Cara Menciptakan Sangkar Itik Yang Benar

Ternak Pertama. Cara Membuat Kandang Itik - Sebagaimana yang telah kita tau bahwa budidaya itik memiliki prospek dan peluang bisnis ternak yang sangat baik kedepannya. Telur belibis akan banayk di butuhkan oleh masyarakat, apalagi ketika momen menjelang lebaran. Tidak hanya di demam isu lebaran saja, telur itik juga sangat di butuhkan  di parik roti sebagai materi produksi.Untuk itu kali ini ternak pertama akan menuliskan artikel mengenai cara menciptakan sangkar itik yang baik, jenis atau tipe sangkar kandang yang baik akan berdampak pada kesehatan itik atau belibis anda terjaga dengan baik. Langsung saja inilah Cara menciptakan Kandang yang baik untuk itik. Simak dan baca dengan seksama.

Jenis Kandang itik Yang Baik

Kandang Baterai
Kandang Itik Baterai
Di sangkar baterai, setiap 1 sangkar hanya dihuni seekor itik dewasa. Ukuran sangkar kurang lebih 50 cm x 50 cm x 45 cm. Bisa juga dibangun berkelompok, dihuni 5 ekor itik, asalkan sangkar lebih luas. Kandang dapat terbuat dari bilah bambu maupun rangka kawat. Anggaran investasi sangkar baterai relatif tinggi dibandingkan tipe sangkar lain.Perkawinan itik yang tinggal dalam sangkar baterai dilakukant dengan cara inseminasi buatan.

Untuk itu, perhitungan tenaga kerjanya meliputi inseminator—ahli inseminasi buatan. Keuntungannya, produktivitas itik lebih terkontrol dan pengendalian penyakitnya lebih terjaga.Pengambilan telur di sangkar baterai lebih gampang karena tempatnya terbatas. Tetapi, sekarang, jarang peternak itik layer yang menggunakan sangkar baterai. Kandang baterai hanya dipakai pada kini merawat itik starter.

Kandang ranch ( Rak )
Kandang Itik Ranch (RAK)
Tipe Kandang yang sering dipakai oleh peternak itik kini yaitu sangkar ranch atau Kandang Rak. Kandang itik jenis rank atau rak ini merupakan modifikasi dari sangkar postal itu yakni dengan menyediakan ruangan tempat ternak sebagai tempat umbaran atau tempat bermain. Jenis sangkar ini juga disebut sangkar umbaran. Kandang tersebut dibekali dengan bak atau susukan tempat itik membersihkan diri atau hanya sekedar mendinginkan badan di siang hari. Tipe sangkar ranch sempurna untuk pemeliharaan itik petelur dewasa.

Kandang Postal
Kandang itik Model Postal
Kandang jenis Postal berbeda dengan sangkar itik baterai, sangkar postal dihuni lebih dari satu itik. Satu kandang, populasinya dapat mencapai ratusan hingga ribuan ekor tergantung luas kandang. Kandang postal itu sempurna dipakai untuk itik grower. Tempat makan dan minum itik disediakan dalam sangkar jadi relatif menghemat tempat. Tinggi sangkar tak boleh tak lebih dari 2 m. Tujuannya untuk mempermudah ketika panen telur, dikala membersihkan sangkar dan pertolongan pakan.
Kandang Postal
Keadaan Kandang Itik Yang Baik

Berdasarkan keadaannya, jenis sangkar dapat dibagi menjadi sangkar berair dan sangkar kering.

Kandang basah

Kandang berair itu artinya ada tempat khusus untuk acara mandi, minum, berenang, dan membantu proses perkawinan berupa kolam. Sistem sangkar berair baik untuk telur tetas. Untuk itik petelur, bak jangan terlalu luas semoga itik tak terlalu banyak mengeluarkan tenaga. Tujuannya semoga energi yang dialokasikan untuk menghasilkan telur lebih banyak. Untuk sistem sangkar berair sebaiknya diberi jarak antara sangkar dan kolam, kurang lebih 2—3 m. Manfaatnya semoga sangkar tidak terlalu berair ketika itik masuk sesudah melaksanakan acara di kolam. Kandang yang terlalu berair cenderung cepat berbau dan berisiko mengajak penyakit.

Kandang kering

Kandang kering hanya menyediakan air untuk acara mencuci muka dan minum. Aktivitas itik dibatasi jadi energi yang diperoleh dari pakan diperuntukkan untuk memproduksi telur. Kelebihan lain, sangkar kering ialah meminimalisasi aroma kotoran itik.

Bagaimana Cara Modifikasi Kandang Itik dan Bebek

Pemeliharaan itik di kawasan beriklim berair butuh harus mendapat perhatian lebih. Kandang itik tersebut wajib dijaga semoga kehangatan tetap terjaga. Itik yang stress alasannya ialah kedinginan dapat mogok bertelur atau produktivitasnya akan mengalami penurunan. Untuk itu, sangkar dapat dimodifikasi dengan menciptakan sangkar panggung.

Lantai sangkar yang tidak bersentuhan eksklusif dengan tanah menciptakan kondisi sangkar lebih hangat. Tempat makan dan minum disediakan di depan kandang. Itik masih dapat makan walau di dalam sangkar dengan cara meneroboskan lehernya lewat lubang kandang.

Kepadatan Kandang

Ukuran sangkar itik petelur diadaptasi dengan populasi itik. Kapasitas sangkar juga butuh diperhatikan. Jangan hingga terlalu padat. Sesuaikan ukuran dengan luas sangkar dan umur itik yang dipelihara.

Anak itik

(0—6 minggu):

TIPE KANDANG ITIK 

Umur 1 minggu, 25 ekor

Umur 2—3 minggu, 18 ekor

Umur 4—6 minggu, 10 ekor

Itik dara umur 2—5 bulan, Itik remaja umur di atas 8 ekor/m2 5 bulan, 3 ekor/m2

Baca Juga Artikel Lainya
3 Jenis Itik Yang Baik Untuk Usaha Ternak 
Peluang Usaha Budidaya Bebek Peking  Untung Besar 
Beternak Itik Tanpa Air

0 Response to "Cara Menciptakan Sangkar Itik Yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel