Peluang Perjuangan Budidaya Kelinci Yang Menguntungkan

Ternak Pertama. Usaha Budidaya Kelinci - Bagi Anda yang suka dengan binatang ternak, ada salah satu perjuangan ternak yang mempunyai prospek yang anggun kedepanya, misalnya menyerupai ternak kelinci. Kelinci yang dapat diternak ada dua tipe yakni kelinci hias dan kelinci pedaging. Keduanya mempunyai kelebihan masing-masing. Apabila kelinci hias unggul diharga jual yang relatif mahal sedangkan kelinci pedaging unggul di jumlah undangan pasar yang tidak mengecewakan besar. Sedangkan untuk perawatan menyerupai makan, sangkar dan lain-lain keduanya boleh dibilang sama.
Usaha Budidaya Kelinci
Kelinci ialah binatang yang tergolong gampang untuk dipelihara, jadi banyak orang yang tadinya berniat hanya merawat sebagai hobi dapat berkembang banyak dan itu menjadi suatu  peluang bisnis yang menguntungkan bagi anda tentunya. Ternak kelinci dapat menjadi salah satu peluang bisnis yang dapat di lakukan di rumah (orang biasa menyebutnya Bisnis Rumahan) yang mempunyai laba yang cukup besar alasannya mempunyai prospek yang bagus.

Tahapan Menjalankan Usaha Ternak Kelinci

Bagi anda yang berminat dengan perjuangan ini berikut ternak pertama bakal bahas sedikit seputar tahapan-tahapan yang harus anda ikuti dalam menjalankan perjuangan ternak kelinci tentunya.

1. Persiapan Kandang

Kandang Kelinci
Cara pembautan sangkar untuk kelinci dibentuk dengan sistem petak, untuk setiap petaknya nantinya Anda isi dengan 2 ekor kelinci yakni kelinci jantan dan kelinci betina. Kandang tersebut dapat disusun 2 hingga 3 tingkat untuk menghemat tempat. Yang perlu kalian perhatikan dalam menciptakan sangkar ialah kerapatan kandang, usahakan sangkar dibangun dengan rapat untuk menghindari masuknya binatang lain semacam tikus alasannya akan mengganggu anak kelinci nantinya. Kandang dapat terbuat dari kayu ataupun bambu dan dapat juga menggunakan jaring kawat.

2. Pemilihan Indukan Kelinci Yang Tepat

Bibit Kelinci
Langkah Selanjutnya ialah menyiapkan indukan untuk mulai berternak kelinci. Apabila anda menentukan berternak kelinci pedaging maka pilihlah indukan yang sehat dan mempunyai bobot besar. Sedangkan apabila ingin berternak kelinci hias anda dapat menentukan indukan menyerupai tipe Angora, Rex, Himalayan, American Chinchilla, Fuzzy loop dan yang lainnya.

3. Sistem Pengembangbiakan Kelinci

Setelah Tahapan pertana dan kedua selesai, langkah selanjutnya ialah Sistem Pengembangbiakan. Kelinci yang siap untuk diternak minimal berusia kurang lebih 5 bulan. Cara pengawinannya dapat dengan mencampur kelinci tersebut dalam satu sangkar lalu dipisahkan apabila kelinci betina sudah terlihat gejala hamil, akan tetapi banyak juga peternak yang menggunakan sistem pengawinan pagi atau sore saja lalu dipisahkan seusai berakhir kekandang masing-masing. Proses kehamilan hingga kelinci beranak membutuhkan waktu kurang lebih 30 hari. Setiap ekor kelinci dapat menghasilkan 5 hingga 10 ekor kelinci.

4. Pemeliharaan Kelinci Yang Baik

Tahapan terahir merupakan tahapan yang paling penting. Proses pemeliharaan mencakup pinjaman pakan dan menjaga kebersihan kandangnya. Anda dapat mengatakan beberapa macam jenis-jenis sayuran menyerupai kol, sawi, kangkung, bungkil, kacang-kacangan atau rerumputan jenis junggul. Tidak hanya itu anda juga perlu mengatakan pemanis nutrisi supaya kesehatan kelinci tetap terjaga. selainitu, Kebersihan sangkar juga penting untuk anda perhatikan, pastikan sangkar kelinci rutin di bersihkan semoga kondisi sangkar tersebut tetap dalam kondisi yang bersih. Hal ini berfungsi untuk menghindari kelinci yang kalian ternak tidak gampang terjangkit oleh penyakit.

5. Pemasaran
Anakan kelinci dapat mulai dijual dikala berusia 2 - 3 bulan. Anda dapat memasarkannya ke pet shop, pasar hewan, atau ke konsumen langsung. Tetapi apabila kelinci yang kalian ternak ialah jenis kelinci pedaging kalian dapat mencoba menunjukkan ke restoran aatau warung makan atau jenis perjuangan makanan lain yang menyajikan olahan kelinci.

Baca Juga Artikel Lainya
Peluang Usaha Budidaya Bebek Peking  Untung Besar 
Peluang Bisnis Budidaya Cacing Sutra Modal Kecil Dengan Cara Modern 
Usaha Ternak Penggemukan Kambing Jawa untuk Hari Raya Kurban Iedul Ad’ha 
Peluang Bisnis Peranakan Kambing Etawa

0 Response to "Peluang Perjuangan Budidaya Kelinci Yang Menguntungkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel