12 Jenis Penyakit Iguana Dan Cara Mengatasinya

Jenis penyakit iguana dan cara mengobatinya- Seperti halnya binatang kucing dan anjing, iguana juga sanggup terjangkit penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga berat yang itu sanggup menimbulkan kematian. Mengapa ia sanggup terjangkit penyakit? Apakah takdir dari Tuhan?

Jenis penyakit iguana dan cara mengobatinya 12 Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya

Kalau takdir itu sudah jelas, tapi sesungguhnya faktor utama munculnya penyakit pada iguana ialah lantaran kurang baiknya dalam problem perawatan si iguana itu sendiri. Misalnya kandangnya kurang dijaga, makanannya tidak diperhatikan dan lain sebagainya. Kaprikornus sekali lagi kami katakan, mememelihara iguana itu bukan hanya memberi makan dan minum saja, namun kalian juga harus disiplin, akad dan rajin dalam merawatnya. Membersihkan kandangnya dengan rutin, menjemurnya dan lain sebagainya.

Apa saja penyakit iguana dan bagaimana cara mengatasinya?

Jenis Penyakit Iguana dan Cara Pengobatannya


Baiklah berikut kami paparkan jenis jenis penyakit untuk iguana beserta tips pencegahan dan pengobatannya yang baik dan benar:

1. Jenis Penyakit Infeksi Bakteri pada Iguana


Jenis penyakit iguana dan cara mengobatinya 12 Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya
fanspage pencinta iguana

Infeksi basil ialah salah satu jenis penyakit iguana yang gampang menyerang anggota tubuhnya, dan ini sangat berbahaya kalau dibiarkan terus menerus. Ada beberapa lantaran mengapa sanggup terkena infeksi bakteri:

  1. Kurang merawat kebersihan sangkar sehingga tumbuh basil dan menimbulkan gengren pada jari kaki iguana atau kukunya.
  2. Tidak sempurnanya proses shedding (ganti kulit) pada jari jemari si iguana. Sehingga akan timbul gumpalan darah di area jarinya.

Apabila sudah terkena penyakit ini biasanya kawasan yang terkena akan berwarna abu-abu hitam atau gelap kemudian mulai pecah kemudian jarinya akan putus dengan sendirinya. Seperti gambar di atas, kalau itu dibiarkan usang kelamaan jarinya akan putus.

Selain jari, infeksi juga sanggup menyerang mulut. Gejalanya ialah munculnya nanah dan peradangan di mulutny. Lalu bagaimana cara mengatasi dan mengobati penyakit infeksi pada iguana?

  • Bersihkan area luka dengan antiseptik berupa larutan rivanol 1%.
  • Jika mengalami bisul bersihkan saja nanahnya kemudian oleskan salep neomisin di area yang terluka.
  • Lalu suntik dengan antibiotik sistemik Ampisilin dengan takaran 20 mg/kg, dan dilakukan hanya sekali dalam 5-7 hari.
  • Oh iya, berikan juga suntikan vitamin A kira-kira 1-2 kali dalam seminggu. Apabila dalam beberapa hari tidak ada perubahan, sebaiknya eksklusif dibawa saja ke dokter binatang terdekat.

2. Jenis Penyakit Jamur pada Kulit Iguana


Jenis penyakit iguana dan cara mengobatinya 12 Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya

Jenis penyakit iguana yang kedua ini sanggup menyerang semua binatang peliharaan. Bahkan hingga ikan pun sanggup terkena jamuran. Waw

Penyebab dari penyakit ini sama menyerupai penyakit infeksi bakteri. Yaitu sangkar yang kotor, lembab dan tidak terawat. Sehingga virus basil tumbuh dan menyerang iguana.

Biasanya potongan yang sering diserang jamur ialah spike (lihat gambar spike di bawah) dan kulut. Jika sudah terserang, spike akan kering dan mengerak. Untuk mencegahnya kalian harus rajin membersihkan kandang, tempat minum dan tempat makan, jangan hingga ada sisa pakan berupa buah yang membusuk. Buatlah jadwal supaya disiplin.

Jenis penyakit iguana dan cara mengobatinya 12 Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya
contoh spike

Bagaimana cara mengobati penyakit jamur pada iguana?

Mandikan iguana secara rutin tiap hari menggunakan air hangat yang sudah dicampur antiseptik detol cair. Gosok badan iguana (terutama di area jamuran) dengan sikat secara perlahan-lahan. Hal itu sanggup membunuh basil yang melekat di kulitnya. Dan kalau sudah selesai, oleskan dengan salep ultracilin di area yang terkena jamur. Tidak disarankan menggunakan salep kalpanak, lantaran ia bersifat panas. Yang terakhir, lakukan cara ini hingga ia sembuh, lantaran kalau tidak dituntaskan akan terus menyebar.

3. Fibrous Osteodystrophy atau Penyakit Tulang


Penyakit tulang ini sudah sangat umum terjadi pada makhluk bernyawa, bahkan insan pun juga sanggup terkena penyakit tulang. Penyebabnya ialah lantaran kurangnya kalsium dan vitamin. Gejalanya muka dan rahang bawah terlihat lembek dan bengkak. Selain itu kaki akan bengkak, tubuhnya lesu dan sulit makan.

Jika anda tidak segera mengobatinya maka penyakitnya akan semakin parah. Nah untuk itu berikanlah asupan masakan yang mengandung kalsium semoga terhindar dari penyakit tulang serta masakan yang mengandung vitamin D3.

4. Jenis Penyakit Iguana "Parasit"


Jenis penyakit iguana dan cara mengobatinya 12 Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya

Keempat ini merupakan jenis penyakit yang mematikan, bukan untuk iguana saja tapi untuk semua binatang peliharaan. Karena benalu akan menyerang potongan dalam badan si hewan. Seperti peredaran darah dan akses pencernaan.

Apabila si iguana anda sudah terkena virus benalu maka harus segera ditangani dengan baik. Caranya bawalah ke dokter binatang terdekat. Intinya perhatikan faktor makanannya, berilah yang bergizi dan sehat jangan sembarangan. Dan juga kondisi kandangnya juga perlu dijaga.

Kalau jauh dari dokter binatang dan tidak sanggup dibawa ke sana, maka saya di sini akan menunjukkan cara mengobatinya secara mandiri. Namun cara ini sanggup berhasil atau sanggup tidak, tergantung pada tingkat keparahan si parasit. Seperti gambar di atas, kondisi iguana sudah sangat parah dan agak susah diobati.

Mandikan tiap pagi dan sore dan dicampurkan detol, sesudah selesai oleskan minyak VCO. Minyaknya cantik untuk kulit. Jika masih kurang, Insyaallah ini lebih manjur, yaitu diberi larutan PK yang sanggup dibeli di apotek.

Jenis penyakit iguana dan cara mengobatinya 12 Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya

PK ini sifatnya agak keras, jadi cara penggunaan supaya kondusif ialah dengan mengoleskan di potongan yang luka dan sudah dicampur air hangat.
Setelah itu eksklusif dikeringkan dan diolesi lagi dengan miconazele menyerupai Ale LoneiraSao, atau kalau pengin lebih cepat, gunakanlah ultraciline.

5. Penyakit Cacingan pada Iguana


Jenis penyakit iguana dan cara mengobatinya 12 Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya

Waw selain insan ternyata iguana sanggup cacingan juga sob. Dan faktor utamanya ialah asupan masakan yang tidak baik, contohnya buah yang kotor, sayur yang belum dicuci atau sanggup juga lantaran kandangnya jarang dibersihkan. So bersihkanlah sangkar minimal setiap hari.

Penyakit cacingan ditandai dengan stresnya si iggy, dan kalau sudah stres biasanya jadi tidak nafsu makan, warna kulit jadi gelap, galak dan berperilaku kasar. Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengobatinya cukup menggunakan obat-obatan alami. Yaitu bubuklah biji pepaya yang sudah kering kemudian dicampurkan pada masakan iguana, atau sobat juga sanggup eksklusif memberinya dalam keadaan biji pepaya masih basah. Tapi kalau tidak doyan jangan dipaksakan.

Jika belum sembuh sering-sering direndam air hangat sambil bibirnya diolesi madu. :) berdasarkan pengalaman sanggup sembuh. Dicoba aja guys.

6. Kelumpuhan Kaki Belakang


Jenis penyakit iguana dan cara mengobatinya 12 Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya

Untuk ciri-ciri penyakit ini tidak perlu ditanyakan, lantaran dilihat dari judulnya saja sudah jelas. "Kaki Belakang Lumpuh"

Menurut pengamatan para ahli, penyebab jenis penyakit yang satu ini sangatlah sepele. Yakni kekurangan vitamin B1. Kaprikornus untuk mengatasinya kalian hanya perlu menunjukkan pemanis masakan mengandung vitamin B1. Atau dibawa ke dokter supaya nanti disuntik dengan vitamin serta mineral.

7. Telur Lengket pada Iguana Betina


Telur lengket  hanyaterjadi pada iguana betina. Yang mana dikala ia bertelur akan mengalami kesulitan, kalau tidak dibantu oleh pemiliknya maka telur iguana akan lengket dan susah dikeluarkan. Dalam istilah insan ialah "sembelit". Tapi ngomong-ngomong ini termasuk salah satu jenis penyakit iguana bukan ya? hihi

8. Penyakit Iguana "Hidung Lecet"


Jenis penyakit iguana dan cara mengobatinya 12 Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya

Sama halnya dengan manusia, kalau tidak nyaman tinggal di suatu tempat maka sudah niscaya mereka akan pergi dari tempat tersebut. Maka sama halnya dengan iguana, kalau anda mendapati hidung iguana lecet atau terkena borok maka anda jangan panik. Cukup pindahkan saja ke tempat yang lain, sanggup jadi ia tidak nyaman dengan suasana kandangnya sehingga ia pun berusaha kabur dengan cara menabrak dinding kandang.

Akhirnya hidung iguana mengalami lecet-lecet. Malah kalau dibiarkan bisa-bisa kemasukan basil dan menimbulkan nanah dan borok. Hem ngerii uy..


8. Penyakit Bladder Stone / BS pada Iguana (Batu Kandung Kemih)


Jenis penyakit iguana dan cara mengobatinya 12 Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya

Jenis penyakit ini sangat serius dan tergolong penyakit yang sangat berbahaya. Bahkan beberapa teman-teman di grup memposting gambar binatang iguananya yang terkena BS. Apa itu BS?

Saya tidak sanggup menjawab pertanyaan itu di sini, lantaran membutuhkan klarifikasi panjang. Kaprikornus silahkan baca saja goresan pena kami sebelumnya yang membahas khusus penyakit BS, mulai dari gejala, penyebab dan pengobatannya.

Baca ini: Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Bladder Stone Pada Iguana.

Tapi pada dasarnya penyakit ini sama menyerupai kencing kerikil pada manusia. Iguana yang terjangkit BS akan mengalami pembesaran pada potongan perut, sehingga membuatnya tidak nyaman dan terasa sakit.  jika dibiarkan hingga membesar, jalan satu satunya ialah dioperasi Kalau tidak saya anak akan mati.

9. Penyakit Ginjal dan Hati


Maksud penyakit ginjal dan hati ialah adanya gangguan pada ginjal atau hati si binatang peliharaan iguana. Penyebab paling umum ialah lantaran diet yang salah, santunan protein hewani (serangga dll) dan dehidrasi. Perlu sobat ketahui, iguana ialah binatang tropis yang membutuhkan kelembaban untuk berkembang. Selain itu ia juga bukan omnivora (pemakan segalnya) tapi herbivora (pemakan tumbuhan).

So, jangan terlalu sering diberi masakan kering menyerupai pellet komersial dengan tujuan diet. Dan juga jangan pernah diberi protein hewani, cukup nabati saja. Namun sebagian ada yang membolehkan menunjukkan sesekali dalam sepekan. Malah itu sanggup menjadikannya cepat besar.

Baca: cara merawat iguana supaya cepat besar

10. Luka Bakar


Sebenarnya ini bukan jenis penyakit iguana namun kami masukan ke dalam daftar artikel ini semoga teman-teman sekalian berhati-hati dalam memberi lampu di kandangnya. Sebab biasanya sebagian orang yang memelihara iguana, mereka memberi lampu pada kandangnya terlalu erat dengan hewan.

Sehingga kontak lampu yang terlalu erat menimbulkan badan iguana merasa panas dan terbakar. Padahal tujuan utama santunan lampu ialah supaya hangat. Maka dari itu letakkan lampu yang kondusif jangan eksklusif terkena badan iguana.

11. Mulut Iguana Bengkak


Jenis penyakit iguana dan cara mengobatinya 12 Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya

Bengkak pada ekspresi iguana memang sering dialami oleh hobiis. Umumnya benjol terletak di potongan bawah mulut, rahang atau samping mulut. Penyebabnya sendiri ada banyak. Sehingga untuk mengatasinya, kita perlu mengetahui penyebabnya dulu.

Pertama, ekspresi iguana yang benjol sanggup lantaran MBD pada rahang bawah, penyebabnya lantaran jarang dijemur atau malah tidak pernah dijemur (yang ini parah). Akibatnya kalsium pada iguana tidak sempurna, sehingga menimbulkan kelainan pada tulang rahang.

Penanganannya sering dijemur, sambil semprot air biar tidak kering dan dehidrasi. Jangan lupa diawasi.

Kedua biasa lantaran mulutnya terluka atau injury. Untuk memastikan silakan dicek di potongan ekspresi apakah ada yang terluka atau tidak. Kalau ada, bersikan dengan NACL. Lalu olesin dengan salep Kenalog. Beli di apotek. Adapun untuk alat sanggup menggunakan Cutton bud, kassa.

Ketiga tanda-tanda abeses, bisul atau sariawan. Penanganannya cukup diberi obat potongan yang abses. Tapi bersihkan dulu mulutnya. Untuk proses pengobatannya yaitu. Sediakan tusuk/jarum yang steril. Lalu tusuk potongan yang absesnya hingga nanahnya keluar. Lalu obati dengan cattun bud dicampur alkohol. Usahakan hingga bener benar habis absesnya.

12. Kegagalan Organ


Kegagalan organ terjadi lantaran faktor usia yang semakin tua, namun itu tidak niscaya lantaran ada lantaran lain yaitu infeksi basil yang menyerang badan iguana. Jika iguana sudah terjangkit penyakit ini maka ia akan kehilangan nafsu makan, kembung, lesu, semakin kurus dan bahkan sanggup menimbulkan kematian.

Baca juga: Cara Mengobati Mata Iguana Bengkak atau Brair Menurut Ahlinya

Akhirnya usai suqdah klarifikasi terkait "jenis jenis penyakit iguana dan cara mengatasinya". Silahkan dibagikan ke reptile lovers lainnya supaya sanggup bermanfaat juga buat sesama hobies. Terimakasih banyak. [Terakhir update, Rabu, 07/02/2018]

0 Response to "12 Jenis Penyakit Iguana Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel