4 Perbedaan Ikan Mas Jantan Dan Betina Paling Mencolok

Perbedaan ikan mas jantan dan betina- Salah satu langkah budidaya ikan mas yaitu mencari indukan jantan dan betina yang berkualitas. Dan tentu kalian mustahil dapat menentukan apabila tidak mengetahui perbedaan ikan mas jantan dan betina.

Untuk membedakan antara ikan mas jantan dan betina sangatlah mudah. Tidak menyerupai membedakan ikan diskus betina dan jantan yang tergolong sangat sulit apalagi ketika masih kecil. Lalu bagaimana caranya?

Perbedaan Ikan Mas Jantan dan Betina


Setidaknya ada 4 perbedaan yang ada pada ikan mas jantan dengan betina. Keempat perbedaan tersebut sudah termasuk perbedaan huruf dan ciri ciri fisik. Apa saja bedanya?


1. Ukuran Tubuh Ikan Mas Jantan dan Betina


 yaitu mencari indukan jantan dan betina yang berkualitas 4 Perbedaan Ikan Mas Jantan dan Betina Paling Mencolok

Pertama dari segi ukuran fisik ikan mas. Dimana ikan mas betina bentuk tubuhnya lebih besar dibandingkan ikan mas jantan. Apalagi kalau beliau sudah siap dipijahkan atau dikawinkan. Biasanya yang betina tubuhnya semakin besar dan perutnya semakin membulat.

Sedangkan ikan mas jantan tubuhnya lebih ramping dan pergerakannya pun lebih cepat. Hal itu disebabkan lantaran mas jantan memproduksi cairan seperma tiap hari. Biar lebih jelasnya silahkan lihat gambar diatas.

2. Cairan Ikan Mas Jantan Sama Betina Berbeda


Untuk mengetahui cairan sperma dari dalam tubunnya, kalian harus memijat perut atas, kemudian urut ke bawah menuju alat kelaminnya. Sehingga nanti akan keluar cairan dari dalam perutnya. Nah kalau yang keluar yaitu cairan berwarna kuning berarti ikan mas tersebut berjenis kelamin betina, namun kalau yang keluar berwarna putih atau sperma berarti ikan tersebut berjenis jantan.

Memang cara yang kedua ini agak extreme alias kasar, tapi bagi kami cara ini yaitu cara terbaik untuk membedakan mana ikan mas yang jantan dan mana yang betina. Usahakan kalian menentukan ikan yang sudah berumur dewasa, jangan yang masih kecil lantaran alat reproduksinya belum matang.

3. Perbedaan Karakter Ikan Mas Jantan dan Betina


 yaitu mencari indukan jantan dan betina yang berkualitas 4 Perbedaan Ikan Mas Jantan dan Betina Paling Mencolok
Gambar Ikan Mas Jantan

Ikan mas jantan mempunyai huruf yang ditandai adanya bintik bintik putih kecil di pelindung insang. Kemudian lubang duburnya sempit serta tubuhnya lebih ramping. Sedangkan ikan mas betina tubuhnya lingkaran atau sedikit gemuk serta lubang duburnya lebih lingkaran daripada ikan mas jantan.

Ikan mas betina mempunyai pergerakan yang lambat sedangkan ikan mas jantan beliau sangat berangasan dan lincah.

4. Pembukaan Anal Dubur


Perbedaan yang terakhir yaitu dari segi bentuk anal duburnya. Untuk melihatnya kalian tidak perlu ngintip ngintip dari bawah haha. Cukup amati ketika sedang masa pemijahan. Sebab biasanya selama masa pemijahan, ikan mas mengalami pembukaan anal dubur.

Dan pembukaan dubur ikan mas jantan terlihat sempit dan ikan mas betina terlihat besar dan bisul mengambarkan sel telur mulai matang.

Nah itulah keempat perbedaan antara ikan mas jantan dan ikan mas betina yang paling menonjol. Semoga goresan pena ini bermanfaat buat teman-teman yang ingin beternak ikan mas di bak terpal, bak tanah atau bak beton. Baca juga: cara budidaya ikan mas lengkap khusus pemula

0 Response to "4 Perbedaan Ikan Mas Jantan Dan Betina Paling Mencolok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel