Cara Menentukan Ikan Cupang Aduan Yang Anggun Dan Berkualitas

Panduan memilih ikan cupang aduan yang bagus bersama-sama sudah pernah disinggung pada artikel, standar cupang aduan yang berkualitas. Namun lantaran masih banyak yang bertanya, Bagaimana min caranya membeli cupang aduan yang bagus? Makara akan kami ulas kembali supaya teman-teman Harga Diri tidak kebingungan dan bertanya-tanya lagi.

 bersama-sama sudah pernah disinggung pada artikel Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus dan Berkualitas

Cupang merupakan ikan hias air tawar yang sangat terkenal dan fenomenal. Karena selain dijadikan hiasan di rumah beliau juga dapat dijadikan sebagai gladiator petarung di sebuah kontes. Maka tak heran kalau hari ini penghobi cupang terbagi menjadi dua aliran. Aliran pencinta cupang hias dan cupang adu.

Kalau admin, netral aja lah hehe. Tapi yang terang bagi kalian (para pemula) yang ingin membeli ikan cupang, entah itu hias atau aduan, hendaknya menentukan ikan yang elok dan mempunyai mental juara.

Seperti apa ciri-ciri ikan cupang aduan yang bagus?

Menurut para master kalau ingin membeli ikan cupang berkelahi yang bagus itu harus mempunyai abjad dan ciri-ciri fisik berikut ini:

1. Ikan Cupang Aduan Memiliki Gigi Tajam Bagaikan Pedang


Bekal utama sebelum berperan yaitu senjata. Jika senjatanya baik maka akhirnya akan maksimal, begitu juga dengan dunia percupangan. Gigi merupakan senjata utama dalam peperangan antar ikan cupang, apabila giginya tajam, maka ia dapat merobek-robek lawannya hingga KO.

Trik mengetahui apakah giginya tajam atau tidak sangatlah mudah. Anda hanya perlu memasukkan cupang aduan ke dalam plastik putih (plastik gula) yang berisi air, kemudian pancing cupang aduan tersebut dengan mendekatkan plastiknya ke cupang lainnya. Sehingga nanti beliau akan menabrak plastiknya. Coba perhatikan gambar cupang di bawah ini:

 bersama-sama sudah pernah disinggung pada artikel Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus dan Berkualitas

Nah, kalau dilihat tabrakannya pelan atau tidak keras namun sudah menciptakan plastik tersebut bocor, berarti giginya elok dan tajam. Dan sebaliknya, kalau tabrakannya dirasa sudah besar lengan berkuasa tapi malah belum bocor juga, berarti giginya kurang tajam. Simpel kan??

2. Tubuh si Ikan Cupang Harus Kuat


Cara menentukan cupang aduan yang elok berikutnya ialah dengan melihat badannya. Apakah beliau kekar atau kegemukan?

Badan ikan yang elok itu mempunyai bentuk full pressed body, alias ramping dan di ujung ekornya biasanya ada cekungan halus dari mulai ujung tubuh hingga samping perut. Kalau kedua tanda di atas ada di tubuh cupang yang hendak anda beli, berarti beliau jenis cupang aduan yang bagus.

Karena tubuh ibarat itu biasanya lebih agresif, jago, super, mantap dan warbiasyah pokoknya.

3. Memiliki Mental Juara


Siapa saja yang mengikuti perlombaan, niscaya beliau harus mempunyai mental pemenang alias juara. Makara pilihlah ikan cupang yang bermental juara, kalau tidak maka beliau bukan cupang berkelahi tapi cupang hias.

Cupang yang bermental petarung biasanya dikala melihat musuh, beliau pribadi berbagi siripnya secara penuh sambil menunjukkan kejantanannya.

4. Memilih Cupang Aduan yang Bersisik Tebal


 bersama-sama sudah pernah disinggung pada artikel Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus dan Berkualitas

Gigi tajam, bernafsu dan bentuk tubuh elok tapi beliau tidak mempunyai sisik yang tebal, maka aku katakan itu akan sia-sia. Loh mengapa?

Karena sisik berfungsi sebagai perisai untuk melindungi diri dari gigitan musuh. Sehingga cupang yang bergigi tajam dan bersisik tebal bagaikan tentara bersenjata lengkap yang berada di balik benteng yang kuat. Nah, niscaya akan sulit dikalahkan.

Sisik yang besar lengan berkuasa dan tebal ditandai dengan meratanya sisik di seluruh bab tubuh dan rapatnya jarak antar sisik satu dengan yang lain, serta ukurannya tidak terlalu besar alias kecil tapi rapih.

5. Sirip Cupang Harus Rapat


Tips membeli ikan cupang aduan berkualitas yang terakhir yaitu siripnya harus rapat. Jika siripnya rapat dan halus berarti beliau sehat, alasannya yaitu kalau renggang dan besar akan rawan terkena penyakit jamur.

Baiklah itu saja, pembahasan kependekan mengenai cara menentukan ikan cupang jenis aduan yang elok dan berkualitas. Jangan lupa untuk diamalkan biar dapat mendapat yang terbaik.

0 Response to "Cara Menentukan Ikan Cupang Aduan Yang Anggun Dan Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel