Cara Menentukan Doc Broiler Yang Berkualitas Super

Cara Memilih DOC Broiler - Bagi seorang peternak kususnya peternak ayam broiler, keberhasilan dalam beternak ayam broiler sangat dipengarui oleh kualitas DOC. Memilih DOC yang anggun bagi peternak pemula merupakan hal yang cukup sulit, butuh pengalaman dan pengetahuan yang mumuni untuk mengethui DOC yang berkualitas super. Untuk itu, ternak pertama akan menulis artiekl wacana "Cara Memilih DOC Broiler Yang Berkualitas Super" Mudah-mudahan goresan pena kami dapat membantu para peternak pemula yang akan atau sedang menjalani perjuangan ternak ayam broiler. Seperti yang telah kami jelaskan diawal, Pemilihan doc yang berkualitas sangat berperan penting dalam keberhasilan ternak, kini aneka macam penjual bibit/doc yang memperlihatkan harga yang terjangkau, tetapi hendaknya peternak berhati-hati dengan hal ini. Proses produksi doc yang baik serta berkualitas super membutuhkan banyak tahapan didalam prosesnya, menyerupai yang telah kami jelaskan pada postingan sebelumnya. Kalau kami tinjau lebih dalam, dalam hal pembiayaan ternak, doc mempunyai beban kurang lebih 20% dari total anggaran, tidak hanya untuk pakan dan lain-lain, akan tetapi doc mempunyai tugas lebih dari 60% dalam keberhasilan ternak, untuk itu anda harus cendekia menentukan dan meilih DOC yang anggun dan berkualitas jangan hanya memandang harga DOC yang murah semata. Saran kami pilihah breeder yang terpercaya dalam bidangnya serta seleksi kembali doc yang kau beli sebelum chick in.

 Bagi seorang peternak kususnya peternak ayam broiler Cara Memilih DOC Broiler Yang Berkualitas Super
Cara Memilih DOC
Pemilihan bibit  atau doc broiler yang baik serta bernilai ialah salah satu kunci semoga dalam berternak memperoleh hasil yang maksimal, bukan hanya asal-asalan dalam beternak hal tersebut justru akan mengalami kerugian. Walaupn bukan hanya pemilihan DOC yang anggun saja yang menjadi faktor keberhasilan dalam beternak broiler akan tetapi keberhasilan  dalam beternak ayam broiler tak lepas dari donasi pakan, nutrisi serta perlangkapan lainnya yang menunjang peternakan broiler.

Dalam beternak broiler faktor yang paling mutlak ialah perawatan, meskipun dalam pemilihan bibit telah maksimal akan tetapi perawatan anda kurang maksimal maka hasinya juaga tak bakal maksimal, khususnya dalam pemeliharaan pada suhu kehangatan pada ketika kondisi ayam tetap kecil usia 0 - 7 hari.

Cara Memilih DOC Broiler Yang Berkualitas Super

Berikut ini ialah cara pemilihan bibit ayam atau DOC yang bagus, berikut ini ciri-cirinya :
  1. Pilihlah bibit ayam atau doc broiler dari perusahaan pembibitan yang berpengalaman atau sudah populer
  2. Pilihlah bibit ayam atau doc broiler yang berkualitas dengan berat tubuh antara 35 - 40 gram atau super
  3. Pilihlah bibit ayam atau doc broiler yang mempunyai warna yang cerah
  4. Pilihlah bibit ayam atau doc broiler yang tidak mempunyai cacat bawaan (anda dapat melihat fisiknya)
  5. Pilihlah bibit ayam atau doc broiler yang mempunyai bunyi yang nyaring dan tubuh tidak lemes
  6. Pilihlah bibit ayam atau doc broiler yang mempunyai warna putih kekuning kuningan
  7. Pilihlah bibit ayam alias doc broiler dengan paruh serta kaki yang kuning cerah

Setelah anda berhasil menentukan bibit ayam atau DOC yang berkualitas kita jamin anda akan memperoleh hasil panen yang optimal akan tetapi semua itu tak lepas dari perawatan serta nutrisi untuk menunjang pemeliharaan yang baik. Secara umum Bibit ayam Broiler dibedakan menjadi tiga kelompok diantaranya Grade A, Grade B serta Polos

Berikut Ciri-ciri DOC yang masuk ke dalam Grade A ialah :
  • Bisa bangun serta lincah
  • Pusarnya sehat  tak basah
  • Anggota tubuh lengkap serta normal tak mempunyai cacat bawaan 
  • Bulu tumbuh dengan tepat serta warna bulu sesuai dengan breednya (bangsanya)
  • Warna kaki atau paruh tak pucat
  • Bobot Tetas antara 35 - 40 gram tergantung tipe
  • Perut tak kembung
  • Tak ada luka sedikitpun luka walaupun hanya memar.

Selanjutnya Untuk DOC grade B biasanya mempunyai nilai yang lebih rendah dari grade A, jadi harganyapun lebih rendah.  DOC yang tergolong ke dalam grade B biasanya ditandai dengan :
  • Pusar yang sehat tak basah
  • Anggota tubuh lengkap serta normal
  • Tidak dapat bangun dengan tegak dan tak lincah 
  • Kaki atau “shank” pucat
  • Bulu tumbuh dengan sempurna, tapi warnanya tak merata 
  • Perut tak kembung
  • tak ada luka atau memar sedikitpun.
Dan yang terahir ialah Ciri-ciri DOC polos atau sering kita sebut dengan istilah afkir atau Anak ayam yang tidak masuk ke dalam grade A maupun grade B dan digolongkan ke dalam DOC afkir, yaitu DOC yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  • Menderita omphalitism atau pusar basah
  • Perut kembung
  • Tak dapat bangun dan terlihat lemah
  • Pertumbuhan bulu tak tepat serta warnanya tak merata
  • Anggota tubuh tak lengkap atau tak normal.

Apabila ada salah satu ciri di atas yang ditemukan pada DOC yang anda beli, maka dapat dipastikan bahwa anak ayam tersebut diafkir.  Pada perusahaan penetasan, biasanya anak ayam yang diafkir ditampung oleh perusahaan pembuatan pakan ternak untuk digunakan sebagai pakan ayam atau ikan sebagai sumber protein.

Sekian artikel yang dapat kami tulis yakni wacana "Cara Memilih DOC Broiler Yang Berkualitas Super". Semoga dapat membantu anda semua.kususnya peternak indonesia! Hidup Peternak!!


Artikel terkait ciri doc broiler super, jenis doc broiler terbaik, ciri ciri doc yang tidak baik, doc broiler cp 707, doc broiler platinum, doc broiler superchick, doc broiler wonokoyo, doc broiler jantan

0 Response to "Cara Menentukan Doc Broiler Yang Berkualitas Super"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel