Cara Menentukan Burung Merpati Tinggian Yang Berkualitas

Cara menentukan Burung Merpati Tinggian - Bagaimana cara menentukan dan mempunyai burung merpati tinggian yang berkualitas dan bermental Juara? Pintar menentukan burung merpati tinggian merupakan hal sangat perlu anda ketahui apalagi bagi anda yang sering mengikuti lomba kolongan ataupun untuk ternak. Memilih merpati tinggian yang manis bermental juara biasanya berasal dari induk yang juara/berprestasi juga. Dan yang terang bakalan merpati tinggian mental juara menyerupai itu dibandrol dengan harga yang tinggi. Terlebih berasal dari Induk yang sudah sering juara 1 di aneka macam arena lomba dan sudah populer dimana mana, punya nama dan sudah niscaya harganya pun akan melambung tinggi.

Bagi oara pecinta dara kolongan sejati yang mempunyai banyak modal lmaka untuk harga tak akan jadi masalah, akan tetapi bagaimana dengan penggemar burung kolongan yang bermodal kecil, terang akan kesulitan untuj menerima merpati tinggian yabg berkualitas baik. Nah oleh alasannya ialah itu ternakpertama.com akan menuliskan wacana cara menentukan merpati tinggian yang berkualitas bermental juara walaupun bergotong-royong bukan dari turunan merpati juara.

Cara menentukan merpati tinggian yang kami tulis diambil dari aneka macam sumber baik secara online maupun kami sanggup daru para penggemar burung merpati di aneka macam daerah, alasannya ialah pecinta burung merpati kolongan ketika ini sudah sangat banyak dan sering kali mengadakan lomba merpati tinggian maupun balap. Cara yang kami tukis ini lebih kepada evaluasi secara fisik dilihat sari bentuk keseluruhan tubuh merpati kolong tersebut. Kami akan menukiskan ciri ciri burung merpati kolong yang bermental juara mulai dari curi kepala hingga potongan kaki. Sebenarnya simpel, dari bentuk tubuh sudah sanggup diketahui kualitas burung dengan sifat dan karakter burung merpati kolong yang terbaik. Jika anda berhasil menemukan tubuh merpati kolongan sama dengan yang kami sebutkan dibawah dengan harga murah, artinya kitq sangat beruntung dan kemungkinan besar merpati tersebut berkualitas dan bakal calon juara. Namun bergotong-royong yang terpenting bagaimana cara kita merawatnya semoga kelak sanggup menjadi sang juara.

 Bagaimana cara menentukan dan mempunyai burung merpati tinggian yang berkualitas dan bermenta Cara Memilih Burung Merpati Tinggian Yang berkualitas
Merpati Tinggian

Ciri ciri fisik burung merpati tinggian yang berkualitas dan bermental juara

1. Mata

Pertama kita amati kondisi mata burung merpati tinggian terlebih dahulu. Perhatikan dengan seksama potongan pupil (bulat hitam ditengah). Burung merpati tinggian yang manis mempunyai Pupil sanggup merespon sinar matahari dengan cepat, mengecil ketika dihadapkan kearah matahari. Perhatikan dengan seksama bagiam pupil harus benar-benar mengecil , jangan hanya mengecil sedikit. Dan akan cepat kembali normal jikalau sudah tidak diarahkan lagi ke matahari. Paham kan? Jika anda tak menemukan ciri ciri pupil yang kami sebutkan diatas segera tinggalkan merpati yang pupilnya kurang baik.

Bukan itu saja, selain pupil cari juga yang mempunyai cincin lingkar menempel pada biji mata, bisanya berwarna hijau atau lainnya. Cari yang mempunyai 2 warna mata, warnanya sanggup kuning bau tanah ataupun kuning muda, merah muda dengan putih atau merah bau tanah dengan hijau bau tanah dll.

Kemudian anda cari juga mata merpati tinggian dengan warna tengah lebih karam dari warna luar. Sedikit tips untuk melihatnya tempatkan merpati kolongan tersebut pada area teduh atau  tak kena sinar matahari langsung. Sedangkan jikalau anda melihat pada lokasi terang yaitu kena sinar matahari pribadi maka kedua warna mata akan tergabung, terlihat menyerupai titik-titik warna menyatu.
Pada proses ini, anda harus sangat teliti dalam melihat mata merpati tinggian sebelum membeli alasannya ialah mata burung sangat menentukan pada ketika terbang tinggi.

2. Bentuk Kepala 

Setelah mata, kemudian cari merpati tinggian yang mempunyai kepala besar dengan batok kepala depan lebih tinggi dari kepala belakang. Pasti para pecinta dara kolongan disini beranggapan merpati berkepala besar lebih cendekia dari pada merpati berkepala kecil. Dengan anggapan otak lebih besar lebih baik dan lebih cendekia dari otak kecil.

Setelah itu pilihlah kemiringan pangkal hidung dengan atas batok kepala besar sudut 45 derajat hingga 60 derajat. Merpati kolongan yang berkualitas mempunyai bentuk kepala menyerupai ini cerdas dan manis pada ketika naik dan manis juga pada ketika turun. Pilih juga bentuk kepala dengan raut muka kelihatan galak menyerupai burung rajawali.

Lain halnya dengan kemiringan merpati dengan bentuk kepala 90 derajat, biasanya hanya manis di ketika turun saja.

3. Bulu

Kemudian selanjutnya kita lihat dan raba potongan bulunya, Bulu merpati kolongan yang sehat terlihat berkilauan ketika terkena sinar matahari langsung. Sedangkan Untuk bulu basah/kering rasanya tidak persoalan alasannya ialah kami pernah mempunyai merpati dengan bulu berair dan kering juga sering menjadi juara. Kemudian pada Ujung bulu/lar merpati tinggian berkualiatas biasanya membulat, bukan lancip-lancip. Kami lihat dari pengalaman, merpati tinggian yang mempunyai 4 lar terluar dengan selisih panjang mencolok dari lar lainnya mempunyai kestabilan ketika terbang tinggi.

4. Postur Tubuh

Merpati tinggian yang baik mempunyai postur tubuh “njantung” (berbentuk menyerupai jantung pisang) dan daging yang yummy dipegang/lentur semoga sanggup manuver sekali jadi dari ketinggian ketika digeber oleh betinanya. Biasanya merpati-merpati yang berani terjun dari ketinggian apabila dipegang akan terasa berat didepan.


5. Tulang Supit Udang

Setelah bulu, kita tinjau lagi dari sisi tulang supit udang, ternyata Kerangka tulang merpati tinggian yang kokoh sanggup rasakan dengan meraba dari tulang supitny. Saat ini sudah banyak merpati juara dengan stut keras dan tidak kapokan ditunjang oleh tulang supit yang keras,

Kemudian pilih yang dengan jarak supit udangnya 1 cm hingga 2 cm. Burung Merpati yang punyai jarak supit udang demikian akan mempunyai kecepatan ketika turun dengan stabil. Ingat jangan hingga anda pilih supit udang terlalu sempit atau malah rapat sekali. Jangan lupa pula pilih supit udang yang bengkok.

6. Bentuk Paruh

Pilih merpati tinggian yang mempunyai paruh panjang dari ujung hidung hingga ujung paruh sedikit lebih pendek dari jarak pangkal hidung ke batok kepala depan paling atas. Cari paruh berbentuk runcing pada ujung, tidak terlalu besar dan tidak terlalu panjang.


7. Hidung 

Hidung merpati yang baik niscaya besar, panjang, menggembung akan tetapu bukan turunan burung Merpati Pos.  Hidung merpati yang berbentuk sepert itu mempunyai warna kapur pekat, pangkal hidung potongan bawah menjorok kebelakang. Ciri burung tersebut merupakan salah satu jenis burng merpati unggul, meskipun masih ada juga ciri lain dari ini.

Bentuk hidung merpati yang manis memang besar, panjang, menempel ke paruh kalau Merpati Prambon. Hidung menyerupai ini kalau warna kapur pekat akan terlihat garis-garis samar sejajar warna merah pada seluruh hidung dan pangkal hidung bawah menjorok kebelakang.

Sedangkan untuk Bentuk hidung kecil, menggembung strain jawa, jawa sungut atau jawa deles. Hidung semacam ini mempunyai warna kapur pekat, pangkal hidung bawah menjorok kebelakang. Ini juga merupakan salah satu ciri merpati tinggian yang unggul.

8. Leher 

Setelah kita amati bentuk hidungnya, kemudian kita tinjau dari sisi leher. Pilihlah leher merpati yang kuat, ingat jangan pilih leher nerpati yang panjang, pilih panjang leher sedikit lebih pendek dari tulang dada. Atau anda juga sanggup menentukan leher yang kuat, tegak, kencang dan mendongak ke atas ketika merpati memperhatikan sesuatu.

9. Sayap 

Kemudian selanjutnya kita tinjau dari sisi sayap. Anda harus menentukan sayap merpati yang kuat serta elastis dan tidak kaku, sedangkan bentuk bolehlah bervariasi, tebal bulat, pendek berotot atau pipih lebar berotot.

Selain itu, Pilih juga bulu sayap yang tebal, kencang, tak bergelombang, lebar,  rapat jarak satu dengan yang lain dan ujung bulu runcing.

Kemudian pilihlah tulang bulu sayap yang besar, kuat dan elastis pada ujung bulu. Dan jangan lupa pilihlah sayap mengkongkong ketika dipegang. Jangan hingga anda menentukan sayap yang rapat ke badan.

10.  Dada 

Kemudian pada potongan dada anda harus mencari bentuk dada menyerupai abjad V jikalau dilihat dari sisi depan. Dengan bentuk dada menyerupai V biasanya merpati akan cepat turun dari segala arah. Ingat jangan hingga anda menentukan dada merpati tinggian yang mempunyai bentuk abjad O ataupub datar.
Kemudian Carilah tulang dada merpati tinggian yang sedikit lebih panjang dari telunjuk orang cukup umur atau paling tidak sama jangan pilih yang pendek.

Kemudian Besar kecil dan jarak pinggang merpati akan kuat pada kestabilan terbang. Pinggang jarak renggang dari tubuh juga akan mengakibatkan burung merpati ini tak mempunyai keseimbangan yang bagus. Pada ketika turun akan lambat atau turun akan berbelok separuh jalan atau tidak ada rem.

Untuk itu anda harus menentukan jarak pinggang dengan tubuh rapat, entah itu pinggang besar ataupun kecil. Burung merpati tinghian menyerupai ini akan turun dengan cepat.

12. Ekor 

Untuk potongan ekor, Carilah burung Merpati tinggian yang mempunyai bulu ekor rapat tebal dan panjang yang sesuai dengan pegangan dan kelenturan. Kemudian pada ketika pegang bulu ekor juga akan tampak menyatu, itulah ciri dari pinggang merpati kecil. Dengan kata lain burung merpati menyerupai ini juga mempunyai kecepatan turun dengan cepat.

Namun jikalau anda pegang bulu ekor melebar pada ujung tak mengumpul jadi satu, itu menunjukan bahwa burung merpati pinggang besar dan burung menyerupai ini turun dengan genjotan.

13. Kaki 

Pada potongan kaki, anda harus menentukan kaki yang kering mbesik dan panjang. Berdasarkan pengalaman, tanda kaki merpati yang manis kalau dipegang kakinya akan mendorong ke belakang dan sejajar dengan ekor.

14. Mental

Yang terpenting dalam menentukan merpati tinggian yang berkualitas ialah dengan melihat mental tarungnya. Yang sudah kami jabarkan diatas kita tinjau dari sisi anatomi. Hal tersebut tak akan bekerja dengan maksimal tanpa didukung oleh kualitas mental yang baik. Karena fakta dilapangan banyak bercerita bahwa banyak merpati yang dalam kondisi sehat, giring maksimal, bentuk bodi baik dan daging lentur, mata manis dan sebagainya, akan tetapi tak berani bermanuver dari ketinggian. Kami berkesimpulan bahwa penyebabnya ialah mental tarungnya yang kurang baik. Burung Merpati tinggian dengan mental tarung yang baik sebagian besar sudah berada ditangan peternak untuk dibudi-dayakan untuk dilestarikan keturunannya.

15. Pantau Langsung

Jika anda akan membeli burung merpati tinggian alangkah baiknya jikalau dipantau atau dilihat secara pribadi dari bentuk fisiknya. Karean didalam menentukan merpati tinggian terlebih untuk bermain kolongan tinggian, selalu prioritaskan untuk menentukan merpati yang stabil. Percuma menentukan merpati yang mempunyai stut keras tapi tak stabil, merpati tersebut akan menjadi bulan-bulanan pada ketika lomba.

Memiliki burung merpati tinggian dengan kualitas istimewa yang bermental juara terkadang membutuhkan pengalaman yang panjang dan biaya yang cukup banyak.

Demikian info mengenai bagaimana cara menentukan burung merpati tinggian yang berkualitas dan bermental juara yang sanggup kami sampaikan. Praktis gampang nermanfaat bagi kita semua..salam peternak indonesia.

0 Response to "Cara Menentukan Burung Merpati Tinggian Yang Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel