Pemerintah Harus Jelaskan Alasan Impor Sapi

Ternak Pertama. Impor Sapi - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mendesak pemerintah untuk membeberkan alasan impor sapi dari Australia. Langkah tersebut diambil untuk menghindari kecurigaan akan adanya permainan serta mewujudkan persaingan yang sehat.

"Kementerian Pertanian (Kementan) selalu berlindung dari penyakit hewan. Saya kira kita tidak punya kompetensi untuk menguji itu, tapi harus Anda semua menanyakan ke Kementan kenapa tidak dibuka dari India, Meksiko, Brazil, atau dari belahan dunia lain," kata Komisioner KPPU Nawir Messi dalam diskusi bertajuk 'Mengapa Daging Sapi dan Ayam Seperti Terbenam?' di Jakarta, Sabtu (22/8/2015).
Pemerintah Harus Jelaskan Alasan Impor Sapi
Supaya tidak mengakibatkan persepsi yang salah, ia menuturkan kasus tersebut segera diselesaikan. "Tapi itu kasus teknis tapi perlu keputusan politik bila mau diselesaikan," ungkap dia.

Sebagai informasi, pemerintah telah menerbitkan izin impor sapi sebanyak 50 ribu ekor. Sementara, Perum Bulog menyatakan telah siap mendatangkan sebanyak 8.000 ekor dari Australia yang tiba awal bulan September.

Direktur Pengadaan Perum Bulog, Wahyu mengatakan, impor sapi siap potong yang menjadi belahan dari penugasan oleh pemerintah ini dilakukan secara bertahap. Dan pada tahap pertama, akan masuk 8.000 ekor.

"Awal September siap masuk. Secara hitungan sudah, cuma bertahap," katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya sengaja melaksanakan impor sapi siap potong ini secara berharap semoga tidak merusak harga daging di pasar dalam negeri. Jika impor dilakukan sekaligus, dikhawatirkan justru akan menciptakan pasokan daging berlimpah sehingga menciptakan harga anjlok.

"Kalau 50 ribu ekor itu masuk semua bagaimana nanti harga di sini. Kami sedikit demi sedikit semoga sasaran pemerintah untuk menurunkan harga tercapai tetapi jangan hingga merusak harga. Kan juga ada masyarakat yang perlu diperhatikan," terperinci dia.

Perseroan akan menyediakan sekitar Rp 1 triliun untuk pengadaan 50 ribu sapi siap potong ini. Dan pada tahap awal, sapi-sapi tersebut diimpor dari tiga eksportir daging di Australia. Namun jumlah eksportir tersebut dapat saja bertambah mengingat jatah penugas yang masih 42 ribu ekor.

"Ini dari tiga eksportir sana. Mungkin akan lebih dari tiga. Disanakan kan ada sekitar 11 ekspotir. Syaratnya harga dan ada barangnya. Dana Rp 900 miliar-Rp 1 triliun untuk 50 ribu itu," tutup dia. (Amd/Ndw)

Sumber : liputan6.com

0 Response to "Pemerintah Harus Jelaskan Alasan Impor Sapi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel