Umur Anak Kucing Boleh Dimandikan Disertai Bagaimana Cara Memandikannya

Umur anak kucing boleh dimandikan- Permasalahan memandikan anak kucing bukanlah hal yang absurd lagi di pendengaran kita. Masalah ini sudah usang menjadi perdebatan antara pecinta kucing di Indonesia. Ada yang membolehkan dan ada pula yang melarang.

Sehingga kita para pemula kebingungan harus mengikuti pendapat siapa. Makanya di sini Harga Diri akan membahas mengenai umur anak kucing boleh dimandikan menurut pendapat para ahli. Semoga sanggup memberi pencerahan buat sahabat sahabat semua.

Apakah boleh anak kucing dimandikan? Jika boleh, pada usia berapa anak kucing boleh dimandikan? Apakah ketika umur 1 bulan, umur 2 bulan atau umur 3 bulan? Berikut jawabannya.

Umur Anak Kucing Boleh Dimandikan


 Permasalahan memandikan anak kucing bukanlah hal yang absurd lagi di pendengaran kita Umur Anak Kucing Boleh Dimandikan Disertai Bagaimana Cara Memandikannya

Di luar negeri sendiri memandikan kucing disebut sebagai grooming. Pada dasarnya kucing merupakan binatang yang suka kebersihan. Secara alami kucing mempunyai kebiasaan membersihkan dirinya sendiri (self grooming). Caranya yaitu dengan menjilati tubuhnya menggunakan pengecap yang berduri.

Makara bergotong-royong kita tidak perlu memandikan anak kucing. Tapi meski demikian bukan berarti kita dihentikan memandikannya. Menurut pernyataan dari banyak dokter hewan, anak kucing boleh dimandikan alasannya beberapa alasan tertentu.

Alasan Anak Kucing Harus Dimandikan


 Permasalahan memandikan anak kucing bukanlah hal yang absurd lagi di pendengaran kita Umur Anak Kucing Boleh Dimandikan Disertai Bagaimana Cara Memandikannya

Ya, terkadang ada beberapa alasan mengapa kita harus memandikan anak kucing. Alasan tersebut misalnya, kucing gemar bermain di luar sehingga bulunya gampang kotor terkena debu. Makara mau tidak mau kita harus memandikannya biar bersih.

Atau teladan lain kucing kita berbulu lebat dan gampang kotor. Biasanya kucing ini berjenis kucing persia. Jika tidak segera dibersihkan maka akan mengakibatkan gatal-gatal atau jamur yang sanggup menciptakan bulu kucing rontok.


So, kesimpulannya kita boleh memandikan anak kucing dengan keadaan tertentu. Lalu pada umur berapa anak kucing boleh mandi?

Menurut Drh. Puspasari (pemilik situs tanyadokterhewancom) anak kucing sudah sanggup dimandikan ketika berumur 2 bulan. Apabila anak kucing di bawah usia 2 bulan (Misalnya umur 1 bulan atau 1.8 bulan) sebaiknya cukup dilap dengan tisu lembap untuk membersihkan bulunya yang kotor.

Dan sebagian orang juga beropini anak kucing boleh dimandikan apabila sudah berusia 3 bulan. Saya sendiri lebih condong kepada pendapat yang 2 bulan. Karena di usia 2 bulan kekebalan badan kucing mulai kuat. Akan tetapi kalian harus tahu cara memandikannya. 

Cara Memandikan Anak Kucing yang Masih Kecil


 Permasalahan memandikan anak kucing bukanlah hal yang absurd lagi di pendengaran kita Umur Anak Kucing Boleh Dimandikan Disertai Bagaimana Cara Memandikannya

Yang paling penting ketika memandikan anak kucing ialah memperhatikan suhu air dan waktu yang tepat. Dan bergotong-royong ini sudah pernah kami bahas di artikel, [Cara Memandikan Anak Kucing Dengan Benar Untuk Pemula]

Tapi tidak mengapa kami bahas lagi di sini. Berikut langkah-langkah yang benar untuk memandikan kucing kecil:
  • Pastikan anak kucing dalam keadaan sehat dan tidak sakit.
  • Mandikan anak kucing pada pukul 11.00 pagi hingga 04.00 sore. Karena kalau anda memandikan di bawah jam 11.00 pagi atau diatas jam 04.00 sore, suhu udara mulai dingin. Makara tidak kami anjurkan untuk memandikan anak kucing.
  • Setelah mengetahui waktu yang sempurna Anda juga harus menggunakan air yang hangat. Tidak terlalu hirau taacuh dan tidak terlalu panas.
  • Kemudian lakukan pendekatan terlebih dahulu, jangan eksklusif diguyur dengan air yang banyak. Apalagi hingga dimasukkan ke dalam baskom. hal itu sangat menyiksa si kitten. Pertama-tama percikan anak kucing dengan sedikit air. Lalu secara perlahan dialiri air yang agak banyak.
  • Jika sudah keringkan dengan handuk saja. Atau boleh menggunakan hair dryer atau blower hangat asalkan jaraknya jangan terlalu dekat. Karena sanggup menciptakan si kucing kepanasan. Pastikan hingga kering, alasannya kalau lembab sanggup kena jamur.
Itulah beberapa langkah penting dalam memandikan anak kucing yang  benar dan aman. Bagi teman-teman yang mempunyai kucing persia silahkan baca artikel kami sebelumnya berjudul, Cara Memandikan Kucing Persia yang Baik dan Benar

Baik kami cukupkan hingga sini saja pembahasan umur anak kucing boleh dimandikan. Semoga sanggup menambah wawasan dan memberi pencerahan kepada teman-teman semua. Silakan dibagikan dengan menyertakan sumbernya.

0 Response to "Umur Anak Kucing Boleh Dimandikan Disertai Bagaimana Cara Memandikannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel