Obat Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Ayam


Tenak Pertama. Obat Herbal Untuk Ayam - Semakin diketahuinya imbas negatif pemakaian obat kimia/antibiotika remaja ini menciptakan masyarakat sekarang mulai beralih pada penggunaan obat-obatan herbal tradisional untuk mencegah atau mengobati penyakitnya. Penggunaan herbal tradisional untuk keperluaan penyembuhan penyakit, sudah begitu familiar. Terutama untuk proses penyembuhan penyakit manusia, alasannya begitu bermacam-macam penyakit modern yang sulit di atasi, dengan penangganan keilmuan kedokteran.

Pemanfaatan herbal untuk keperluan penyembuhan penyakit ayam, ketika ini semakin banyak dipakai bahkan akademi tinggi mulai banyak melaksanakan penelitian penggunaan herbal untuk di aplikasikan pada ayam dan ternak lainnya. Hasilnya pun, bermacam-macam namun kebanyakan menandakan bahwa pertolongan herbal bisa meningkatkan performa ayam.

Berikut ini akan di uraikan banyak sekali herbal yang sanggup dipakai untuk ayam, terutama untuk pencegahan penyakit. Sedangkan untuk pengobatan, penggunaan herbal dikombinasikan dengan pertolongan antibiotika. Berikiut ini tumbuhan yang sanggup dipakai untuk mengatasi penyakit Ayam.


DAUN SIRIH

Daun sirih (Piper betle) banyak mengandung Atsiri Oil, satu diantara komponen ialah Kavakrol bersifat Desinfektan dan anti jamur sehingga bisa untuk Antiseptik pada susukan pencernaan. Unsur Eugenol dan Metil-Eugenol berfungsi pengurangi rasa sakit. Sifat Anti Bakteri sanggup mengurangi rasa gatal dan merah basah pada mata.

KUNIR/ KUNYIT

Kunyit (Curcuma domestica) Curcumin senyawa utama pada kunyit yang mempunyai kegunaan untuk bermacam-macam penyakit, contohnya mengobati gangguan susukan pencernaan, antiradang, antibakteri, antikanker, penurun kadar kolesterol, membersihkan lemak pada susukan pembuluh darah.

TEMULAWAK

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza), mempunyai sifat Detoksifikasi/mengeluarkan racun dan kontaminasi jamur Alfatoksis Flavus yang mengendap dalam hati.Belum lagi membantu sekresi dari kerja pangkreas, sehingga bisa mengoptimalkan metabolism pangkreas mengeluarkan Enzim Amilase, Lipase, Protease. Kehadiran enzim-enzim ini membantu meningkatkan perembesan materi pakan karbohidrat, protein dan lemak.


BROTOWALI

Rimpang brotowali (Tinospora crispa) rasannya sangat pahit.Senyawa Pikroretin pembawa rasa pahit banyak mengandung alkaloid, saponin,dammar dan masih banyak lagi. Kalau cumapenyakit segala jenis cacing, niscaya hancur digempur sama Pikroretin.

Khasiat Penggunaan Herbal Pada Ayam

Beberapa eberapa jenis dan fungsi herbal sebagai obat yang aku ambil dari banyak sekali sumber sanggup di rangkum sebagai berikut:

1. Campuran kunyit, bawang putih, daun pepaya: memperkuat kekebalan terhadap banyak sekali penyakit menyerupai CRD, kolera, koksidiosis, radang usus bahkan AI.
2.    Lidah buaya: antikuman, melindungi organ pencernaan dan pernafasan.
3. Campuran cabai jawa, temulak, temu ireng, lempuyang, gula tebu: menyehatkan, mengefisienkan penggunaan pakan.
4.   Daun pepaya: anti malaria, anti benalu cacing, menambah nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh.
5.    Daun mahkota dewa: anti mikroba, anti kanker, melindungi hati, dan ginjal.
6.    Daun jambu biji: anti diare, melindungi organ tubuh.
7.  Lengkuas: mengandung rasa pedas berfungsi meneteralkan racun, menjadikan rasa hangat.
8.    Daun sirih: mengandung minyak atsiri untuk anti jamur, antibiotik, anti radang, berfungsi untuk melindungi organ tubuh dan organ pencernaan, obat luka, dan antibiotic alami.
9.  Bratawali, pasak bumi, sambiloto: meningkatkan nafsu makan, memperkuat fisik ketika cuaca panas, mencegah n mengobati malaria unggas atau leuco.
10.Kencur: mengandung minyak atsiri berfungsi menciptakan rasa hangat, anti batuk, penambah nafsu makan, pereda radang tenggorokan.
11. Kunyit: mengandung zat atsiri bertujuan melindungi organ hati, ginjal dan antibiotik.
12.Temulawak: mengandung minyak atsiri, zat pati. Protein berfungsi melindungi hati, empedu, ginjal.
13. Temu ireng: meningkatkan nafsu makan dan anti benalu cacing.
14. Bawang putih: melindungi organ jantung dan pembuluh darah, meningkatkan stamina dan kekebalan terhadap penyakit.
15. Bawang merah: obat ngorok/CRD dan snot.
16.Jahe: mengandung aroma, rasa hangat, zingerol, solakol berfungsi mendorong kerja kelenjar enkitrin, menghangatkan dan meningkatkan stamina.
17. Buah mengkudu: menyehatkan dan memacu pertumbuhan.
18. Akar rumput teki: menyehatkan badan, menciptakan kulit ayam cepat merah tanda sehat.
19. Campuran jahe + bawang putih + miyak sayur: menyembuhkan luka.
20. Gula kelapa: memperkuat fisik, meningkatkan bobot badan, mengurangi maut akhir penyakit Gumboro.
21. Larutan tembakau, minyak kelapa: menghilangkan kutu pada unggas, mengendalikan ulat lalat di kotoran ayam.

Bagaimana dengan dosisnya? Tidak ada standarisasi takaran obat herbal untuk itu diharapkan improfisasi dan kreativitas peternak, baik diberikan satuan atau kombinasi dari herbal-herbal tersebut.


Contoh Bahan Ramuan Herbal Untuk Ayam :

1.    Daun sirih 2 ons
2.    Kunyit 2 ons
3.    Temulawak 2 ons
4.    Brotowali 2 ons
5.    Air higienis 5 liter

Cara Pembuatan dan Penyajian Obat Herbal Pada Ayam

Semua materi herbal di basuh bersih, masukkan panci tambah air higienis 5 liter, masak sampai air mendidih. Di butuhkan waktu sekitar 30 menit. Setelah cuek campur dengan jatah air minum ayam pada pagi hari saja, untuk ayam sejumlah 500 ekor. Satu resep herbal ini bisa di pakai sebanyak 3 kali pemasakan herbal/ tiga hari masa pakai pada pagi hari saja. Setelah 3 hari pakai, herbal di buang diganti yang baru. Artinya, dalam satu ahad cuma pakai adonan herbal 3 kali atau 3 hari saja. Aplikasi herbal sanggup di barengkan dengan vitamin, tanpa mengurangi khasiat masing-masing.

0 Response to "Obat Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Ayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel