Cara Cepat Menjinakkan Sugar Glider Bagi Pemula

Punya sugar glider tapi masih suka menggigit, suka crabbing dan suka lari-lari itu rasanya sesuatu banget, padahal awalnya tujuan kita merawat sugar glider supaya sanggup diajak main kemana-mana dan bersuka ria dengan kelucunnya tapi malah galaknya minta ampun. Itulah yang saya rasakan dahulu waktu masih pemula alias pertama-tama memelihara binatang ini, yang kami pikirkan ketika itu adalah, bagaimana cara menjinakkan sugar glider dengan cepat dan sanggup bonding ke saya?

Punya sugar glider tapi masih suka menggigit Cara Cepat Menjinakkan Sugar Glider Bagi Pemula
foto: Acep Wijaya di grup facebook market keluarga sugar glider

Sahabat Harga Diri, merawat dan menjinakkan sugar glider supaya tidak crabbing ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan, kita butuh ketekunan dan kesabaran. Bahkan jinak saja belum cukup, alasannya ialah kita juga harus sanggup membuatnya bonding terhadap kita.

Istilah Crabbing dan Bonding pada Sugar Glider


Mungkin bagi kalian yang pemula bertanya-tanya dalam hati, "Eh, dari tadi si admin ngomongin bondang banding-bondang banding dan crabbing, memang arti bonding dan crabbing itu sendiri apa sih?" Emm Baiklah, sebelum melanjutkannya saya akan menjelaskan dua istilah itu supaya nantinya pemula tidak kebingungan.

Crabbing ialah ketika sugar glider yang mengeluarkan bunyi menyerupai terompet yang bising dan tidak enek didengar, tujuannya crabbing untuk membela diri dan menakut-nakuti musuhnya. So, kalau ia menganggap keberadaan kita sebagai bahaya baginya itu tandanya si sugar glider belum jinak dan juga belum mengenal pemiliknya. Untuk itulah kita perlu melatihnya supaya jinak dan bonding.

Lalu apa arti bonding? bonding ialah "keterikatan" sanggup dikatakan sugar glider bonding kalau ia sudah terikat dengan pemiliknya, misal ia akan tiba kalau kau panggil namanya, atau ia tidak mau jauh-jauh dari kamu. Emm, enakkan punya sg yang bonding? Nah, itulah klarifikasi istilah bonding dan crabbing.

Praktis Atau Tidak Melatih atau Menjinakkan Sugar Glider


Jawabannya sanggup iya, sanggup tidak. Sebab praktis tidaknya menjinakan sugar glider semua tergantung pada usia sugar glider itu sendiri, apabila jenis sugar glider yang kau beli masih joey atau anakan yang berumur 1.5-3 bulan tentunya lebih praktis dilatih dan dijinakkan daripada yang sudah renta atau dewasa, malah lebih susah lagi kalau kalian membeli sugar glider yang liar alias WC (Wild Caught).

berikut perincian tingkat kesulitan menjinakkan sugar glider menurut umurnya:

Tingkat Kesulitan Menjinakkan Sugar Glider


1. Joey Usia 1.5 - 3 Bulan CB (Captive Breed)

Punya sugar glider tapi masih suka menggigit Cara Cepat Menjinakkan Sugar Glider Bagi Pemula
grup kemunitas pecinta sugar glider indonesia

Usia ini ialah usia yang paling praktis dan cepat dijinakkan, lantaran pada usia joey teladan hidup, abjad dan kebiasaanya belum terbentuk, arti lain masih polos. Maka kalau kalian ingin membeli sugar glider kami sarankan belilah sg yang masih anakan tapi yang sudah layak dipelihara dan sudah boleh dipisah dari induknya, supaya cara menjinakkan nya praktis bahkan sanggup bonding lebih cepat. Waw

2. Joey WC (Wild Caught)

Yang kedua ini hampir sama dengan yang pertama, hanya saja joey jenis ini didapat dari WC alias alam liar, sedangkan yang pertama ialah CB (Captive Breed) alias dari para petani yang memelihara dan membudidayakannya. Itulah perbedaan WC dan CB.

3. Sugar Glider Dewasa CB

Punya sugar glider tapi masih suka menggigit Cara Cepat Menjinakkan Sugar Glider Bagi Pemula
gambar dari fp komunitas sugar glider medan

Nah, pada usia inilah yang biasanya teman-teman penghobi merasa kesulitan untuk menjinakkannya, mungkin lantaran galak, berangasan atau yang lain. Dikatakan sugar glider cukup umur biasanya kalau ia sudah berusia di atas 3-4 bulan, menyerupai 5 bulan, 6 bulan dan lebih susah lagi kalau sudah mencapai umur 8 bulan atau bahkan 1 tahun, semakin renta semakin banyak teladan kebiasaan yang sudah terbentuk pada dirinya maka akan semakin susah. Tapi damai saja, lantaran sehabis ini saya akan memperlihatkan tips praktis dan cepat menjinakkan sugar glider dewasa.

4. Sugar Glider Dewasa WC

Wah, yang keempat ini jelas-jelas lebih susah dibandingkan sebelum-sebelumnya tapi tetap saja kalau mau berusaha niscaya bisa. Ya kan sob? Yang terang supaya lebih gampang, belilah yang masih joey baik untuk yang jantan maupun betina. Baca: cara membedakan sugar glider jantan dan betina

Cara Menjinakkan Sugar Glider yang Cepat dan Mudah


Berikut cara jitu menjinakkan sugar glider dengan cepat dan mudah, khususnya bagi pemula:

1. Melakukan Pendekatan Kepada Sugar Glider


Yang pertama dan paling utama dalam menjinakkan sugar glider ialah dengan cara melaksanakan pendekatan kepadanya, tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak gigit. Itulah pribahasa yang terkesan ngawur. hihi

Jika kau gres membeli sugar glider maka disarankan untuk mendiamkannya selama 2-3 hari untuk ia menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Setelah itu lakukanlah pendekatan belailah kepalanya pelan-pelan meskipun ia crabbing tetap saja dibelai dan jangan pernah takut, lantaran semakin anda takut ia akan semakin menganggapmu sebagai musuh. Letakkan sangkar di daerah yang banyak dilalui manusia, contohnya pintu dapur, kamar atau kainnya, supaya sugar glider sanggup lebih cepat mengenal aktifitas manusia.

Tapi jangan hingga orang-orang yang lewat disekitar kandangnya malah menakut-nakuti SG, entah itu dengan mengguncangkan kandangnya, mengganggu atau mengagetinya, kalau itu dilakukan justru malah akan membuatnya semakin takut terhadap manusia.

2. Meletakkan Pakaian Bekas Kita di Kandang Sugar Glider


Sugar glider ialah binatang teritorial yang menandai wilayah kekuasaannya dengan bau, jadi untuk mempercepat proses penjinakan dan pembondingan maka tarohlah pakaian bekasmu di dalam sangkar sugar glider atau bonding pouch supaya sugar glider kita sanggup mengenal wangi pemiliknya. Bila perlu memakai pakaian yang habis digunakan dan berbau keringat.

Tapi lebih manis lagi kalau pakaian bekasmu digunakan sebagai ganjal tidur si sg, meskipun sedikit jorok tapi tak apalah, demi binatang tercinta kita. Oh iya, jangan lupa juga untuk menggantinya baju bekasmu setiap hari demi mengantisipasi tumbuhnya jamur dan bakteri.

3. Menggigitkan Jari Kita ke Mulut Sugar Glider


Peringatan, sering menggigitkan jari kita ke dalam verbal sugar glider sanggup menjadikannya cepat jinak, bonding dan mengenal pemilikinya!

Ya, cari ini sangat ampuh dan efektif dalam menjinakkan sugar glider, banyak penghobi yang sudah melakukannya dan hasilnya?? hanya hitungan jam atau hari, sugar glider sudah sanggup jinak dan tidak menggigit. Waw Bagaimana caranya?

  • Genggamlah memakai ajudan dari leher hingga tubuh dengan posisi jempol di bawah leher sugar glider. Jika sudah dilakukan maka ia tidak akan sanggup menggigitnya. Menggegamnya pun tidak terlalu erat dan tidak juga terlalu pelan, selain itu anda juga sanggup memakai baju atau kain supaya lebih mudah. Tapi kalau sanggup eksklusif dengan tangan kita supaya terbiasa dengan wangi tangan pemiliknya.

Punya sugar glider tapi masih suka menggigit Cara Cepat Menjinakkan Sugar Glider Bagi Pemula
suggieblues.com
  • Langkah selanjutnya, sodorkan jempol kiri kau secara terbalik, yaitu posisi kuku berada di bawah supaya kondusif dari gigitan, alasannya ialah gigi sugar glider yang di bawah lebih tajam dibandingkan di atas. Apabila sudah digigit maka tahan hingga 2-3 menit sambil ditiup kecil, diulang-ulang hingga ia tidak mau menggigit lagi.
  • Lakukan cara di atas setiap hari minimal durasi waktu 2 jam, dan biasanya ia sanggup jinak tidak menggigit dalam  kurun waktu di bawah seminggu. Tapi semua tergantung pada abjad sugar glider masing-masing.


3. Memberi Makan Sugar Glider dengan Tangan Kita (Handfeed)

Punya sugar glider tapi masih suka menggigit Cara Cepat Menjinakkan Sugar Glider Bagi Pemula

Asal kalian tahu aja sob, tahapan no 3 ini ialah salah cara paling ampuh menjinakkan sugar glider selain menggigitkan tangan kita padanya (versi admin). Karena dengan handsfeed si sg akan merasa disayangi, diperhatikan dan dirawat. Apa itu handsfeed? handsfeed ialah memberi makan sugar glider dengan memakai jari kita yang sudah diolesi bubur atau memegang ulat hongkong.

Punya sugar glider tapi masih suka menggigit Cara Cepat Menjinakkan Sugar Glider Bagi Pemula

Tapi ingat, ketika sedang memberi makan dengan tangan kita lakukanlah dengan hati-hati, perlahan d
an tidak menciptakan sugar glider kaget.

Kemudian jangan sekali-kali menarik tangan kau ketika ia crabbing, alasannya ialah bekerjsama ia sedang menguji apakah kita ini musuh atau bukan, jadi kalau kita kaget, apalagi eksklusif menarik tangannya sambil teriak, maka si sg tersebut akan menganggap kita sebagai musuh, dan proses penjinakannya sanggup lebih lama.

4. Memberikan Nama pada Sugar Glider dan Sering Memanggilnya


Selain bayi manusia, sugar glider juga harus diberi nama loh. Hal ini bertujuan supaya sugar glider sanggup mendekat ketika dipanggil oleh pemiliknya (bonding), biasakan memanggil namanya ketika bermain dan memberi makan.

5. Melatih Sugar Glider Supaya Bonding dengan Membiasakan Suatu Hal


Binatang sugar glider ialah binatang yang mempunyai kecerdasan serta daya ingat tinggi, jadi kau sanggup membiasakan suatu tindakan yang kau inginkan.

Punya sugar glider tapi masih suka menggigit Cara Cepat Menjinakkan Sugar Glider Bagi Pemula
maaf kami kesulitan menemukan sumber utama gambar ini lantaran sudah viral

Misal membiasakan memasukkan ia ke dalam kantong baju, maka usang kelamaan otomatis ia akan masuk ke dalam kantong baju kita tanpa diperintah, atau dengan mengekapnya supaya terbiasa dengan wangi tangan kita. Dan masih banyak lagi kebiasaan-kebiasaan yang sanggup membuatnya semakin jinak dan bonding. So, selamat bereksperimen!

6. Memandikan Sugar Glider


Apabila sudah sanggup dipegang, cobalah untuk memandikan sugar glider, minimal 2 kali sepekan. Karena dengan memandikannya akan membuatnya lebih jinak. Untuk cara memandikannya silahkan baca: trik memandikan sugar glider yang tepat

7. Konsisten Menjinakkan Sugar Glider


Yang terakhir yaitu, lakukanlah proses penjinakan di atas dengan rutin, sabar dan terus berjuang. Nikmati terus prosesnya, kalau sudah berhasil anda juga yang senang, lantaran sanggup dibawa kemana-mana.

Itulah 7 cara menjinakan sugar glider yang galak, tapi itu saja belum cukup lantaran seorang penghobi juga harus pinter dalam merawat binatang kesayangannya, silahkan baca di sini: Tips Merawat Sugar Glider Agar Sehat dan Tidak Bau

Waktu Yang Tepat Untuk Menjinakkan Sugar Glider


Karena sugar glider merupakan binatang peliharaan nocturnal maka lebih baik dilakukan pada siang hari, dimana ketika sugar glider mengantuk sehingga menggigitnya pun tidak terlalu kuat. Tapi bagi anda yang mempunyai kesibukan di siang hari, malam pun tak duduk perkara dan tentunya akan lebih susah.

Alhamdulillah karenanya selesai juga tips dan trik cara menjinakan sugar glider dengan cepat bagi pemula. Komentar yang membangun akan selalu kami tunggu, berikan masukan kalau terdapat cara yang lebih praktis dan efektif. Selamat mencoba :) [nb:sebagian gambar belum ditemukan sumbernya, bagi yang merasa memiliknya silahkan komentar]

0 Response to "Cara Cepat Menjinakkan Sugar Glider Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel