Cara Beternak Kambing Bagi Pemula

Ternak Pertama - Cara Beternak Kambing - Kambing yaitu salah satu hewan memamah biak yang berukuran sedang. Kambing ternak atau bisa disebut dengan istilah Capra aegagrus hircus yaitu subspesies kambing liar yang secara alami tersebar di Asia Barat Daya (daerah "Bulan sabit yang subur" dan Turki) dan Eropa. Kambing liar jantan ataupun betina mempunyai tanduk sepasang, akan tetapi tanduk yang ada pada kambing jantan lebih besar. Umumnya, kambing mempunyai janggut, dahi cembung, ekor agak ke atas, dan kebanyakan mempunyai rambut lurus dan kasar. Panjang tubuh kambing liar, tidak termasuk ekor kurang lebih sekitar 1,3 meter - 1,4 meter, sedangkan ekornya berkisar antara 12 sentimeter - 15 sentimeter. Biasanya bobot kambing betina berkisar antara 50 kilogram - 55 kilogram, sedangkan kambing jantan bisa mencapai 120 kilogram. Kambing liar tersebar dari Spanyol ke arah timur hingga India, dan dari India ke utara hingga Mongolia dan Siberia. Habitat yang disukainya yaitu kawasan pegunungan yang berbatu-batu. itulah sedikit bahasan mengenai kambing yang kami kutip dari wikipedia.org. Selanjutnya yang akan di bahas pada artikel ternak pertama ini yaitu ihwal cara beternak kambing bagi pemula, untuk itu bagi kalian yang akan terjuan di dunia peternakan atau akan memulai perjuangan ternak kambing sebaiknya baca artikel ini dengan seksama, pahami dan jikalau sudah yakin di praktekan. 

Sebagai informasi tambahan, Kambing sudah dibudidayakan/diternakan oleh insan kira-kira 8000 hingga 9000 tahun yang lalu. Di alam aslinya, kambing hidup berkelompok 5 hingga 20 ekor. Dalam mencari makanan, kelompok kambing ini biasanya dipimpin oleh kambing betina yang paling tua, sementara kambing-kambing jantan berperan menjaga keamanan kawanan. Waktu aktif mencari makannya siang maupun malam hari. Makanan utamanya yaitu rumput-rumputan dan dedaunan.

Cara Beternak Kambing Bagi Pemula 
Cara beternak kambing - Seperti yang kita ketahui Kambing merupakan salah satu hewan jenis mamalia berkaki empat yang keberadaannya sangat sering kami jumpai di segala wilayah Indonesia. Sekarang ini ternak kambing menjadi pekerjaan pokok yang tinggal di pedesaan, alasannya memang rata-rata para penduduk desa kebanyakan berprofesi sebagai petani ataupun peternak, dan pada umumnya merekalah yang merawat kambing, sapi, ayam, dan hewan ternak lainnya. Tetapi, para masyarakat desa tak sadar akan besarnya kesempatan ternak kambing di Negara kita, kini daging kambing sangat laku di pasaran alasannya seiring dengan terus banyaknya populasi penduduk di Negara kita dan juga terbukti dagingnya mempunyai gambaran rasa khas untuk di sate ataupun olahan masakan lainnya.

Cara ternak kambing bagi pemula yang baik dan benar merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan dalam beternak kambing tersebut. maka dari itu jikalau anda sudah membaca artikel ini dan sudah memahami betul untuk segera praktekan.

Jika anda serius untuk menjalankan cara ternak kambing yang baik, maka tolong-menolong kesempatan yang sangat istimewa untuk memperoleh pundi-pundi rupiah terus terbuka lebar, ini yang saya analisa sebelum menciptakan postingan mengenai hal ini. Dalam perawatannya, kambing ini sangat gampang untuk di budidayakan, ketahanan dari serangan penyakit dan juga anggaran pakan yang minim menjadi kesempatan yang sangat cantik bagi anda. Kambing mempunyai tingkat perkembangbiakan yang sangat baik, dalam 7 bulan induk kambing sudah sanggup di kawinkan lagi, dengan masa kehamilan kurang lebih 5-6 bulan, maka anak kambing akan lahir. Pada umumnya 1 induk kambing akan beranak kurang lebih 1-4 ekor, jadi ini sangat cantik untuk kalian untuk kembangkan menjadi perjuangan ternak yang berpotensi kedepanya.

Keuntungan dari cara beternak kambing yang baik pastilah berdampak pada maksimalnya pertumbuhan dan perkembangbiakan pada kambing.  Dari faktor itu juga masih banyak laba lainya, yaitu dari hasil susu peras yang di hasilkan (apabila ternak kambing etawa/susu), laba lainnya yang anda dapatkan yaitu pupuk sangkar yang sanggup dipasarkan atau di gunakan sendiri untuk pupuk tumbuhan dirumah. Pupuk yang di hasilkan dari kotoran dan pembuangan sisa pakan dai ternak kambing sangat baik untuk di gunakan sebagai pupuk organik. Bagaimana? apakah anda sudah tertarik untuk perjuangan beternak kambing?

Cara Beternak Kambing Bagi Pemula Langsung Untung

Proses Reproduksi Kambing

Proses Reproduksi Kambing yang baik - Sebelum anda memulai untuk menjalankan perjuangan ternak kambing, maka sebaiknya yang perlu anda ketahui yaitu bagaimana prosesnya. alasannya proses ternak kambing yang baik akan berdampak pada keberhasilan anda dalam beternak kambing. Seperti yang sudah kami jelaskan diawal bahwa kambing mempunyai tingkat reproduksi yang tinggi, bahkan kambing ini sanggup melahirkan 2 kali dalam satu tahun. Paling tidak kambing akan beranak 3 kali dalam masa 2 tahun, jadi begitu menggiurkan untuk memulai perjuangan ternak kambing tersebut, apalagi jikalau induk bisa beranak hingga 3-4 ekor setiap melahirkan tentunya akan mempercepat perkembangan ternak kambing yang sudah kita lakukan.

Sebagai informasi, Kambing akan cukup umur sehabis berumur 6 bulan, dan kambing sudah siap di kawinkan ketika berumur sekitar 10-12 bulan. Dengan usang waktu birahi antara  24 – 45 jam, dan mempunyai siklus birahi yang berselang selama 17 – 21 hari, birahi pada kambing sanggup di tandai dengan ciri yang mencolok yakni kambing akan terlihat gelisah, mempunyai nafsu makan dan minum berkurang, dan biasanya selalu mengibaskan ekornya, kencing akan lebih sering, kemaluan akan mengalami pembengkakkan dan basah.

Dalam beternak kambing, pastikan ratio jumlah pejantan dan betina yaitu = 1 : 10, jikalau perkawinan telah terbuahi maka usang waktu bunting yaitu sekitar 5 bulan( antara 144 – 156 hari). Setelah itu anak kambing akan di sapih sehabis kira-kira sekitar 3-4 bulan anak kambing terlahir.

Langkah Awal Cara Ternak Kambing Yang Benar

Langkah awal kita mulai dari persiapan pembuatan sangkar sebagai tempat untuk tinggal kambing dan  akan berahir pada masa panen. Dibawah ini yaitu langkah-langkah yang harus kita lakukan terlebih dahulu supaya ternak kambing yang akan anda jalankan menjadi semakin baik dan berdampak pada hasil panen yang maksimal.

Persiapan Pembuatan Kandang Kambing


Persiapan pembuatan kanda kambing yang benar, sangkar kambing yang ideal merupakan salah satu hal penting yang akan menunjang keberhasilan dari perjuangan ternak kambing yang akan anda jalankan. Kandang yang baik juga akan menjadikan kenyamanan yang menciptakan kambing menjadi gampang gemuk dan berkembangbiak. Tingkat minimal sangkar kambing yang baik yaitu bersih, mempunyai sinar matahari yang cukup, tidak panas (teduh), dan penempatan sangkar paling minim yaitu berjarak kira-kira 5 meter dari rumah. Hal ini ditakutkan akan berimbas amis kotoran campur urine kambing yang tidak sedap, ingat selain kambing kita sehat, kita sebagai peternak juga harus bisa menjaga kesehatan. 


  • Kandang induk+dua anak : 120 cm x 120 cm /ekor
  • Kandang induk (baik yang hamil atau tidak hamil) untuk 1 ekor: 100 cm x 125 cm
  • Kandang pembesaran anak yang telah di sapih untuk satu ekor: 100 cm x 125 cm
  • Kandang pejantan per ekornya yaitu : 110 cm x 125 cm

Persiapan Pemilihan Bibit Ternak Kambing

Cara menentukan bibit kambing yang benar - Dalam tahapan ini kita sudah menentukan dan menentukan ternak kambing dengan jenis tertentu, mengingat jenis kambing di Indonesia sangatlah banyak, bahkan hingga puluhan jenisnya di masing-masing wilayah. Dalam kasus ini, jikalau kita ingin ternak kambing sebagai kambing potong (pedaging) maka sebaiknya bibit yang kita siapkan yaitu bibit jenis kambing kacang (jawa). Mengapa kambing ini, alasannya kambing ini sangatlah cepat untuk berkembangbiak, gampang gemuk, gampang penyesuaian di semua lingkungan, lebih tahan penyakit, dan dagingnya paling diminati.

Jika kita ternak kambing dengan tujuan susu perah, maka bibit  jenis kambing yang harus kita siapkan yaitu jenis kambing etawa,  kambing sangat cantik untuk menghasilkan susu.

Kambing etawa ini justru malah mempunyai 2 opsi hasil panen, yaitu susu perah dan juga sebagai kambing potong/pedaging. Kambing etawa ini mempunyai keunggulan tubuhnya yang berukuran yang besar, tentunya bobot daging yang di hasilkan juga lebih banyak daripada kambing jenis kacang/jawa. Baiklah, untuk menentukan bibit kambing sebagai induk dan pejantan yang baik harus mempunyai kriteria menyerupai dibawah ini :


Kandang dara/dewasa (di siapkan sebagai kambing potong) per ekornya yaitu : 100 cm x 125 cm


 Kambing yaitu salah satu hewan memamah biak yang berukuran sedang Cara Beternak Kambing Bagi Pemula
Kambing Betina

  • Bentuk tubuhnya yang seimbang, mempunyai dada yang dalam dan lebar, bentuk garis punggung dan pinggangnya lurus, tulangan/tubuhnya besar dan tidak gemuk (sehat) bukan obesitas
  • Berkaraktek jinak dan tidak galak
  • Memiliki keempat kakinya yang lurus dan tumitnya tinggi.
  • Memiliki jumlah gigi lengkap, mempunyai kriteria merumput dengan baik, dan rahang atas/bawah rata.
  • Terlahir dari 2 pranakan/bahkan anak tunggal.
  • Bentuk ambingnya simetris dan tidak menggantung atau mempunyai puting 2 buah (bercabang).

 Kambing yaitu salah satu hewan memamah biak yang berukuran sedang Cara Beternak Kambing Bagi Pemula
Kambing Jantan
  • Memiliki ukur tubuh yang besar dan panjang (tulangannya besar), sangat cantik jikalau mempunyai bab belakang yang lebih tinggi dan lebih besar, mempunyai bentuk dada yang lebar, serta kambing tidak teralalu gemuk, perawakannya gagah, aktif dan tentunya mempunyai nafsu kawin yang tinggi.
  • Bentuk seluruh kakinya yang lurus serta kuat.
  • Di lahirkan dari 2 bersaudara atau tunggal.
  • Memiliki usia di antara 1,5 -3 tahun.

Cara Pemberian Pakan Ternak Kambing

Cara tunjangan pakan kambing yang baik - tahap ini merupakan hal yang sangat penting dalam cusaha ternak kambing yang akan menghasilkan panen yang maksimal, pakan merupakan salah satu problem penting yang menunjang kesuksesan ternak kambing yang telah kita mulai. Sebetulnya dalam tunjangan pakan ini benar-benar mudah, tidak menyerupai tunjangan pakan pada ternak lainnya, karna kambing ini bisa memakan rumput/hijau-hijauan lainnya dan pakan komplemen yang nantinya bakal menunjang semoga kambing cepat tumbuh (gemuk) dan juga berreproduksi dengan baik.

Pakan yang akan anda berikan pada kambing haruslah pakan lebih gampang kita dapatkan, tidak pakan yang harganya mahal, hal ini bertujuaan semoga sanggup  menekan seminimal mungkin pengeluaran untuk pakan. Tetapi pakan yang kami berikan harus mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang cukup untuk keperluan kambing setiap harinya. Pakan yang di berikan juga di anjurkan yang gampang di cerna, tak beracun, dan di sukai kambing (lahap makannya). Kandungan pakan ini bisa anda dapatkan dengan memberinya hijauan menyerupai beberapa jenis rumput dan makan komplemen menyerupai konsentrat yang bisa anda dapatkan dengan membelinya di toko pakan ternak terdekat didaerah anda

Solusi lainnya untuk mengganti konsentrat supaya kambing sehat dan gemuk yaitu dengan gabungan dari beberapa materi seberat 3kg (sebaiknya 1 ekor kambing setiap harinya di berikan dengan berat pakan komplemen 3 kg) yaitu ; ampas tahu 40%, bekatul 40%, dan racikan singkong 20%, pakan komplemen bisa di berikan pada siang hari (bukan pada ketika memberi pakan hijau-hijauan).
Cara tunjangan pakan yang baik yaitu dengan memberinya pakan rerumputan 2 kali dalam satu hari, yaitu pagi di antara pukul 08.00 WIB - pukul 16.00 WIB, berat rumput yang di perlukan kira-kira 10% dari berat tubuh kambing setiap harinya. Dan tunjangan pakan komplemen konsentrat/campuran materi yang saya sebutkan diatas, merupakan paling baik diberikan pakan komplemen dengan berat 3kg setiap harinya, pakan komplemen bisa di berikan pada ketika siang hari.

Untuk indukan kambing yang sedang hamil, menyusui, atau pejantan yang sering anda kawinkan, sebaiknya anda berikan pakan penguat yang bisa di beli di toko pakan ternak terdekat. Jangan lupa untuk memberinya minum setiap harinya, tunjangan minum paling pas dan sesuai menawarkan pakan tambahan.

Cara Pengendalian Penyakit Pada Kambing

Cara Pengendalian Penyakit Kambing - Sudah sering saya bilang bahwa kunci kesuksesan dalam perjuangan ini yaitu dengan menjalankan cara ternak kambing yang baik dan sesuai dengan stardar prosedur, dengan terpenuhinya poin tersebut maka kesuksesan ternak kambing yang telah anda jalankan akan tercapai dengan hasil panen yang maksimal. Tidak hanya dari persiapan sangkar yang baik dan tunjangan pakan yang cocok, ada satu faktor lagi yang penting yaitu, pengendalian penyakit kambing!

Untuk bisa mencegah terjadinya serangan penyakit pada kambing maka sebaiknya di cegah dengan melewati sanitasi sangkar yang cocok dan tunjangan kuliner yang mencukupi gizi, dan vaksinansi. Penyakit yang sering menyerang kambing yaitu sebagai berikut : cacingan, kudis (scabies), kembung perut (bloat), paru-paru (pneumonia), orf, dan koksidiosis. Semua penyakit ini bisa di kendalikan dengan Cara ternak kambing yang baik dan benar, dengan itu kambing akan lebih sehat dan terhindar dari aneka macam macam penyakit. Apabila ada kambing yang terjangkit penyakit, maka sebaiknya cepat lakukan pemisahan dan pengobatan.

Cara Panen Ternak Kambing

Cara Panen Ternak Kambing - Panen kambing merupakan langah terahir dalam beternka kambing, tahapan ini merupakan tahapan ternak yang sudah di tunggu-tunggu alasannya pada tahap ini kita bisa mengetahui berapa laba perjuangan ternak kambing yang sudah anda lakukan. Panen kambing dibagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai kambing pedaging (potong) atau sebagai kambing susu perah. Dalam hal ini harus di usahakan supaya rutin menambah kualitas tambah hasil  produksi ternak kambing yang kita jalankan yaitu  mencakup daging, susu, kulit, tanduk, atau kotoran yang nantinya bisa di jadikan pupuk organik.

Untuk waktu yang cocok menjual kambing yaitu ketika dimana berat tubuh kambing sudah tidak bisa bertambah lagi (berat maksimal) supaya kualitas jualnya tinggi alasannya dagingnya pun juga banyak. Kambing di usia 1-1,5 tahun berat tubuhnya sudah tidak bisa bertambah lagi (kambing normal tak kurus), sehingga ketika umur tersebut sangat ideal untuk menjualnya.

0 Response to "Cara Beternak Kambing Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel