Cara Merawat Anak Musang Umur 2 Bulan Atau Yang Gres Lahir

Cara Merawat Bayi Musang- Musang bukanlah binatang yang gila lagi bagi masyarakat Indonesia, khususnya buat para pencinta dan master-masternya. Yesah musang ialah binatang mamalia bersifat nokturnal yang banyak mendatangkan manfaat bagi pemiliknya, mulai dari material penghasil kopi luwak ataupun hanya sekedar kesenangan semata bagi penghobinya.

Sehingga tak heran jikalau banyak insan yang menyebabkan memelihara musang sebagai profesi bisnis menjanjikan yang sanggup meraup jutaan hingga ratusan juta rupiah. So, apakah pembaca Harga Diri tertarik untuk menerima uang dari beternak musang? Jika iya maka anda harus tahu ilmu perihal bagaimana cara merawat anak musang yang masih merem atau bayi.

 Musang bukanlah binatang yang gila lagi bagi masyarakat Indonesia Cara Merawat Anak Musang Umur 2 Bulan atau Yang Baru Lahir
by: Mark Fauzi di grup MLI

Ketika anda memulai memelihara sepasang musang berarti anda juga harus siap merawat anak musang jikalau sudah lahir, dari sini anda juga harus paham bagaimana perawatannya, khususnya bagi pemula.

Jangan kalian anggap memelihara anak musang itu semudah merawat musang dewasa, lantaran belum lama ini kami menemukan keluhan sebagian penghobi musang yang ada di sebuah grup facebook, mereka mengeluhkan akan janjkematian anak musang yang ia pelihara, padahal ia sendiri sudah lama memelihara musang.

Oleh alasannya ialah itu, kami di sini akan menyebarkan kepada sesama ML (musang lovers) perihal cara merawat anak musang umur 2 bulan atau yang masih bayi, lantaran di usia tersebut (di bawah sebulan atau yang masih merem) anak musang masih rentan mengalami kematian. Berikut langkah-langkah yang harus kalian ikuti:

Cara Merawat Baby Musang Baru Lahir hingga 1 atau 2 Bulan


Ketika kalian hendak merawat anak musang pandan, rose atau yang lainnya, sebaiknya siapkan dulu barang-barang di bawah ini sebagai alat pendukung dalam memelihara bayi musang itu sendiri, menyerupai kandang, masakan dll:

Media Perawatan Bayi Musang


  • Siapkan box kotak dari kardus bekas dengan ukuran kira-kira 35 x 35 x 45 cm (boleh lebih), supaya si bayi musang tidak sanggup memanjat dan keluar, dan jangan lupa untuk memberi tutup pada box nya.
  • Kemudian sediakan media penghangat berupa substrate (alas buat tidur), baik dari serutan kayu halus atau yang lainnya menyerupai koran bekas, biasanya media tersebut dijual di toko hewan.
  • Yang ketiga siapkan persediaan masakan anak musang gres lahir, biasanya menggunakan bubur bayi insan (Sun, Cerelac, dll) dan juga gelas minum, sendok teh serta kain selebar serbet dabur, dan yang terpenting susu untuk musang yang non Laktosa.
  • Lalu siapkan pipet tetes yang biasa dipakai untuk minum obat bayi manusia, alat itu sanggup kalian beli di apotik atau puskesmas.

 Musang bukanlah binatang yang gila lagi bagi masyarakat Indonesia Cara Merawat Anak Musang Umur 2 Bulan atau Yang Baru Lahir

  • Madu (banyak juga yang menggunakan susu kental manis)
  • Terakhir yaitu Multivitamin cair dan minyak ikan

Membuat Kandang Anak Musang


Apabila alat-alat di atas sudah terkumpul, maka langkah selanjutnya ialah menciptakan kandangnya, dengan media yang sudah disiapkan:

  • Letakkan box kotak dari kardus yang sudah disediakan sebelumnya di kawasan yang kondusif dari binatang predator.
  • Kemudian isi box tersebut menggunakan ganjal penghangat (substrate) berupa serbuk kayu, dan jangan sekali-kali menggunakan kain alasannya ialah akan menjadikannya lembab dan si anakan musang sanggup terjangkit penyakit. Bayi musang yang sakit lebih susah disembuhkan (pengalaman)
  • Setelah itu, bayi musang tinggal dimasukkan dan kalian tinggal rajin-rajin mengganti substrate serta membersihkan kandangnya.

Tips Membuat Pakan Bayi Musang


Proses pembuatan pakan ini merupakan poin terpenting dalam memelihara anak musang, cara pembuatannya cukup mudah, yaitu:

  • Ambil 1 sendok teh bubur sun/cerelac yang sudah disediakan di atas tadi.
  • Lalu masukan ke dalam gelas.
  • Setelah itu campurkan dengan materi lainnya menyerupai minyak ikan 1-2 tetes.
  • Susu non Laktosa untuk musang (saya lebih suka menggunakan madu).
  • Kemudian ditambah 1-3 tetes multivitamin menggunakan pipet
  • Dan terakhir masukkan air hangat ke dalam gelas tersebut kemudian aduk hingga tercampur semua. (disarankan jangan terlalu kental).

Cara Memberi Makan Anak Musang yang Masih Bayi gres Lahir


Bayi musang yang gres lahir tentunya tidak sanggup makan sendiri, maka kalian harus membantunya dengan mendulangnya menggunakan pipet bayi. Pertama-tama ambillah bayi musang dari kandangnya menggunakan sapu tangan, usahakan tidak bersentuhan dengan kulit anda secara langsung.

 Musang bukanlah binatang yang gila lagi bagi masyarakat Indonesia Cara Merawat Anak Musang Umur 2 Bulan atau Yang Baru Lahir

Setelah itu, sedot masakan yang sudah diadon di dalam gelas tadi menggunakan pipet, kemudian kondisikan bayi musang yang ada ditangani anda supaya tidak gerak-gerak dan memberontak, apabila sudah damai masukkan pipet berisi campuran masakan tersebut ke dalam lisan si musang dengan perlahan, maka secara otomatis biasanya bayi musang akan menyedotnya sendiri.

Selanjutnya ulangi terus langkah di atas hingga ia benar-benar kenyang. Berilah makan anakan musang yang masih merem 3-4 jam sekali, atau sekitar 5 kali sehari dengan porsi 10 ml sekali makan. Kalau anak musang sudah melek biasanya dikasih makan 3 kali, namun porsinya ditambah 25 ml. Lakukan terus pengecekan terkait kesehatan badan musang, jikalau ada gejala yang tidak beres tanyakan eksklusif kepada ahlinya, entah di forum-forum atau eksklusif ke dokter hewan.

Jika kalian belum sanggup memilih jenis kelamin musang, sulahkan pelajari artikel ini, cara membedakan musang jantan dan betina.

Itulah cara merawat anak musang umur 2 bulan atau kurang. Silakan dicoba dan jangan lupa sertakan doa supaya prosesnya lebih mudah. Jika teman-teman menemukan cara yang lebih baik dari cara kami, tulislah komentar di bawah ini, agar sanggup membantu pembaca Harga Diri lainnya. Terimakasih #salamwangi

0 Response to "Cara Merawat Anak Musang Umur 2 Bulan Atau Yang Gres Lahir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel