Cara Merawat Burung Kakatua Jambul Kuning Dan Putih Dengan Benar

Hai pecinta hewan, ibarat yang sudah kita ketahui burung kakatua mempunyai dua varian yakni kakatua jambu kuning dan jambul putih. Sebenarnya keduanya dapat dibilang sama saja dari sisi perawatan, yang membedakan hanyalah jambul yang ada di atas kepala burung kakatua tersebut.

Baca: Mengenal Kakatua Jambul Kuning dan Putih Beserta Videonya

Kakatua merupakan satwa yang dilindungi. Sehingga tidak sembarangan orang dapat memeliharanya. Jika ingin memeliharanya harus mendapat izin dari pemerintah. Mengingat perawatannya yang tidak praktis dan murah maka sangat masuk akal apabila pemerintah akan sedikit ketat dalam hal memelihara kakatua.

Merawat burung kakatua memang susah susah gampang, Karena ada banyak resiko yang harus dihadapi dan kita harus sabar akan hal itu. Namun di sisi lain, merawat atau memelihara kakatua juga ada keseruan tersendiri. Kalau anda tidak menyukai atau bukan pecinta burung sebaiknya jangan memeliharanya. Kasian si burung hanya akan mendapat perawatan luar saja tanpa adanya kasih sayang yang tulus.

Cara Merawat Burung Kakaktua Jambul Kuning dan Putih


 ibarat yang sudah kita ketahui burung kakatua mempunyai dua varian yakni kakatua jambu ku Cara Merawat Burung Kakatua Jambul Kuning dan Putih dengan Benar

Berikut ini cara merawat burung kakatua jambul kuning dan putih yang benar. Buat pecinta burung dan masih gres mencoba memeliharanya khususnya burung jenis kakaktua maka sangat perlu diperhatikan tutorial berikut ini. Meski begitu tetap saja sobat harus sering berkonsultasi kepada ahlinya supaya lebih maksimal.

1. Kandang Kakatua


Yang pertama tentu soal kandang. Kalian harus menyediakan sangkar yang layak untuk kakatua. Terkait peletakannya, taruh saja kandangnya di kawasan terbuka yang banyak dilintasi manusia. Karena kakatua lebih suka berada di kawasan umum daripada sendirian. Selain itu kakatua juga lebih suka tinggal satu sangkar bersama pasangan atau sahabat temannya.

2. Menyediakan Tempat Bertengger Kakatua


 ibarat yang sudah kita ketahui burung kakatua mempunyai dua varian yakni kakatua jambu ku Cara Merawat Burung Kakatua Jambul Kuning dan Putih dengan Benar

Jika memelihara kakatua, yang kedua kalian harus menyiapkan kawasan bertengger. Seperti yang sudah kita ketahui semua jenis burung akan bahagia sekali bertengger untuk bersantai. Sehingga sangat kami anjurkan untuk menyediakan kawasan bertengger buat si kakatua ketika ingin bersantai. Gunakan kayu yang keras namun bertekstur lembut serta usahakan diameter ukurannya 3 cm semoga tidak beresiko termakan.

 ibarat yang sudah kita ketahui burung kakatua mempunyai dua varian yakni kakatua jambu ku Cara Merawat Burung Kakatua Jambul Kuning dan Putih dengan Benar

Tenggeran dapat dikatakan di dalam kandang, namun ada juga tenggeran khusus untuk free room/di luar kandang. Biasanya yang di taroh luar sangkar untuk yang sudah jinak pada pemiliknya. Atau untuk berjemur.

3. Memberi Makan Burung Kakatua Jambul Kuning dan Putih


Memberi makan setiap hari dengan jenis kuliner yang beraneka ragam merupakan salah satu bentuk perawatan yang baik untuk kakatua. Dengan begitu, kakatua anda akan merasa diperhatikan sekali. Untuk jenis makanannya anda dapat memberinya kuliner instan yang dapat dibeli di toko burung, buah buahan ibarat pisang, pepaya dan jangan memberinya alpukat, daging, dan kuliner mengandung pengawet serta bumbu penyedap kuliner (tapi lebih manis yang alami saja). Selain itu anda juga dapat memberinya sayuran segar ibarat wortel. Perlu diperhatikan gunakan wadah kuliner yang terbuat dari materi stainess steel, jangan yang berbahan plastik atau kayu khawatir termakan.

4. Makanan Tambahan atau Cemilan Sehat Kakatua


Untuk kuliner pokok yang diberikan sehari hari dapat memakai buah atau sayur, alasannya yaitu kakatua termasuk jenis herbivora. Namun, kalian juga boleh memberinya kuliner embel-embel atau cemilan ibarat keju yang dicairkan kemudian dicampur ke dalam kuliner sehari harinya atau telur rebus yang dipotong kecil kecil. Hal itu semoga si kakatua mendapat protein yang cukup. Jangan lupa beri vitamin setiap 2 ahad sekali untuk menjaga stamina badan kakatua.

5. Mengasah Paruh dan Cakar Kakatua


 ibarat yang sudah kita ketahui burung kakatua mempunyai dua varian yakni kakatua jambu ku Cara Merawat Burung Kakatua Jambul Kuning dan Putih dengan Benar

Paruh dan cakar burung kakatua merupakan dua hal yang penting untuk diperhatikan. Apabila dirasa sudah runcing maka segera asah cakar dan paruhnya semoga tidak merusak sangkar atau tenggeran ketika memanjat dan menggigit. Asahlah keduanya setiap 2 hari sekali. Selain itu jikalau cakar dan paruhnya tumpul akan menciptakan anda merasa lebih nyaman ketika membawanya.

6. Memandikan Kakatua Jambul Kuning dan Putih


Perawatan yang terakhir yaitu memandikan burung kakatua yang anda pelihara setiap 3 hari sekali dengan cara menciptakan hujan hujanan. Misalnya anda menyiram dari lantai atas, sehingga burung kakatua akan menerka bahwa sedang turun hujan. Dengan begitu kakatua akan mandi sepuasnya dengan hujan buatan tersebut. Selain itu sediakan bejana minum di sangkarnya semoga kakatua dapat mandi sendiri dengan cara menceburkan dirinya ke dalam bejana minum tersebut. Jika anda ingin memandikannya usahakan ketika pagi hari sebelum jam 9, semoga nantinya sehabis mandi dapat dijemur di bawah terik matahari pagi yang manis untuk badan dan kesehatan tulangnya.

Itulah 6 cara merawat burung kakatua jambul kuning dan putih yang baik dan benar. Keduanya sama saja dalam hal perawatan. Bedanya hanya ada pada warna jambulnya saja. Tetapi alangkah baiknya jikalau kakatua jambul kuning hidup bersama dengan jambul kuning juga, jangan campur dengan jambul putih.

0 Response to "Cara Merawat Burung Kakatua Jambul Kuning Dan Putih Dengan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel