Cara Beternak Ayam Lingnan Bagi Pemula

Ternak Pertama -  Cara Beternak Ayam Lingnan –  Ada beberapa faktor yang perlu anda perhatikan sebelum anda memutuskan untuk budidaya ayam lingnan salah satunya ialah lokasi perjuangan budidaya ayam lingnan. Lokasi sangat menentukan keberhasilan anda dalam perjuangan ayam lingnan pada masa yang akan datang. Setidaknya ada tiga faktor penentu yang menjadi patokan dalam menentukan lokasi perjuangan ternak yang baik.

  1. Masalah sosial, yakni respon masyarakat sekitar atas kehadiran peternakan  yang sudah anda rencanakan. Untuk faktor ini, peternak wajib mempunyai kesepakatan dalam mengelola peternakannya. Peternakan yang dikelola secara tidak baik terperinci akan memunculkan beberapa problem lingkungan, ibarat aroma yang tak sedap, kotoran, debu, serta pencemaran udara. Bagi para peternakan skala kecil (rumah tangga), masyarakat mungkin tak ada kasus tetap sanggup mendapatkan lantaran tdak memunculkan banyak persoalan. Tetapi, bila sudah berkembang dan menjadi skala besar, anda sudah harus memikirkan pengaruh problem sosialnya.
  2. Masalah kebisingan. Lokasi yang bising sanggup menjadikan ayam gampang stress dan produksi telur tidak akan maksimal.
  3. Masalah jarak sangkar dengan lokasi / daerah persediaan pakan utama, ibarat poultry yang menyediakan pakan siap saji atau materi pakan sanggup pula bersahabat persawahan yang menyediakan dedak ataupun meniran; atau pilih daerah yang bersahabat dengan sentra perdagangan jadi pemasaran telur atau daging akan jauh lebih mudah. Selain itu, lokasi budidaya juga bersahabat dengan sumber air jadi pengadaan air minum untuk ayam yang dipelihara.lebih gampang didapatkan, kemudian yang terahir, pilihlah lokasi perjuangan yang lebih tinggi daripada lingkungan sekitar, jadi apabila isu terkini hujan tak tergenang oleh air.

Jenis Usaha / budidaya Ayam lingnan


Setelah anda mengerti dan paham menentukan lokasi perjuangan ternak lingnan yang baik serta, Langkah berikutnya ialah menentukan tipe/jenis perjuangan ayam lingnan untuk perjuangan ternak anda. Biasanya perjuangan peternakan ayam, terutama ayam lingnan dilakukan semenjak ayam masih DOC (day old chick).

Budidaya dengan merawat induk jarang dilakukan untuk skala perjuangan besar, lantaran harga induk ayam lingnan mahal sanggup mencapai Rp 300.000/ekor.

Ada beberapa faktor yang perlu anda perhatikan sebelum anda memutuskan untuk budidaya ayam Cara Beternak Ayam Lingnan Bagi Pemula
Ayam Lingnan
Hal ini mengakibatkan anggaran produksi tinggi. Untuk memperoleh telur konsumsi atau telur tetas, biasanya orang merawat tipe /jenis ayam ini semenjak DOC. Tetapi, untuk pemeliharaan skala rumah tangga, sah-sah saja apabila membeli indukan.

Supaya perjuangan budi daya ayam lingnan mendatangkan hasil yang maksimal, Usaha / budidaya ayam lignan ini sanggup diawali dengan menentukan jenis perjuangan ayam lignan. Ada 3 cara yang sanggup dipilih. Diantaranya :.
  • Merawat induk untuk menghasilkan telur tetas.
  • Menetaskan telur untuk memperoleh DOC.
  • Merawat DOC untuk menghasilkan pullet.

Untuk perjuangan skala kecil (skala rumah tangga), paling sempurna serta mudah dengan membeli ayam siap bertelur (umur 4-5 bulan). Modal utama yang diharapkan hanya untuk membeli ayam yang bakal dipelihara serta diambil hasilnya.

Salah satu kelebihan cara ini ialah peternak pemula bakal lebih berpengalaman dalam menghasilkan bibit unggul. Bibit unggul ini penting lantaran sangat menentukan nilai telur serta anakan.

Letak dan Kondisi Kandang

Letak sangkar perlu mendapatkan perhatian khusus lantaran menyangkut keberhasilan anda dalam budidaya ayam asal china ini. Kandang yang baik dan sehat harus menerima sinar matahari pagi. untuk itu, sangkar harus menghadap ke timur.

Kandang yang anda buat harus didesain dengan benar dan dibangun biar ayam merasa senyaman mungkin, jauh dari kebisingan atau kemudian lalang orang. Letak kandang, terutama sangkar postal (kandang untuk pemeliharaan anak ayam) harus lebih tinggi daripada daerah lain. jangan hingga anak ayam yang berada di dalam sangkar terganggu oleh hewan atau orang yang berlalu lalang.

Begitu juga dengan sangkar ren, harus diusahakan senyaman mungkin supaya ayam tak stres. Apabila terjadi stres, produksi telur biar terganggu, hal ini terperinci akan menciptakan peternak akan mengalami kerugian.

Peralatan Kandang Ayam Lingnan

Dalam pemeliharaan ayam lingnan dengan sistem terkurung (sistem baterai), diharapkan peralatan sangkar berupa daerah pakan, daerah air minum, serta pemanas. Tempat pakan dan air minum sanggup anda buat dari bambu, kayu, atau plastik yang penting kebersihannya harus anda perhatikan. Ukurannya pun harus diadaptasi dengan umur ayam, besar lengan berkuasa atau kokoh, serta letaknya gampang dijangkau oleh ayam.

Tempat pakan dan  minum plastik untuk ayam lingnan sudah gampang dipasarkan dalam beberapa ukuran di poultry shop. Ada yang berbentuk bulat dengan diameter 40 cm untuk anak ayam hingga umur 14 hari.

Ada pula daerah pakan silinder, sanggup digantung untuk anak ayam berusia lebih dari 14 hari dengan kapasitas 15 kg, 7 kg, serta 10 kg.

Selain itu, ada juga daerah minum berbahan plastik dengan kapasitas 1 liter untuk anak ayam berusia 0-2 minggu, kapasitas 4 liter untuk anak ayam berusia 2-4 minggu, serta kapasitas 8 liter untuk ayam berusia lebih dari 4 minggu.

Tempat pakan sanggup dibentuk sendiri mengikuti bentuk serta ukuran ibarat yang ditawarkan poultry shop dengan materi paralon. Ukuran daerah pakan tersebut juga harus sesuai dengan jumlah serta umur ayam yang dipelihara.

Pemanas buatan diharapkan untuk anak ayam hingga berusia 4 minggu. Pemanas buatan ini mempunyai kegunaan sebagai pengganti induk. Pemanas buatan yang sanggup digunaan antara lain lampu pijar atau lampu minyak tanah.

Untuk sangkar boks, sebaiknya anda memakai lampu pijar atau lampu minyak tanah yang diselubungi kawat kasa supaya anak ayam tak bersentuhan eksklusif dengan sumber panas. Untuk sangkar postal yang besar sanggup digunakan gasolek.

Suhu dalam sangkar untuk anak ayam, pada ahad pertama 40 derejat C, ahad kedua diturunkan menjadi 32 derejat C, ahad ketiga 34 derejat C, serta ahad keempat menjadi 30 derejat C.

Keadaan suhu di dalam sangkar sanggup diketahui dengan melihat penyebaran anak ayam. Apabila anak ayam berkumpul di bersahabat pemanas, berarti suhu sangkar terlalu rendah.

Sebaliknya, apabila anak ayam menjauh dari pemanas, berarti suhu sangkar terlalu tinggi serta harus diturunkan. Apabila anak ayam menyebar merata, berarti suhu sangkar sesuai dengan kebutuhan anak ayam.

Demikian artikel ihwal " Cara budidaya Ayam Lingnan Bagi Pemula " yang sanggup kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam Peternak Indonesia!

0 Response to "Cara Beternak Ayam Lingnan Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel