Cara Memandikan Anak Kucing Dengan Benar Untuk Pemula

Cara memandikan anak kucing- Hai cat lovers, apa kabar semuanya? Di sini Harga Diri kembali lagi hadir untuk anda dalam rangka membahas persoalan perawatan anak kucing. Atau lebih tepatnya yakni persoalan memandikan bayi kucing yang baik dan benar.

Sebenarnya persoalan memandikan anak kucing masih menjadi perdebatan. "Apakah boleh atau tidak".

Sebagian orang menyampaikan dilarang memandikan anak kucing dengan alasan apapun. Karena anak kucing yang gres lahir atau masih sangat kecil tidak mempunyai sistem kekebalan badan yang kuat, gampang terpengaruh oleh suhu. Sehingga beliau sanggup terkena penyakit berbahaya.

Tapi tidak sedikit pula yang beranggapan boleh memandikan anak kucing, asalkan memperhatikan syarat syarat tertentu. Misalnya, harus sudah waktunya, suhu air yang pas dan masih banyak lagi.

Kami sendiri condong pada pendapat kedua. Meskipun gotong royong anak kucing sudah dimandikan oleh induknya dengan cara dijilatin (grooming), tapi tetap saja si kitty butuh perawatan tambahan. Apalagi bila induknya tidak ada. Harus lebih disiplin dalam membersihkannya.

Alasan lain mengapa anak kucing harus dimandikan yakni lantaran biasanya beliau lebih suka bermain di luar rumah. Akibatnya bulunya terlihat kotor dan kumal. Oleh lantaran itu semoga terhindar dari basil berbahaya, kita harus memandikan anak kucing. Lalu bagaimana caranya? Kapan anak kucing boleh dimandikan?

Cara Memandikan Anak Kucing


com kembali lagi hadir untuk anda dalam rangka membahas persoalan perawatan anak kucing Cara Memandikan Anak Kucing Dengan Benar Untuk Pemula

Untuk memandikan anak kucing dengan benar, kalian harus baca ketentuan dan tutorial di bawah ini.

1. Perhatikan Usia Anak Kucing


Sebelum Anda memandikan anak kucing sebaiknya melihat dulu usianya. Untuk kucing yang gres lahir masih merem sebaiknya jangan dimandikan, lantaran daya tahan tubuhnya masih sangat lemah. Bila ada induknya maka yang akan melaksanakan perawatan terhadap bayi kucing tersebut yakni induknya sendiri. Terus umur berapa kita boleh memandikan kucing?

Menurut dokter hewan, usia 2-3 bulan sudah sanggup dimandikan. Tapi ada juga yang mengharuskan usia 3 bulan gres boleh dimandikan. Keduanya benar kok, pada dasarnya sahabat perhatikan daya tahan tubuhnya. Bila beliau terlihat masih sangat lemah, sebaiknya jangan dimandikan di usia 2 bulan. Namun bila 2 bulan sudah terlihat kuat, silahkan.

Baca: Umur Anak Kucing Boleh Dimandikan Menurut Para Ahli

com kembali lagi hadir untuk anda dalam rangka membahas persoalan perawatan anak kucing Cara Memandikan Anak Kucing Dengan Benar Untuk Pemula

Di samping itu, faktor jenis juga menentukan. Jenis kucing kampung dengan kucing ras menyerupai persia atau anggora tidaklah sama. Tapi secara umum di usia 3 bulan sudah boleh.

Baca: Cara Memandikan Kucing Persia yang Baik dan Benar

2. Mencari Waktu Yang Tepat


Tidak hanya kucing, hampir semua binatang kalau dimandikan niscaya meronta. Begitu juga anak kucing ketika dimandikan pertama kali, beliau akan meronta bahkan sanggup jadi menggigit anda. Oleh lantaran itu carilah waktu yang sempurna untuk memandikannya.

Misalnya mandikan anak kucing sehabis bermain bersama anda, sehabis makan dan sebagainya. Kaprikornus alangkah baiknya memandikan anak kucing pada ketika si kucing sedang happy.

Selain itu, mandikan ketika jam 11.00 pagi atau 4 sore. Sebab di jam tersebut suhu udara tidak terlalu dingin. Intinya terlalu pagi tidak baik dan terlalu sore juga tidak baik.

3. Menyisir Bulu Sebelum Dimandikan


Biasanya sehabis bermain, bulu anak kucing kotor, kumal dan kusut. Maka sebelum memandikanya sebaiknya sisir terlebih dahulu bulunya, supaya ketika dimandikan kusutnya tidak semakin parah. Bila kucing anda meronta ketika disisiri, bersabarlah dan biarkan beliau menenangkan hati hingga rileks gres sehabis itu sisirlah bulunya pelan pelan.

4. Memotong Kuku


Untuk menghindari cakaran anak kucing ketika dimandikan, disarankan semoga kalian memotong kukunya yang tajam. Tapi, sahabat harus tau teknik memotong kukunya. Jangan hingga salah, lantaran sanggup berakibat fatal. Untuk mengetahui tipsnya, baca saja artikel kami berjudul, [Tips Memotong Kuku Kucing Paling Aman Bagi Pemula]

5. Membersihkan Mata, Telinga, Kuku Dan Hidung


com kembali lagi hadir untuk anda dalam rangka membahas persoalan perawatan anak kucing Cara Memandikan Anak Kucing Dengan Benar Untuk Pemula

Belum kalian memandikan kucing terlebih dahulu bersihkan anggota badan kucing yang sulit dijangkau. Misalnya daun telinga, hidung dan mata. Untuk mata sanggup anda bersihkan menggunakan kain yang dibasahi dengan air hangat, begitu juga dengan hidungnya. Sedangkan untuk telinga, anda sanggup menggunakan cutton bud yang dibasahi air hangat juga. Adapun kukunya sanggup menggunakan sikat gigi yang kecil.

6. Siapkan Air yang Hangat dan Ruangan yang Hangat


Sejatinya anak kucing itu sangat membenci air lantaran air mempunyai suhu yang dingin. Makanya kalian harus merebus air nya terlebih dahulu supaya menjadi hangat. Pastikan juga ruangan yang anda pakai bersuhu tidak dingin.

7. Siapkan Alat Mandi


com kembali lagi hadir untuk anda dalam rangka membahas persoalan perawatan anak kucing Cara Memandikan Anak Kucing Dengan Benar Untuk Pemula

Sambil merebus air, anda sanggup menyiapkan alat alat mandinya, apa saja alat mandi kucing kecil:
  • Handuk lembut
  • Shampo kucing
  • Bak mandi
  • Sisir
Untuk sampo usahakan jangan menggunakan shampo insan ya sob, lantaran sanggup merusak bulunya dan mengakibatkan ruam.

8. Tuangkan Air Hangat Setinggi Kaki


Setelah air matang, tuangkan pada kolam mandi anak kucing kemudian ditambahi air dingin. Buatlah air nya menjadi hangat, tidak terlalu hirau taacuh dan juga tidak panas. Hal ini supaya anak kucing tidak kaget dan tidak stress berat ketika mandi. Untuk dosis airnya dikira kira, sanggup setinggi kaki kucing.

9. Mandikan Kucing


com kembali lagi hadir untuk anda dalam rangka membahas persoalan perawatan anak kucing Cara Memandikan Anak Kucing Dengan Benar Untuk Pemula

Inilah point paling penting dalam memandikan anak kucing yang baik dan benar. Jika air sudah siap, sekarang saatnya memasukkan anak kucing dalam kolam tersebut, basuhlah tubuhnya dengan air secara perlahan lahan. Jangan mengguyurnya dengan gayung, lantaran khawatir airnya masuk ke hidung dan telinga. Basuhlah menggunakan tangan, menyerupai memandikan bayi manusia.

10. Beri Shampo Khusus Kucing


Bila dirasa badan anak kucing sudah basah, selanjutnya tuang shampo khusus kucing pada bulunya, usap perlahan lahan hingga higienis kemudian dibilas dengan air hangat hingga benar benar bersih. Shampo khusus kucing sanggup anda beli di toko binatang terdekat atau di toko online.

11. Mengeringkan Tubuh Anak Kucing.


com kembali lagi hadir untuk anda dalam rangka membahas persoalan perawatan anak kucing Cara Memandikan Anak Kucing Dengan Benar Untuk Pemula

Langkah terakhir dalam memandikan kucing kecil yakni mengeringkan tubuhnya dengan handuk. Usap bulunya pelan pelan menggunakan handuk kucing. Kemudian sisir bulunya lagi pelan pelan. Selesai deh, kucing sudah amis dan siap diajak tidur bersama. Sebagai tambahan, anda sanggup memberinya bedak supaya lebih amis lagi. Untuk persoalan makeup anak kucing itu tergantung selera anda sendiri ya sob.

Bagaimana? Mudahkan?  Anda tak perlu lagi takut dan risau ketika memandikannya. Buatlah suasana hati anda rileks dan santai ketika memandikannya.

Baca juga: 7 Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Tanpa Induk

Baiklah itu saja tutorial kami ihwal cara memandikan anak kucing, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda semua. Berikan artikel ini kepada sesama pecinta kucing di Indonesia.

0 Response to "Cara Memandikan Anak Kucing Dengan Benar Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel