Cara Termudah Membedakan Ikan Nila Jantan Dan Betina

Membedakan ikan nila jantan dan betina- Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang berasal dari air tawar. Selain gurameh lele dan patin, ikan nila juga banyak diminati oleh masyarakat Indonesia untuk dijadikan sebagai sajian masakan lauk pauk di rumah mereka masing-masing. Sehingga peluang besar ini dimanfaatkan dengan baik oleh para peternak ikan air tawar.

Nah kalau kalian ingin membudidayakan ikan nila, maka kalian harus mempunyai indukan yang berkualitas biar sanggup menghasilkan keturunan yang berkualitas pula. Tapi bagi kalian yang masih pemula atau yang masih gres ingin memulai membudidayakannya, tentu sahabat harus mengetahui dulu perbedaan antara ikan nila jantan dan betina sebelum mempelajari yang lainnya. Bagaimana mungkin kalian sanggup beternak ikan, sedangkan membedakan indukannya saja belum bisa?!

Oleh lantaran itu keberadaan kami di sini untuk memperlihatkan info kepada sahabat sekalian terkait cara membedakan nila jantan dan betina yang sempurna dan mudah. Tulisan ini ditujukan kepada yang masih pemula, lantaran bagi para master tentu sudah tidak kesulitan lagi untuk mengetahui perbedaannya. hehe Baiklah eksklusif saja berikut tips membedakan antara ikan nila jantan dan betina. Simak baik-baik ya, biar greget:

Cara Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina


Cara membedakannya itu sangat gampang sob kalian cukup melihat bagian-bagian tertentu antara yang jantan dan yang betina lantaran di setiap masing-masing mempunyai ciri-ciri yang berbeda. Apa saja bedanya?

1. Bentuk Kelamin Nila Jantan dan Betina


 Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang berasal dari air tawar Cara Termudah Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina

 Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang berasal dari air tawar Cara Termudah Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina

Yups perbedaan yang pertama yaitu di bab sisi  kelaminnya. Bagi kami cara pertama ini yaitu cara yang paling gampang untuk memahami mana yang jantan dan mana yang betina. Umumnya kelamin jantan bentuknya menonjol (papilla) dan runcing. Hal itu berfungsi sebagai muara susukan urin dan sperma yang letaknya di depan anus. Serta terdapat alat urogential 2 lubang yaitu lubang anus dan sperma. Sedangkan kelamin betina berbentuk oval (agak bulat) dan mempunyai lobang genital yang terpisah dengan lobang susukan urine.

Untuk lebih jelasnya sahabat sanggup melihat gambar kelamin nila jantan dan betina di atas (tempatnya di depan anus pas). Di situ bentuk kelaminnya (venn) sangat berbeda antara betina dan jantan.

2. Warna Tubuh



 Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang berasal dari air tawar Cara Termudah Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina

Selain dari bentuk kelamin, perbedaan ikan nila jantan dan betina juga sanggup dilihat dari warna tubuhnya. Ciri ciri warna badan ikan nila jantan ialah berwarna lebih cerah dibandingkan dengan betina dan siripnya memerah. Apalagi dikala matang gonad.

Sedangkan untuk nila betina, warna tubuhnya cenderung pucat dan ketika matang gonad bab tepi sirip tidak berubah warna serta gerakannya pun lambat. Bagaimana, gampang kan?

3. Kematangan Gonad


Kematangan gonad pada ikan nila jantan sanggup dilihat dengan cara mengurut bab perut ke arah anus secara perlahan dan berulang. Maka akan mengeluarkan cairan kental berwarna bening dari kelaminnya. Dan di sekitar perut sampai kepala bab bawah akan berwarna merah.

Adapun untuk nila betina biasanya dikala diraba perutnya terasa lunak dan kalau ditekan sedikit, perutnya akan mengeluarkan cairan kuning atau telur. Serta bab anus akan menonjol dan kemerah-merahan.

4. Perut Nila Jantan dan Betina juga Beda


 Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang berasal dari air tawar Cara Termudah Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina

Cara membedakan nila jantan dan betina yang terakhir yaitu dengan memperhatikan baik-baik ukuran perutnya. Apabila perut nila tersebut besar dan terlihat gendut berarti berjenis kelamin betina, namun sebaliknya bila terlihat lebih ramping dan tidak terlalu gemuk berarti ikan itu berjenis kelamin jantan. Dan dikala membandingkannya pun harus yang seumuran. Simpel kan?

Nah itulah sob 4 poin utama cara membedakan ikan nila jantan dan betina. Kami rasa Kempat ciri ciri kedua ikan nila di atas sudah lebih dari cukup bagi Anda untuk mengetahui perbedaan nila betina dan jantan. Baik yang masih kecil anakan atau yang sudah dewasa. Sekarang Anda tinggal mempraktekan salah satunya saja. Oke, sekian dari kami semoga bermanfaat bagi kalian para pemula yang ingin membudidayakan ikan nila. SUKSES BOSKU

0 Response to "Cara Termudah Membedakan Ikan Nila Jantan Dan Betina"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel