Penyebab Dan Cara Mengobati Sakit Mata Pada Kucing [Lengkap]

Cara mengobati sakit mata pada kucing- Di dunia ini sudah aneka macam kucing yang terkena sakit mata. Dan rata-rata yang terjangkit sakit mata yaitu kucing liar atau kucing kampung yang tidak berpemilik. Hal itu masuk akal karena mereka tidak pernah dirawat oleh siapa pun.

Tapi yang jadi pertanyaan, mengapa kucing kita yang sudah dirawat di rumah masih saja terjangkit penyakit mata? Apa penyebab sakit mata pada kucing? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Pertanyaan tersebut memperlihatkan kekhawatiran dan kecemasan dari pemiliknya. Yang harusnya kucing terlihat lucu dan menggemaskan, namun tiba-tiba terlihat menyedihkan karena penyakit mata yang sedang menimpanya. Akibatnya kita tidak sanggup lagi bermain dan bersenang bahagia dengannya.

Kaprikornus mau bagaimanapun ownernya harus mencari solusi dan mencari tahu bagaimana cara mengobati sakit mata pada kucing. Supaya beliau tidak terus-terusan tersiksa karena penyakitnya. Di samping itu kalian juga harus mengetahui alasannya yaitu sebabnya. Supaya kalian sanggup lebih hati-hati dan mencegah penyakit ini tidak menimpa kucing anda.

Baiklah eksklusif saja, berikut Harga Diri telah merangkum informasi terkait penyebab dan cara mengobati sakit mata pada kucing. Disertai juga ciri-cirinya.

Penyebab Sakit Mata Pada Kucing


 Di dunia ini sudah aneka macam kucing yang terkena sakit mata Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Mata Pada Kucing [Lengkap]

Penyebab sakit mata kucing ada banyak macamnya. Semua tergantung pada jenis penyakit mata itu sendiri. Ada yang parah dan ada pula yang ringan. Misalnya karena virus, bakteri, debu, cacingan dan tumor. Yang InsyaAllah akan kami jelaskan nanti pada point selanjutnya.

Di antara alasannya yaitu sebab di atas yang paling fatal yaitu tumor. Karena cara pengobatannya harus dengan tindakan operasi melalui dokter hewan.

Adapun jikalau karena cacingan maka biasanya hanya berujung belekan, anda cukup memberinya obat tetes mata yang sanggup anda dapatkan di apotik.

Begitu juga bila sakitnya hanya karena bubuk maka kalian sanggup mengobatinya sendiri di rumah. Cukup ditetesi obat tetes mata. Biar lebih terang lihat klarifikasi di bawah ini.

Cara Mengobati Sakit Mata pada Kucing Sesuai Jenis Penyakit Matanya


Mengatasi sakit mata kucing Sebenarnya ada yang gampang dan ada yang sulit. Namun yang niscaya kalian harus tahu dulu jenis penyakit matanya. Apakah tergolong berat atau ringan.

1. Mengobati Sakit Mata Kucing Karena Debu atau Belekan


 Di dunia ini sudah aneka macam kucing yang terkena sakit mata Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Mata Pada Kucing [Lengkap]

Inilah jenis yang paling sering dialami oleh binatang kucing pada umumnya. Penyebab utamanya yaitu bubuk atau kotoran yang mengenai mata kucing. Bila tidak segera dibersihkan kotoran tersebut akan mengeras dan menjadi hitam. Kemudian bakterinya menyebar kemudian mata kucing menjadi berair dan belekan.

Awal tanda-tanda penyakit ini mata terasa pedas, mengeluarkan air mata secara berlangsung maka usang kelamaan mata berwarna merah dan mengeluarkan kotoran yang tidak layak.

Cara mengatasinya cukup gampang dan sanggup kalian lakukan di rumah tanpa dokter hewan.

  • Pertama bersihkan area mata kucing yang belekan. Menggunakan kapas lembut dan higienis biar tidak terjadi infeksi.
  • Berikan obat alami ibarat daun sirih atau obat kimia ibarat Teramicin.
  • Bila ingin menggunakan daun sirih, rebus lah terlebih dahulu hingga mendidih kemudian ambil airnya untuk diteteskan pada mata yang belekan.
  • Tapi jikalau ingin menggunakan obat terramycin, kalian sanggup membeli di apotek terdekat. Memang obat ini dikhususkan untuk sakit mata.

Setelah itu perhatikan perkembangannya, kalau belum ada perubahan atau bahkan nambah parah hingga bernanah misalnya. Maka silahkan rujuk ke dokter binatang supaya menerima penanganan yang lebih intensif.

2. Mata Kucing Kecil Sebelah atau Asimetris


 Di dunia ini sudah aneka macam kucing yang terkena sakit mata Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Mata Pada Kucing [Lengkap]

Bakteri yang berjulukan chlamydia lah penyebab mata kucing belahan sebelah lebih kecil daripada lainnya alias asimetris. Kalau penyakit ini tidak segera ditangani maka kesudahannya seluruh mata akan terlihat menonjol keluar. Tak hanya satu mata bahkan keduanya sanggup ibarat itu.

Untuk menanganinya sanggup diberikan obat antibiotik, eye drops dan obat nanah selama 3 hari berturut turut serta jangan lupa perbanyak minum air putih.

3. Mata Kucing Berbentuk Cekung


Mata kucing yang terlihat cekung mengambarkan ia sedang mengalami sakit mata. Penyebabnya yaitu terdapat glukoma di dalamnya. Jika dibiarkan saja maka sanggup menjadi tumor dan dehidrasi. Hingga berakibat kucing kehilangan berat tubuh dan sakit mata akut lainnya. Cara menanganinya sangat gampang cukup berikan air putih higienis pada kucing secukupnya setiap hari.

4. Sakit Mata Kucing Konjungtivitas atau Konjungtiva


Penyakit ini sering disebut sakit mata merah muda dan ini sangat sering juga dialami oleh kucing. Biasanya penyebab utama konjungtiva ialah adanya alergi terhadap rumput, serbuk sari dan sebagainya serta adanya bakteri, virus maupun jamur. Konjungtiva menyerang pada belahan sklera kucing yakni berupa peradangan yang apabila dibiarkan saja sanggup berakibat iritasi.

Tanda tandanya ialah mata kucing bengkak, berair, perih dan gatal. Apabila penyebabnya karena alergi sobat sanggup menggunakan obat anti radang untuk kucing. Dan bila penyebabnya karena basil sanggup ditetesi antibiotik selama 2-3 hari berturut turut. Dan perlu anda ketahui bahwa penyakit konjugtiva sanggup menular bila digaruk.

5. Cacing Pada Mata Kucing


 Di dunia ini sudah aneka macam kucing yang terkena sakit mata Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Mata Pada Kucing [Lengkap]

Tak hanya perut saja yang sanggup terkena cacingan. Ternyata mata kucing sanggup terdapat cacing yang berjulukan Thelaziasis. Cacingan pada mata tidak hanya menimpa pada kucing saja, alasannya yaitu binatang lainpun juga sanggup terjangkit ibarat anjing, kambing, sapi dan sebagainya. Penyakit ini sangat sanggup lebih parah apabila hanya didiamkan saja maka berkembang menjadi penyakit peradangan konjungtiva.

Hal itu dimulai semenjak ada larva dari cacing thelaziasis di mata kucing kemudian dihinggapi lalat maka dalam waktu 30 hari saja penyakit tersebut eksklusif menyebar dan menjadi lebih parah.

Ciri cirinya ialah mata belahan duktus lakrimalis terdapat cacing putih, mata kucing sensitif dengan cahaya dan matanya berair. Cara menanganinya dengan menyuntikkan ivermectin dengan takaran yang ditentukan dokter selama 2 ahad sekali.

Baca juga: Tanda Tanda Kucing Sakit dan Cara Menanganinya

6. Painful Eye Pada Kucing


Jenis penyakit mata kucing yang keenam yaitu Painful eye. Penyebab penyakit painful eye karena cidera pada kornea ibarat glukoma dan uveitis. Apa sih painful eye itu?

Yakni mata kucing yang terus menerus berair sehingga matanya hingga terlihat menutup ibarat mengantuk serta sensitif terhadap cahaya. Biasanya penyakit ini juga gampang berubah lebih parah, karena kucing akan menggaruk garuk matanya sendiri. Dan ada hal yang berbeda pada matanya, yaitu adanya kelopak mata ketiga pada belahan ujung mata si empus.

7. Nasolacrimal Occlusion


Nama penyakitnya tidak mengecewakan sulit diucapkan. Namun penyakit ini sedikit berbahaya bila tidak segera ditangani. Penyakit tersebut menjadikan susukan sekresi air mata kucing tersumbat yang kesudahannya tidak ada pelumas untuk mata kucing sehingga mengalami kekeringan. Biasanya terjadi pada dikala kelopak mata kucing sakit atau cacat anatomi akhirnya terjadi penyumbatan. Obatmya cukup berikan obat tetes mata saja.

8. Sakit Mata Feline Herpesvirus Pada Kucing


Penyakit yang disebabkan virus atau basil feline herpesvirus ini lebih sering menyerang kucing yang masih anakan. Dan ketika kucing terkena penyakit tersebut, maka besar kemungkinan pernafasannya akan terganggu ibarat dikala pilek.

Adapun kucing cukup umur yang terkena penyakit feline herpesvirus umumnya tidak hingga ke belahan pernafasan dan itupun hanya satu mata saja yang sering terkena.

Bila tidak ada tanda tanda lain ibarat nafsu makan menurun, anda cukup memperlihatkan obat antivirus saja pada mata belahan ulkus kornea. Dan jikalau ada tanda tanda yang lain, silakan bawa ke dokter binatang untuk diobati dengan suntikan atau dengan obat pereda nyeri via oral.

Selain itu sobat juga sanggup memperlihatkan salep untuk mengurangi rasa nyeri pada matanya. Salep sanggup didapatkan di apotik, biasanya bermerek salep atopi.

9. Tumor Pada Mata Kucing


Tumor terdeteksi penyakit yang paling berbahaya. Sebab penyembuhannya harus dengan operasi dan itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Biasanya penyebab tumor mata kucing karena induknya sering makan tikus yang terdapat banyak kuman. Sehingga air susunya diminum si anak dan akhirnya terkena tumor. Adapun tumor mata tidak sanggup hilang bahkan akan semakin membesar seiring brjalannya waktu.

Bila sobat belum ada biaya maka lakukan pengobatan lain untuk mencegah tumor membesar yakni dengan serbuk kulit manggis yang sanggup anda dapatkan di toko herbal. Caranya, campur serbuk tersebut ke dalam makanan si kucing secukupnya. Lalu aduk hingga merata dan berikan terus menerus hingga tumor mengecil.

10. Mata Kucing Tertutup Selaput Putih


 Di dunia ini sudah aneka macam kucing yang terkena sakit mata Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Mata Pada Kucing [Lengkap]

Kasus ini juga sering terjadi pada kucing peliharaan. Penyebabnya karena cacing dan sanggup karena basil atau virus. Akan tetapi penjelasannya mengenai penyakit mata satu ini cukup panjang. So, kalian tinggal baca saja goresan pena kami sebelumnya berjudul, Cara Mengatasi Mata Kucing Tertutup Selaput Putih.

Itulah 10 macam jenis penyakit yang sering menimpa kucing dikala ini. Sebagai owner dihentikan meremehkan, karena kesudahannya sanggup fatal. Bisa menjadikan kebutaan pada kucing hingga kematian. Adapun cara mengatasi sakit mata kucing secara umum akan kami goresan pena di bawah ini.

Cara Mengobati Sakit Mata Kucing


 Di dunia ini sudah aneka macam kucing yang terkena sakit mata Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Mata Pada Kucing [Lengkap]
Mata kucing nanah dan berair

Sebelumnya kami sudah menuliskan cara mengatasi sakit mata pada kucing di atas, kami sesuaikan jenis penyakitnya. Namun yang akan kami tulis di sini yaitu tahapan pemberian obat untuk si kucing secara umum.

  • Siapkan obat obatan yang akan diaplikasikan pada mata kucing berupa salep atau obat tetes antivirus maupun antibiotik. Sesuaikan jenis penyakitnya, jangan dua duanya diberikan ya.
  • Sediakan juga alkohol atau Nacl untuk membersihkan mata sebelum diberi obat atau sanggup menggunakan tisu berair yang beralkohol.
  • Gunakan tisu sebagai alat pembersihnya.
  • Posisikan kucing anda senyaman mungkin atau sanggup minta pinjaman sobat untuk memegangi kucing biar tidak memberontak.
  • Teteskan alkohol atau NaCl di atas tisu kemudian aplikasikan ke mata kucing perlahan lahan hingga bersih.
  • Ambil obat tetes mata dan teteskan pada belahan ujung mata sesuai takaran atau oleskan salep dengan jari tangan. Boleh menggunakan cutton bud bila sobat merasa kesulitan.
  • Lakukan hal itu secara rutin 1-3 hari sekali, maka hasilnya mulai terlihat.
  • Berhati hatilah dikala mengaplikasi obatnya, jangan terburu buru atau kebanyakan. Khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan
  • Apabila sesudah lewat 3 hari, mata kucing masih belum sembuh, segera bawa ke dokter binatang untuk ditangani lebih lanjut.
Bagi anda yang belum pengalaman dalam menangani sakit mata pada kucing, silakan mencobanya di rumah dengan mengikuti tutorial yang kami tulis di atas dengan perlahan lahan dan dengan diawasi oleh cat lovers yang sudah ada pengalaman supaya lebih terjaga dan tidak terjadi hal hal yang tak diinginkan.

0 Response to "Penyebab Dan Cara Mengobati Sakit Mata Pada Kucing [Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel