Cara Memilih Ukuran Luas Sangkar Ayam

Cara Menentukan Ukuran Luas Kandang Ayam - Kita harus tau, sangkar mememiliki manfaat yang sangat penting lantaran acara ayam akan lebih banyak dihabiskan di dalam kandang. Manfaat sangkar ayam dipakai sebagai daerah untuk berteduh dari terinya panas dan hujan, sebagai daerah untuk berkembang biak, untuk merawat anak-anaknya dan juga untuk perkawinan dan membesarkan anak-anaknya. Sehingga Kandang sangat perlu untuk mendapat perhatian dari peternak semoga manfaat sangkar ini bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan ayam. Oleh alasannya itu, peternak juga harus memahami berapa ukuran luas sangkar ayak yang sesuai san pas semoga nantinya tidak akan terjadi kepadatan populasi.

Bagaimana cara memilih luas sangkar Ayam Kampung Super?


Asal anda tau, Ukuran luas kandang ayam sangat kuat dengan tingkat kenyamanan ayam. Jika didalam sangkar terlalu banyak ayam yang dipelihara dalam satu populasi maka tingkat kepadatan juga akan tinggi. Diaman tingkat kepadatan juga akan mempengaruhi kesehatan ayam. Kandang yang padat akan menciptakan Ayam kepanasan, selera makan akan hilang, ayam menjadi letih dan lesu sehingga pada balasannya ayam tersebut akan sakit. Jika kondisi tersebut dibiarkan atau anda tidak melaksanakan tindakan dengan cara memindahkan ke ayam ke sangkar lain, maka ayam bisa mengalami mortalitas/ kematian.


Menentukan ukuran kandang memang berafiliasi dengan jumlah ayam yang akan dipelihara. Dimana semakin banyak ayam yang dipelihara maka sangkar juga butuh perluasan. Bukan itu saja, bentuk sangkar juga akan mempengaruhi kapasitas ayam yang dipeliharanya. Untuk kini ini bentuk sangkar ayam yang sering pakai untuk memelihara ayam kampung super yaitu sangkar postal dengan lantai litter, sangkar panggungg/ cage serta sangkar tingkat/ sangkar baterai.

Misalnya kami kasih contoh, kalau anda akan memelihara 10.000 ekor ayam dengan sangkar bentuk postal berlantai litter dengan lebar maksimal 7 meter maka kepadatan maksimal 12 ekor per meter persegi (1:12). Dengan rincian panjang sangkar = 10.000/ (7 x 12 ) x 1 meter = 119 meter. Bagaimana ? Paham tidak?

Dengan cara diatas berarti untuk kapasitas 10.000 ekor anda sanggup menciptakan sangkar dengan ukuran 7 m x 119 m.

Masih dengan cara yang hampir sama, kalau anda akan ternak ayam sebanyak 10.000 ekor dengan mengunakan sangkar panggung dengan lebar sangkar maksimal 8 meter dengan kepadatan sangkar maksimal 15 m per meter persegi ( 1 : 15 ). Maka  ukuran sangkar ayam tersebut 7 x 84 meter.

Namun kalau anda akan menggunakan sangkar tingkat/ baterai dengan lebar maksimal 7 meter dengan kepadatan 12 ekor per meter persegi, maka ukuran sangkar yang sesuai 7 x 60 m.

Cara memilih luas sangkar ayam diatas bisa anda gunakan untuk memelihara ayam yang sudah sampaumur saja sedangkan kalau masih bibit DOC atau anakan maka tingkat kepadatan juga akan lebih tinggi.

sangkar yang paling banyak dipakai untuk memelihara Ayam Kampung Super yaitu bentuk sangkar postal dengan litter. Pada bab awal untuk kepadatan per meter sekitar 60 ekor/ meter. Kemudian sehabis umur 7 – 12 hari maka tingkat kepadatan harus dikurangi menjadi 40 ekor/ meter. Sedangkan untuk umur 13 – 30 hari populasi per meter tinggal 20 ekor. Pada ketika umur 31 sampai masa panen kepadatan populasinya 9 ekor/ meter.

Kami jual DOC Ayam Kampung Super yang sanggup di kirim ke seluruh wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi ternak pertama untuk mendapat DOC Ayam Kampung Super yang berkualitas untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan silahkan hubungi kami.

0 Response to "Cara Memilih Ukuran Luas Sangkar Ayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel