskom dan gayung saja. Setelah kuliner ikan nila dicampur dengan probiotik maka langkah selanjutnya ialah diguyurkan pada kolam. Saat probiotik ini ditebarkan pada kolam, secara otomatis akan menumbuhkan binatang kecil plankton-plankton dan mikroorganisme lainnya. Sehingga sanggup menjaga kualitas air dan menambah nafsu makan bagi ikan nila. Probiotik bisa kalian beli di toko ternak terdekat atau bisa juga kalian membuatnya sendiri. Pemberian probiotik cukup dua pekan sekali saja.

Itulah jenis kuliner ikan nila semoga cepat besar dan sehat. Perlu diketahui bahwa dukungan pakan tergantung budget yang kita keluarkan. Semakin banyak dan semakin mahal pakan yang kita beli maka kesudahannya pun juga tidak akan mengecewakan sob. Baiklah itu saja dari kami semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian terimakasih

0 Response to "4 Makanan Ikan Nila Agar Cepat Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel