Cara Beternak Sugar Glider Yang Lengkap Untuk Pemula

Cara beternak sugar glider- Dalam dunia persugar glideran ada yang namanya breeding. Apa itu? Breeding ialah sebuah proses yang diawali dengan menentukan indukan berkualitas untuk dikawinkan biar melahirkan keturunan yang baik, atau dalam kata lain menternakkan dan membiakan seekor hewan.

Kebanyakan penghobi sugar glider niscaya mempunyai impian untuk ternak dan mengawinkan sugar glidernya. Apalagi hari ini minat masyarakat terhadap binatang pengerat yang satu ini semakin meningkat sehingga dorongan untuk beternak sugar glider pun semakin tinggi.

Meskipun ada juga yang membiakan sugar glider bukan untuk perjuangan atau bisnis namun hanya sebagai kesenangan dan pengalaman. Tapi sahabat perlu tahu bahwa beternak sugar glider itu tidak semudah yang kita bayangkan, pasalnya banyak dari mereka yang gagal dan tidak menghasilkan apa-apa. Intinya ada saja masalah-masalah di tengah-tengah proses breeding, contohnya anaknya mati alasannya ialah keguguran atau mati alasannya ialah anaknya dimakan indukannya.

Apa Keuntungan Beternak Sugar Glider?


Berbisnis dari sebuah hobi memang menyenangkan, alasannya ialah menjalaninya dengan penuh cinta. Namun yang jadi pertanyaan, "Apakah kita sanggup sukses dan menerima uang banyak hanya dengan beternak sugar glider?" Saya rasa tidak, kecuali sahabat mempunyai banyak modal dan membeli 8 pasang (8 pasang = 16 sugar glider) untuk diternakkan. Bahkan itu pun belum cukup kalau sahabat tidak mempunyai banyak waktu.

Makara pada dasarnya untuk sukses di dunia sugar glider Anda perlu banyak modal dan banyak waktu. Kalau kalian gres mempunyai 1-2 pasang saja mending diniatkan untuk kesenangan dan kepuasan dahulu, jangan jauh-jauh memikirkan uang. Malah nanti sanggup tidak fokus dan kesannya gagal terus stres.

So kerjakanlah dengan kesabaran dan kasih sayang. Toh' beternak sugar glider juga tidak membutuhkan kawasan luas. Merawatnya pun tidak serumit memelihara anjing persia. Baca saja artikel ini, cara merawat sugar glider biar sehat.

Cara Beternak Sugar Glider Lengkap


 Dalam dunia persugar glideran ada yang namanya  Cara Beternak Sugar Glider yang Lengkap untuk Pemula

Baiklah saatnya Harga Diri membahas bagaimana tips ternak sugar glider yang baik dan benar. Tapi sebelumnya pastikan kalian mempunyai modal minimal 1-2 juta untuk membeli kebutuhannya, menyerupai kandang, pouch, batok dan pasangan sugar glider:

1. Menyediakan Kandang Sugar Glider


 Dalam dunia persugar glideran ada yang namanya  Cara Beternak Sugar Glider yang Lengkap untuk Pemula

Sebelum sahabat membeli dan menernakkan sugar glider, disarankan biar menyediakan sangkar yang layak. Sesuaikan dengan jumlah pasangan yang ingin anda kawinkan. Misalnya kalian ingin beternak 5 pasang sugar glider, maka kalian juga harus menyediakan 5 kandang, supaya tidak rame.

Kandang sugar glider sanggup berupa plastik, atau yang lainnya. Untuk harganya berkisar Rp. 180.000 hingga Rp. 200.000. (belum termasuk aksesoris pouch, batok dan lain-lain) Jika sudah dihuni pasangan SG, kalian wajib merawat kebersihan kandangnya, supaya tidak tumbuh penyakit kuman yang sanggup membuatnya mati. Baca: jenis penyakit sugar glider dan cara mengobatinya

2. Mengenal Lebih Dalam Tentang Sugar Glider


 Dalam dunia persugar glideran ada yang namanya  Cara Beternak Sugar Glider yang Lengkap untuk Pemula
Gambar sugar glider by grup facebook

Dalam pribahasa mengatakan, "jika lapar, maka makanlah" #eh bukan itu maksudnya, tapi "Tak kenal maka tak sayang dan kesannya tak tahu". Ketahuilah, di dunia sugar glider itu banyak istilah-istilah yang harus kalian tahu. Misalnya, joey, oop, crabbing dan lain-lain. Makara kalian harus banyak membaca dan mencari tahu, aku sarankan untuk membaca: "Mengenal Sugar Glider dan Fakta-Faktanya".

3. Membeli Indukan Berkualitas


 Dalam dunia persugar glideran ada yang namanya  Cara Beternak Sugar Glider yang Lengkap untuk Pemula

Belilah sepasang atau 10 pasang indukan berkualitas, baik yang jantan maupun betinanya [baca: cara membedakan sugar glider jantan dan betina].

Jangan cari SG yang sakit, cacat atau belum saatnya dikawinkan. Usia sugar glider yang siap kawin/matang ialah 7-12 bulan. Berapa harga sugar glider? Untuk satu sugar glider seharga Rp.400.000-450.000 sehingga kalau kalian beli sepasang sanggup Rp.800.000-900.000.

Baca: Tips Sebelum Membeli SG

4. Memberikan Makanan Sugar Glider yang Menyehatkan


Langkah yang keempat dalam beternak sugar glider ialah menawarkan makan pada induknya. SG merupakan binatang nokturnal omnivora (pemakan segalanya). Meskipun biasanya dikasih bubur bayi tapi lebih baik lagi kalau diberi makan buah atau serangga. Untuk lengkapnya baca: daftar masakan sugar glider yang menyehatkan

5. Mengawinkan Sugar Glider


 Dalam dunia persugar glideran ada yang namanya  Cara Beternak Sugar Glider yang Lengkap untuk Pemula

Poin ini merupakan poin yang paling krusial dalam beternak binatang sugar glider. Dan cara mengawinkan sugar glider sangat panjang sehingga kami pun memisahkannya di artikel khusus yang berjudul: [Cara Mengawinkan Sugar Glider yang Baik dan Benar]

6. Ciri-Ciri Sugar Glider Hamil


Ciri-ciri sugar glider yang hamil tidak terlihat, alasannya ialah bayinya sangat kecil. Namun umumnya SG betina akan hamil sesudah dikawinkan di dalam sangkar 1-2 pekan/minggu. So perhatikan baik-baik apakah di dalam kantongnya ada anaknya atau tidak. Berdasarkan pengalaman, si induk akan menjilati kantongnya kalau di dalamnya ada bayi.

Mungkin cukup itu saja pembahasan lengkap terkait cara ternak sugar glider bagi pemula. Yang terperinci sesudah sugar glider lahir sahabat tinggal merawat joey (anakan)nya dengan baik. Jika sudah sanggup makan sendiri sanggup eksklusif dijual. Silahkan gabung ke grup-grup komunitas sugar glider Indonesia. :) Sekian terimakasih

0 Response to "Cara Beternak Sugar Glider Yang Lengkap Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel