Kiat Sukses Beternak Broiler (Bagian 1)

 meskipun beberapa kali mengalami guncangan akhir ibarat ledakan wabah penakit flu burun Kiat Sukses Beternak Broiler (Bagian 1)
Ternak Pertama - Kiat Sukses Beternak Broiler (Bagian 1) - Bisnis ternak broiler, meskipun beberapa kali mengalami guncangan akhir ibarat ledakan wabah penakit flu burung (AI) tahun 2008 dan kondisi harga yang tidak menentu tetapi faktanya bisnisnya tetap luar biasa bahkan bila dilihat dari dari data statistik grafiknya cenderung mengalami peningkatan meskipun ada yang jatuh bangkit sehabis kala keterpurukan akhir wabah flu burung. Ini membuktikan, bahwa ternak broiler masih menjadi primadona bagi para peternak sebab mungkin peputaran bisnisna yang sangat cepat sehingga cepat mendapat uang.
Dengan fakta demikian tentunya satu-satunya jalan untuk sanggup tetap eksis di bisnis ini kuncinya ada di performance ayam karena disaat performa ayam maksimal dalam kondisi wabah penyakit maupun kondisi harga terpuruk keruguian sanggup diminimalkan.  Untuk mendapat performance yang selalu prima dibutuhkan 3 kunci sukses yaitu bibit, pakan dan administrasi pemeliharaan. Namun, dalam artikel kali ini hanya akan diuraikan mengenai kunci yang ke tiga yaitu administrasi pemeliharaan terutama administrasi pada periode brooding. Sedangkan yang lainnya akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

1. Manajamen Brooding

 Dewasa ini mutu genetik ayam broiler sudah berkembang sangat pesat. Buktinya, bila kita amati sekitar 10 tahun yang kemudian mungkin untuk mencapai bobot rata-rata 2 kg, broiler membutuhkan waktu pemeliharaan 35-36 hari. Namun, dengan pemuliaan genetik yang terus berjalan sekarang bobot rata-rata 2 kg sanggup cicapai pada umur  32-33 hari. Berarti seiring perkembangan IPTEK pemeliharaan broiler akan semakin efisien. Namun, dibalik itu semua tentunya ada kelemahan-kelemahan yang menyertainnya, antara lain ayam gampang mengalami stress. Untuk itu, ayam broiler modern membutuhkan administrasi pemeliharaan yang tidak lagi dengan istilah manis tetapi harus prima. Salah satunya ialah pemeliharaan pada periode Brooding.

Baca Juga :

Pada ayam broiler (pedaging), masa brooding ialah periode pemeliharaan dari DOC (chick in) sampai umur 14 hari (atau sampai pemanas tidak digunakan). Ibarat membangun rumah, periode brooding berada pada tahan pembangunan fondasi. Fondasi yang kokoh sanggup menjamin rumah berdiri dengan kokoh. Demikian juga dalam periode brooding broiler, baik tidaknya performance ayam di masa selanjutnya seringkali ditentukan dari bagaimana pemeliharaan di masa brooding. Kaprikornus salah satu kunci keberhasilan Pemeliharaan Broiler ialah pada keberhasilan periode brooding sebab kesalahan administrasi pada periode ini seringkali tidak sanggup dipulihkan (irreversible) dan berdampak negatif terhadap performance ayam di periode pemeliharaan berikutnya.

Gambar 1. Baik tidaknya performance ayam di masa selanjutnya seringkali ditentukan dari bagaimana pemeliharaan di masa brooding

Mengapa periode brooding penting? sebab pada masa ini terjadi perkembangan pesat aneka macam organ badan ayam (yang tidak dijumpai pada umur lebih tua). Oleh sebab itu, diperlukan peternak perlu benar-benar memperlihatkan perhatiannya terhadap masa ini. Ada beberapa hal yang mengalami perkembangan pesat pada umur ini terutama antara lain sistem kekebalan dan pencernaan.
Bagaimana cara mengoptimalkan pertumbuhan di periode brooding? Caranya ialah dengan memperlihatkan kondisi brooding dan memperlihatkan pakan sesuai dengan kebutuhannya. Untuk mencapai kondisi tersebut sanggup dilakukan dengan cara?
1)     Memberikan pakan dan minum segera sehabis DOC chick in (DOC masuk ke dalam ruangan brooding)
Pemberian pakan segera chick in dimaksudkan semoga organ pencernaan ayam sanggup berkembang dengan maksimal misalnya lambung, tembolok, usus, hati, pankreas dan sebagainya baik dalam ukuran maupun panjangnya. Untuk vili usus, perkembangan yang baik ditunjukkan dengan ukuran vili yang panjang, besar, jumlah banyak dan seragam. Vili yang ibarat itu akan membantu efisiensi ransum.

 meskipun beberapa kali mengalami guncangan akhir ibarat ledakan wabah penakit flu burun Kiat Sukses Beternak Broiler (Bagian 1)
Gambar 2. Merpakan kondisi organ pencernaan broiler umur 2 hari. Saluran pencernaan berkembang paling baik pada ayam yang eksklusif diberikan ransum segera setelah chick in (atas). Yang tengah ialah yang diberikan 8 jam setelah chick in sedangkan yang paling bawah ialah yang belum diberikan ransum sama sekali

Bersambung....................


Artikel Selanjutnya :

0 Response to "Kiat Sukses Beternak Broiler (Bagian 1)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel