Cara Budidaya Cacing Sutra Sederhana Untuk Pemula

Cara budidaya cacing sutra- Semua peternak ikan tentu sangat membutuhkan pakan alami yang bergizi tinggi semoga sanggup mempercepat pertumbuhan anak ikan. Dan salah satu makanan alami yang bergizi tinggi untuk anak/burayak ikan ialah cacing sutra.

Cacing sutra merupakan makanan ikan yang banyak digunakan oleh peternak ikan. Baik ikan lele, ikan patin, ikan cupang, ikan guppy ataupun jenis ikan lainnya. Menurut data, cacing sutra mengandung 58% protein dan 13% lemak. Kandungan tersebut diyakini bisa mempercepat pertumbuhan si ikan sekaligus mencerahkan warna badan ikan hias.

Maka dari itu, banyak para peternak ikan yang mencari pakan ikan jenis casut (cacing sutra). Dan hal ini menjadi peluang besar bagi kita semua untuk membuka perjuangan budidaya cacing sutra. Apalagi di keadaan tertentu cacing sutra sulit didapatkan terutama ketika isu terkini hujan. Di samping itu, harga cacing sutra juga meningkat setiap tahunnya.

Sehingga buat para peternak ikan yang ingin membudidayakan cacing sutra bisa menghemat pengeluaran dan menambah stok pakan larva ikan. Sedangkan untuk pemula yang hendak mencoba beternak cacing sutra bisa mendatangkan laba besar apabila mau bersungguh-sungguh.

Cara Budidaya Cacing Sutra Yang Baik dan Benar


Di bawah ini Harga Diri akan menyebarkan panduan cara ternak cacing sutra yang sederhana bagi pemula. Budidaya cacing sutra sederhana bisa anda lakukan di daerah kecil menyerupai nampan, bisa juga di terpal/plastik. Cara membuatnya juga sangat gampang dan murah dibandingkan menggunakan kolam beton atau kolam tanah.

1. Mempersiapkan Bibit Cacing Sutra


 Semua peternak ikan tentu sangat membutuhkan pakan alami yang bergizi tinggi semoga sanggup m Cara Budidaya Cacing Sutra Sederhana Untuk Pemula

Langkah pertama dalam beternak cacing sutra yakni menyiapkan bibitnya. Kalian sanggup membelinya di toko ikan hias atau mencarinya sendiri di alam bebas menyerupai selokan. Namun kalau kalian ingin mencari di alam bebas sebaiknya dikarantinakan dulu supaya basil bakteri berbahaya yang ada pada cacing hilang.

2. Membuat Media Beternak Cacing Sutra


 Semua peternak ikan tentu sangat membutuhkan pakan alami yang bergizi tinggi semoga sanggup m Cara Budidaya Cacing Sutra Sederhana Untuk Pemula
Budidaya cacing sutra di nampan plastik

Sediakan media untuk membudidayakan cacing sutra. Supaya sederhana kalian bisa menggunakan nampan plastik. Dengan nampan plastik kalian bisa menghemat air dan probiotik serta obat-obatan lainnya. Selain itu kalian juga tidak membutuhkan lahan luas.

Tapi kalian harus menyediakan rak kayu yang kokoh serta tidak gampang rapuh. Karena rak tersebut berfungsi sebagai penyanggah nampan nampan plastik nantinya. Usahakan nampan-nampannya tersusun secara vertikal dan diberi akses air semoga air bisa keluar masuk sehingga pH dan kadar Oksigen yang terjaga. Pemberian lumpur pada nampan setinggi 1 cm saja.

 Semua peternak ikan tentu sangat membutuhkan pakan alami yang bergizi tinggi semoga sanggup m Cara Budidaya Cacing Sutra Sederhana Untuk Pemula
Ternak cacing sutra di kolam tanah

Untuk Anda yang menentukan budidaya cacing sutra dengan kolam beton atau plastik, sediakan kolam sesuai lahan yang ada. Jika kolam terpal sudah siap, letakkan lumpur sawah. Kemudian aliri air hingga penuh dan diamkan beberapa hari hingga lumpur mengendap.

3. Pemupukan Lumpur


 Semua peternak ikan tentu sangat membutuhkan pakan alami yang bergizi tinggi semoga sanggup m Cara Budidaya Cacing Sutra Sederhana Untuk Pemula
Beternak cacing dengan media plastik

Selain diberi lumpur sawah, anda perlu juga meletakkan pupuk sangkar (kotoran ayam) atau ampas tahu sebagai pakan alami cacing sutra. Namun, kami sarankan menggunakan ampas tahu saja, lantaran lebih simple dan mudah.

Sedangkan kalau menggunakan pupuk kandang, anda harus menjemurnya kemudian memfermentasikannya dengan menggunakan basil EM4 yang dicampur gula pasir dan air. Dan anda harus menunggu hingga 5 hari lamanya untuk mendapat hasil fermentasi yang sempurna.

Tujuan fermantasi pupuk sangkar ini semoga kandungan N-organik dan organik C meningkat dua kali lipat. Tentu ribet bukan? Maka kami sarankan menggunakan pupuk ampas tahu saja tidak ribet dan simple.

4. Mengendapkan Air


 Semua peternak ikan tentu sangat membutuhkan pakan alami yang bergizi tinggi semoga sanggup m Cara Budidaya Cacing Sutra Sederhana Untuk Pemula
Siap panen, kolam beton

Cara selanjutnya yakni menunggu lumpur dan pupuk mengendap sempurna, biasanya 3-5 hari gres mengendap semua. Bila sudah mengendap, buang sebagian airnya hingga tersisa 5-10 cm dari permukaan lumpur. Setelah itu ratakan lumpurnya menggunakan kayu atau serok hingga benar benar rata. Lakukan hal itu hingga 3 hari.

5. Penabaran Benih Cacing Sutra


Jika langkah-langkah diatas sudah siap maka selanjutnya yakni menebar benih cacing sutra sebanyak 5-10 gelas. Anda bisa menebarnya secara rata di atas air kolam atau bisa juga dengan menciptakan kubangan pada lumpurnya kemudian meletakkan benih cacing sutra tersebut di dalam kubangan yang anda buat. Tunggu hingga 2 minggu.

6. Perawatan Kolam Budidaya Cacing Sutra


Selama proses budidaya cacing sutra, usahakan air kolam mengalir kecil setiap harinya. Karena cacing sutra nantinya akan berkembang biak dan bertambah banyak, sehingga anda perlu menjaga ajaran air tersebut.

Apabila kalian ingin budidaya tanpa air mengalir alias tidak ada ajaran air maka sebaiknya mengaliri air secara manual minimal 2 ahad sekali. Sebab kalau tidak begitu wadah akan amis dan kekurangan oksigen. Sehingga tidak usang lagi cacing bisa mati.

Insyaallah bila tidak ada duduk kasus yang berkaitan dengan kolam maka cacing sutra sudah mulai berkembang sehabis 10 hari.

7. Pemberian Pakan Cacing Sutra


 Semua peternak ikan tentu sangat membutuhkan pakan alami yang bergizi tinggi semoga sanggup m Cara Budidaya Cacing Sutra Sederhana Untuk Pemula

Sama menyerupai hewan hidup lainnya, cacing sutra juga membutuhkan pakan, beliau memakan apa saja yang ada di lumpur, lantaran cacing sutra sanggup menentukan pakan yang baik untuknya. Kaprikornus anda cukup memberi ampas tahu atau pupuk sangkar sebagai pakan alaminya. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Jika di awal anda sudah memberinya ampas tahu atau pupuk sangkar maka ulangilah pertolongan pakan tersebut 2 ahad sekali.

8. Masa Panen Cacing Sutra


Kapan masa panen cacing sutra? Inilah ketika yang dinantikan tunggu, yaitu memanen cacing sutra dan bisa segera kita jual atau digunakan sendiri untuk budidaya larva ikan kita. Umumnya cacing sutra akan berkembang sehabis 2 ahad semenjak penebaran bibit.

Panen pertama gres bisa dilakukan sehabis 75 hari atau 2,5 bulan. Selanjutnya anda bisa memanennya setiap 15 hari sekali atau 2 ahad sekali. Nah, ciri ciri cacing sutra siap dipanen yakni lumpur pada kolam terasa kenyal ketika dipegang, ambil lumpur tersebut dengan tangan kemudian masukkan ke dalam bejana kemudian masukkan air setinggi 1 cm dari permukaan lumpur.

Tutup embernya dan diamkan selama 1-2 jam maka cacing sutra akan berkumpul sendiri di permukaan air. Jika sudah pada berkumpul, ambil cacing sutra dengan tangan semoga terlepas dari lumpur kemudian masukkan ke dalam bejana pemberokan (pembilasan) dan diamkan selama 10-12 jam. Setelah 10-12 jam terlewat, maka cacing sutra siap di jual atau digunakan sebagai pakan ikan anda.

Baca juga: cara budidaya ikan gurame semoga cepat panen

Itulah panduan lengkap cara budidaya cacing sutra yang sederhana dan gampang bagi pemula, meski prosesnya cukup usang namun balasannya sangat menjanjikan. Terlebih lagi harga cacing sutra relatif mahal. Semoga gosip ini bermanfaat bagi anda. Sekian terimakasih.

0 Response to "Cara Budidaya Cacing Sutra Sederhana Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel