11 Penyebab Dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Kucing tidak mau makanSalah satu jenis problem yang sering ditanyakan oleh para pecinta kucing baik di grup-grup facebook maupun di kawasan lain ialah wacana kondisi kucing yang lemas akhir tidak nafsu makan.

Sehingga mereka khawatir dan cemas terhadap kondisi kucingnya. Jika terus-terusan menolak makan, sanggup bisa si kucing sakit dan lemas. Meskipun sebetulnya kita sendiri sudah menawarkan masakan kesukaannya yang bergizi dan bernutrisi tinggi.

Namun, kenapa kucing masih tetap tidak mau makan dan minum? Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya semoga kucing mau makan?

Baiklah di sini Harga Diri akan membantu mengatasi problem anda tersebut dengan menuliskan beberapa penyebab kucing tidak mau makan. Disertai bagaimana cara menanganinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan


Salah satu jenis problem yang sering ditanyakan oleh para pecinta kucing baik di grup 11 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Memang sedikit rumit untuk mengetahui penyebab kucing tidak mau makan. Karena kucing sendiri ialah binatang yang tidak sanggup berbicara layaknya manusia. Tapi, berdasarkan penelitian, kucing yang tidak doyan makan sanggup disebabkan oleh beberapa faktor genetik, kesehatan dan contoh makan.

Dan kita sebagai ownernya, dihentikan menyepelekan problem ini. Sebab apabila dibiarkan akan berujung pada kematian. Dia akan kekurangan energi, gizi dan nutrisi, pada kesannya si kucing akan sakit dan meninggal dunia. Apalagi buat kucing ras Persia yang rentan sekali dengan sakit. Harus lebih waspada.

Berikut lantaran sebab kucing tidak mau makan secara detail.

1. Akibat Faktor Makanan


Salah satu jenis problem yang sering ditanyakan oleh para pecinta kucing baik di grup 11 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Penyebab utama kucing tidak mau makan yang sering terjadi ialah faktor masakan yang tidak bervariasi. Sehingga menciptakan si kucing bosan dan nafsu makannya menurun. Jika nafsu makannya menurun maka nafsu minumnya juga menurun.

Maka solusinya ialah mengganti pakan si kucing dengan yang lain, usahakan makanannya dikombinasikan dengan banyak sekali jenis. Jangan hanya memberi masakan kering terus atau sebaliknya. Anda sanggup membeli pakan kucing di petshop. Di sana banyak variasi masakan yang sanggup anda pilih untuk kucing kesayangan.

Untuk gizinya silahkan diubahsuaikan dengan kebutuhan kucing. Bila kucingnya masih kecil maka sebaiknya membeli pakan kucing yang mengandung protein tinggi semoga pertumbuhan anakan kucing bagus.

Karena biasanya pabrik-pabrik masakan binatang sudah menyesuaikan kandungan gizi berdasarkan kondisi kucing. Untuk kucing hamil ada sendiri, untuk kucing menyusui juga ada sendiri. Baca: Daftar Makanan dan Minuman Sehat Kucing Kampung

2. Karena Cuaca Sehingga Kucing Tidak Mau Makan


Salah satu jenis problem yang sering ditanyakan oleh para pecinta kucing baik di grup 11 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Cuaca yang masbodoh menciptakan kucing lebih suka tidur dan mojok untuk menerima kehangatan, sehingga malas untuk bangkit mendekati makanannya. Apalagi kucing juga aktif di siang hari.

Untuk mengatasinya kalian cukup menyediakan kawasan yang nyaman bila hujan turun di siang hari. Supaya ia nyaman dikala menyantap masakan tanpa takut kedinginan.

3. Gangguan Pencernaan


Kadang kucing yang tidak mau makan sanggup disebabkan lantaran ia sedang mengalami gangguan pada penceranaannya. Indikasinya ialah kucing mengalami muntah dan terlihat lesu.

Apabila cairan yang dimuntahkan berwarna kuning maka menandakan ia terkena penyakit hati, bila cairan yang dikeluarkan berwarna merah darah menandakan terkena penyakit usus dan apabila berwarna hijau renta menandakan terkena penyakit pada pankreas.

Untuk problem ini baiknya kalian merujuk ke dokter hewan.  Biar dokter binatang sanggup pribadi mengecek dan mengobatinya.

4. Penyakit Mulut


Salah satu jenis problem yang sering ditanyakan oleh para pecinta kucing baik di grup 11 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Sama menyerupai insan dikala mulutnya bermasalah menyerupai sariawan. Ketika kucing terkena penyakit mulut, nafsu makannya akan menurun. Cara mengatasinya bawa ke dokter untuk menerima pengobatan dan supaya si kucing kembali doyan makan.

Baca juga: Cara Mengobati Penyakit Mulut Kucing Berlendir dan Bau

5. Anemia


Anemia merupakan penyakit yang sering terjadi pada semua makhluk hidup termasuk manusia. Anemia ialah kekurangan sel darah marah, biasanya kucing yang sedang menderita anemia ia cenderung suka tidur dan malas makan.

Nah, bila kucing teman terjangkit penyakit ini, solusinya ialah memaksanya untuk makan. Dengan catatan pakan yang diberikan mengandung nutrisi penambah darah supaya anemianya sembuh. Kalau upaya tersebut sudah dilakukan namun si kucing tetap saja tidak mau makan dan malah semakin rajin tidur, sebaiknya bawa ke dokter.

6. Menelan Bulu


Seperti yang sering kita lihat, kucing sangat suka sekali menjilati tubuhnya. Dari situlah sering terjadi bulu rontok dan kesannya tertelan. Bulu yang tertelan menjadikan terjadinya penyumbatan pada tenggorokan. Hal itu menciptakan kucing tidak nyaman menelan makanan, hingga kesannya si kucing malas makan.

Cara mengatasinya ialah anda harus rajin memandikan dan menjaga bulu kucing semoga tidak gampang rontok dengan memakai shampo khusus kucing.

7. Tidak Mau Makan Akibat Stres


Stres pada kucing disebabkan 2 faktor yaitu tekanan dan lingkungan. Apabila kucing tersebut gres saja anda adopsi biasanya sulit untuk makan. Sebab ia sedang dalam proses mengikuti keadaan pada lingkungan barunya, jadi tunggulah hingga ia terbiasa.

Salah satu jenis problem yang sering ditanyakan oleh para pecinta kucing baik di grup 11 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Adapun faktor tekanan ialah kucing tidak pernah diajak bermain, jarang dibebaskan alias dikekang terus dalam kandang. Bila ingin kucing kesayangan anda nafsu makan sebaiknya beri ia waktu untuk bermain dan berjalan jalan di luar rumah semoga tidak stres. Lebih lengkapnya baca: Cara Praktis Membuat Kucing Senang dan Bahagia

8. Kucing Anda Keracunan


Kucing keracunan sering terjadi pada kucing kampung. Mengapa sanggup keracunan? Sebab utama ialah lantaran Anda menelantarkannya. Saat anda kurang memberi makan kucing, maka beliau akan kelaparan dan kesannya ia mencari cari pakan pelengkap di alam bebas atau di kawasan kotor menyerupai kandang.

Kaprikornus apa saja sanggup dimakan. Si kucing mustahil tahu apakah itu masakan sehat atau tidak. Keracunan ditandai muntah muntah, lemas dan tidak mau makan. So, teman harus menambah porsi makan si kucing semoga ia tidak sembarangan makan.

9. Kucing Sedang Hamil


Salah satu jenis problem yang sering ditanyakan oleh para pecinta kucing baik di grup 11 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Kucing yang sedang hamil muda akan sering muntah muntah, pengaruh meningkatnya hormon estrogen alias asam lambung naik. Dalam kondisi ingin kucing tidak nyaman untuk menelan makanan. Sobat juga harus baik dalam merawat kucing hamil.

Namun berbeda dengan kucing yang sudah hamil tua. Biasanya beliau malah nafsu makannya meningkat lantaran janin yang dikandungnya semakin besar, sehingga butuh asupan makan lebih banyak dari biasanya.

10. Sakit Demam


Demam bukan hanya menyerang manusia. Tapi juga pada kucing. Gejala demam biasanya nafsu makan berkurang, lesu kurang aktif dan sering tidur tiduran. Jika memang penyeba kucing tidak mau makan lantaran demam, sebaiknya diberi vitamin dan obat nafsu makan.

Baca juga: Cara Mengatasi Kucing Sakit Tidak Mau Makan

11. Faktor Genetik


Salah satu jenis problem yang sering ditanyakan oleh para pecinta kucing baik di grup 11 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Penyebab yang terakhir ialah faktor genetik. Faktor genetik inilah yang paling sulit menerima penanganan. Karena memang sudah bawaan dari induknya. Kaprikornus teman hanya perlu memperhatikan jadwal kapan beliau nafsu makan.

Itulah penyebab penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya. Semoga sanggup anda pelajari di rumah dengan memperhatikan keadaan kucing anda. Baiklah itu saja dari kami, semoga artikel ini cukup membantu mengatasi problem anda. Sekian, terimakasih.

0 Response to "11 Penyebab Dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel