Cara Beternak Ayam Joper Semoga Cepat Panen

Cara Beternak Ayam Joper – Ayam Joper adalah kepanjangan dari Ayam Jawa Super atau biasa anda kenal dengan nama Ayam Kampung Super. Ayam Joper itu yaitu ayam yang dihasilkan dari perkawinan silang antara ayam jantan kampung dan ayam betina petelur. Istilah ayam joper lainya yaitu ayam jawa super, ayam kampung super, ayam kamper dan masih banyak lagi istilahnya tergantung dari daerahnya.

Usaha Beternak ayam Joper sat ini banyak yang melirik sebab memang mempunyai laba yang menjanjikan. Bukan tanpa alasan, sebab memang ayam Joper mempunyai kelebihan pada perumbuhan yang lebih cepat dari pada ayam kampung orisinil sehingga kalau anda benternak ayam joper bisa panen lebih cepat. Bukan itu saja, ketika ini harga jual ayam Joper di pasaran juga stabil dan cukup tinggi sehingga bisa menawarkan laba lebih pada peternak. Pada ketika saya menulis artikel ini Harga Joper di pasaran di bandrol dengan Harga Rp. 35.000/kg.

adalah kepanjangan dari Ayam Jawa Super atau biasa anda kenal dengan nama Ayam Kampung Sup Cara Beternak Ayam Joper Agar Cepat Panen
Ayam Joper Masa Grower
Kelebihan perjuangan ayam Joper ini juga tak muncul begitu saja. Ayam joper mempunyai ternyata mempunyai sifat orisinil dari indukannya yakni ayam broiler dan ayam kampung atau ayam lokal. Seperti yang sudah saya katakan di awal, Ayam broiler memang mempunyai pertumbuhan yang cepat dan daging yang lebih gemuk. Sehingga ayam joper ketika ini banyak dipakai untuk konsumsi pribadi ataupun bisnis rumah makan.

Yang kita tau, ayam kampung mamang dikenal dengan rasanya yang kas, dagingnya juga begitu empuk dan yummy serta ayam kampung orisinil juga kebal terhadap serangan penyakit unggas. Sehingga kelebihan inilah yang diturunkan ke ayam Joper makanya harga ayam joper juga tidak mengecewakan tinggi.

Berdasarkan data, ketika ini banyak peternak yang beralih untuk Beternak Ayam Joper sebagai perjuangan ternak skala rumahan. Sebenarnya, Beternak ayam Joper tidak sesulit yang kita bayangkan. Seorang peternak pemula sudah bisa untuk melakukannya. Nah sekarang, Bagaimana cara beternak ayam Joper untuk pemula yang benar biar cepat panen? Simak artikel ternakpertama.co  berikut ini :

Cara Beternak Ayam Joper Agar Cepat Panen

Baiklah langusung saja kita bahas, cara beternak ayam Joper untuk Pemula yang benar biar cepat panen. Praktis mudahan artikel ini sanggup menjadi rujukan kususnya untuk peternak pemula yang akan memulai perjuangan ternak ayam Joper biar cepar panen :

Persiapan Kandang untuk Ayam Joper

Ayam joper akan merasa nyaman dan akan hidup dengan baik kalau sangkar sudah persiapkan dengan matang. Kandang ayam joper yang baik dan sesuai satandar akan menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi ayam sehingga nanti bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Anda harus pastikan jaga selalu kebersihan sangkar ayam jangan hingga kotor dan tak layak kalau hal itu terjadi maka ayam Joper akan mengalami stres sehingga pertumbuhan dan perkembanganya juga akan terhambat. Dampak terparahnya joper banyaj yang mati sehingga gagal panen.

Jika anda tak mau hal di atas terjadi maka pastikan buatlah sangkar ayam Joper selalu higienis dan senyaman mungkin. Ingat ya, Dalam hal perawatan ayam joper berbeda dengan ayam kampung orisinil yang bisa di umbar kapanpun sebab ayam Joper mempunyai sifat yang beda dan perlu perawatan yang intensif.

Ukuran Kandang Ayam Jawa Super yang benar. Sebenarnya , Tak ada standar berapa luas sangkar yang harus di buat. Anda cukup perhatikan dengan kepadatan / populasi ayam joper di kandang. Kami sangat menyarankan biar anda menciptakan 2 kandang. Pertama sangkar joper untuk DOC, dan sangkar joper untuk masa grower atau pembesaran. Berikut ini kami berikan ukuran sangkar joper yang ideal untuk beternak ayam jawa super atau ayam kampung super bagi pemula biar cepat panen.
Ayam joper umur 1-6 hari populasi 60 ekor per m2 kandang 
Ayam joper umur 7-12 hari populasi 40 ekor per m2 kandang 
Ayam joper umur 13- 30 hari populasi 20 ekor per m2 kandang 
Ayam joper 31 – hari hingga panen polulasi 9 ekor per m2 kandang
Ilustrasi:

Anda mempunyai ayam joper yang siap panen dengan populasi 1000 ekor. Sehingga anda persiapkan sangkar berukuran 100 meter persegi (10×10 m).

Beternak ayam joper akan lebih maksimal kalau anda buat sangkar ayam Joper yang jauh dari pemukiman warga, dan pastikan selalu menjada kebersihannya. Selain itu kebutuhan air juga harus tercukupi serta letak sangkar gampang ijangkau dengan transportasi. Bukan itu saja, anda juga perlu memperhatikan arah kandang. Kandang yang ideal dan baik yaitu sangkar yang mendapat sirkulasi udara yang cukup dimana arah sangkar joper yang anggun arahnya membujur dari arah timur ke arah barat.

Bukan hanya sirkulasi udara yang cukup, anda juga harus pintar dalam mengatur sinar matahari yang masuk ke sangkar (agar tidak terkena sinar matahari langsung). Hal ini perlu anda lakukan untuk pencegahan biar ayam Joper tak kepanasan selama siang hari. Selain itu, anda juga harus memperhatikan tingkat Kelembaban. Kandang ayak harus dijaga kebersihanya biar tak terlalu lembab (pengap). Pastikan pula dalam menentukan Ukuran sangkar , harus sesuai dengan jumlah dan umur ayam Joper yang diternak (jangan terlalu sempit dan jangan terlalu lebar).

Cari Bibit / DOC Ayam Jawa Super yang Unggul

Bukan hanya sangkar ayam saja yang anda perhatikan, Kualitas ayam Joper juga ditentukan oleh bibitnya. Anda harus pintar menentukan bibit ayam joper yang unggul. Anda paasti dalam beternak ayam Joper agan memanfaatkan dagingnya bukan? maka anda juga harus menentukan bibit yang mempunyai badan besar sehingga nanti joper anda juga akan cepat tumbuhannya. Selain itu, Pilih juga bibit yang waktu penetasannya sempurna 21 hari, jangan kurang ataupun lebih.

Ciri ciri bibit ayam joper yang unggul yakni bibit ayam Joper di lihat fisiknya sehat ditandai dengan mata bersinar, tubuhnya tegap, tak punya cacat bawaan serta mempunyai bulu yang higienis dan mengkilap. Itulah ciri ciri joper yang berkualitas, kalau doc yang anda beli tak mempunyai ciri ciri tersebut maka sanggup dipastikan bibit ayam Joper tersebut dalam kondisi sakit sehingga tak layak untuk diternak. Kami tekankan lagi,  Anda harus pintar menentukan bibit jopet yang unggul dan benar-benar teliti dalam menentukan bibit ternak ayam Joper.

Untuk mendapat bibit DOC ayam Joper yang berkualitas dan unggul. Silahkan pesan di ternakpertama.com

Pemberian Pakan Yang Berkualitas

Setelah pembuatan sangkar dan pemilihan bibit DOC ayan joper yang berkuakutas, hal yang menunjang keberhasilan dalam perjuangan beternak ayam joper selanjutnya yaitu Pakan. Pakan joper yang berkualitas merupakan salah satu keberhasilan dalam perjuangan beternak ayam Joper untuk pemula. Selain pakan yang berkualitas, cara proteksi pakan ayam Joper pun juga harus sesuai dengan jumlah dan porsi nutrisi yang di perlukan. Pakan ayam Joper sanggup anda peroleh di toko pakan ternak terdekat.

Cara Pemberian Pakan Ayam Joper / DOC joper yang benar

Bibit DOC Ayam Joper yang gres anda beli sebaiknya di istirahatkan beberapa saat, sesudah itu berikan minuman dari gabungan gula jawa dan air (1 Sendok gula jawa di campur 200 ml air)

Untuk DOC sanggup berikan Voer atau BR murni hingga umur 4 minggu, kemudian  DOC umur 4 ahad pakannya bisa anda campur dengan bekatul, jagung, bungkil kedelai dls. Untuk pengalaman, anda sanggup mencoba-coba untuk menemukan dosis yang pas.

Kemudian, anda juga harus sering mengontrol pakan ayam Joper pastikan sudah benar benar tersebar merata apa belum. Jangan ada ayam Joper yang tak kebagian makananal atau tidak mau makan sebab hal ini menghambat pertumbuhannya, bahkan kalau di biarkan terus menerus bisa menjadikan kematian.

Selain beri pakan kualitas pakan , Berikan juga Multivitamin biar ayam selalu dalam kondisi  Prima. Perlu di ingat, Ayam joper umur 1 hari (DOC Joper)  diberi air gula dan Vita chick atau Neo meditril untuk mengatasi stres dan ayam semakin kuat. 

Ayam joper umur 4-6 hari berikanlah Vita Chick atau vita stress untuk mengurangi dan mencegah ayam stres serta sanggup memacu pertumbuhan ayam joper. Sedangkan Ayam joper umur 12 – 13 hari, umur 22-24 hari dan umur 31-32 hari ayam di berikanlah Vita stress atau Fortevit untuk mengurangi / mencegah stres serta sanggup pula untuk memicu pertumbuhan ayam

Cara Pemberian multivitamin yang benar yakni dengan mencampurkannya ke air minum ayam secara merata.

Pencegahan dan penangulangan Penyakit pada Ayam

Aturlah sirkulasi udara dalam kandang. Jangan hingga ada genangan air di dalam sangkar ataupun sekitar sangkar (Berdasarkan pengalaman genangan bisa menjadi sarang penyakit). Jika ayam joper telah terjangkit penyakit umum menyerupai tetelo, snot atau gumbolo, maka harus terus di tangani dengan menawarkan obatiyang sesuai dengan penyakit tersebut. Obat penyakit ayam Joper dapat  dibeli di toko ternak unggas terdekat atau di balai-balai peternak ayam kalau anda kesulitan mendapat obat ayam joper silahkan hub ternakpertama.com.

Manajemen Pemeliharaan Ayam Joper/ Kampung Super / Ayam Jawa Super

Manajemen pemeliharaan merupakan aspek penting dalam perjuangan beternak ayam joper untuk pemula. Manajemen pemeliharaan ayam joper sanggup di mulai dengan menjaga kebersihan kandang, proteksi pakan berkualitas. Dengan begitu pertumbuhan dan kesehatan ayam Joper akan maksimal. Perlu di ingat pula bahwa administrasi pemeliharaan yang benar akan menentukan keberhasilan perjuangan ternak ayam Joper.

Salah satu Manajemen pemeliharaan ayam joper yang benar yakni dengan selalu mengontrol secara rutin kebersihan kandang, proteksi pakan dan vaksinasi ayam Joper. Kandang ayam joper harus rutin sering anda bersihkan biar sangkar selalu dalam kondisi higienis tidak basi atau tidak kotor serta Kebutuhan akan pakan berkualitas tiap harinya juga terpenuhi dengan baik.

Lakukan secara rutin menimbang bobot ayam joper setiap  satu ahad sekali hal ini perlu anda lakukan untuk mengetahui apakah pakan yang diberikan sudah bekerja dengan baik atau tidak. Selain itu, proteksi Vaksinasi juga harus diberikan secara rutin dan bersiklus biar ayam Joper terjangkit penyakit unggas yang berbahaya.

Panen Ayam Joper

Masa panen pecahan terahir yang dinantikan tunggu oleh peternak. Ayam Joper yang telah memasuki masa panen kalau bobotnya dan umurnya sudah sesuai dengan undangan pasar. Ayam joper sudah di oanen pada umur 6 ahad dengan berat rata-ratanya 0.7 – 0.9 kg. Dan kalau di pelihara terus hingga umur 10-12 ahad beratnya sanggup mencapai  0.9 – 1.1 kg.

Setelah mengetahui beratnya, anda juga perlu memperhatikan harga ayam joper di pasaran, apakah ketika panen harga ayam joper sedang naik, stabil atau malah turun. Saran kami, jualah ayam Joper di ketika harganya sedang naik atau stabil. Namun sanpai ketika uni harga jual ayam Joper tetap stabil berada di kisaran Rp. 33.000/kg hingga 35.000/kg..

Cek Juga !

Demikian artikel perihal Bagaimana Cara Beternak Ayam Joper untuk pemula Agar cepat Panen yang bisa kami sampaikan. Harapan kami semoga perjuangan ternak ayam joper anda bisa menghasilkan keuntunggan besar. Salam Sukses Peternak Indonesia.

0 Response to "Cara Beternak Ayam Joper Semoga Cepat Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel