Penyebab Dan Cara Mengatasi Ikan Arwana Tidak Mau Makan

Ikan arwana tidak mau makan- Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan yang populer akan keindahan bentuk dan warna sisiknya, sehingga beliau pun banyak digemari dan dipelihara oleh pencinta ikan hias air tawar di seluruh dunia dan Indonesia. Atas dasar itulah arwana dibandrol mahal di pasaran [baca: jenis dan harga ikan arwana terbaru].

 Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan yang populer akan keindahan bentuk dan warna Penyebab dan Cara Mengatasi Ikan Arwana Tidak Mau Makan

Tapi di balik itu semua teman perlu tahu bahwa dalam merawat ikan arwana kadang tidak sejalan dengan apa yang kita pikirkan. Misalnya belum usang ini Harga Diri melihat para pemula mengeluh di grup komunitas perihal ikannya yang tidak mau makan, "Kenapa ikan arwana saya tidak mau makan?" atau "Apa sih penyebab ikan mogok makan dan bagaimana cara mengatasinya?" dan lain sebagainya.

Ketahuilah, sebetulnya permasalahan ikan arwana yang tidak mau makan ini yaitu permasalahan yang umum dan biasa dialami oleh penghobi ikan arwana. Makara bukan hanya kalian saja yang mengalaminya. Tapi jangan khawatir alasannya di sini kami akan membuatkan pengalaman berupa tips menangani arwana tidak mau makan dan disertai sebab-sebabnya.

Ok pribadi saja berikut faktor-faktor utama yang mengakibatkan arwana tidak mau makan dan cara mengatasinya:

Sebab dan Cara Mengatasi Ikan Arwana Tidak Mau Makan


Sekitar ada 4 alasannya yang berhasil kami simpulkan menurut pengalaman pribadi dan pengalaman para member grup facebook komunitas arwana:

1. Ikan Arwan Sedang Adaptasi di Tempat Barunya


 Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan yang populer akan keindahan bentuk dan warna Penyebab dan Cara Mengatasi Ikan Arwana Tidak Mau Makan
gambar arwana by @james low pinterest.com

Jika kalian gres membeli arwana dan beliau tidak mau makan, maka ini merupakan hal yang wajar. Karena ikan arwana tergolong ikan yang susah untuk beradaptasi. Dia membutuhkan waktu yang usang semoga dapat menyesuaikan lingkungannya. Makanya kadang beliau akan stres sesudah dipindahkan ke daerah barunya. Lalu apa solusinya?

Kalau memang faktornya lantaran adaptasi, teman tidak perlu khawatir. Tunggu saja 5-7 hari, nanti beliau juga akan makan sendiri dengan lahap. Kalau masih belum mau makan gimana? Ini jarang terjadi tapi tidak mengapa akan saya berikan tipsnya.

Jika 1 ahad lebih ternyata si ikan belum juga doyan makan, sebaiknya atur seat heaternya hingga 30 C dan tambahkan juga garam ikan 1 gram/liter air.

2. Kondisi Air Kotor Sehingga Ikan Tidak Mau Makan


 Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan yang populer akan keindahan bentuk dan warna Penyebab dan Cara Mengatasi Ikan Arwana Tidak Mau Makan
gambar akuarium keruh

Penyebab ikan arwana tidak mau makan yang berikutnya yaitu kondisi airnya yang keruh dan kotor. Hal itu dapat terjadi lantaran keadaan aquarium yang tidak jernih akan menciptakan parameter airnya ikut berubah, baik dari segi suhu, keasaman dan kadar oksigen di dalam air itu sendiri. Dari sinilah akan menimbulkan si arwana stres dan pada alhasil beliau malas makan.

So untuk mencegah dan mengatasinya, teman cukup mengganti air (Water Change) secara rutin dan disiplin. Tapi ingat ketika mengurasnya diusahakan dengan cara pelan-pelan semoga guncangan airnya tidak besar lengan berkuasa yang itu justru dapat menciptakan ikan arwana tambah stres. Perhatikan tutorial cara menguras aquarium yang benar di bawah ini:

  1. Pertama sediakan garam ikan, dan pengukur PH air (kalau ada)
  2. Lalu kuras airnya secara perlahan-lahan, namun semua air yang ada di dalam tank jangan dihabiskan. Melainkan cukup 30% saja.
  3. Setelah itu bersihkan dan basuh filter/kapas hingga higienis kemudian dijemur hingga kering (lebih anggun lagi jikalau diganti  dengan yang baru).
  4. Jika semua sudah dibersihkan maka selanjutnya teman memasukkan air pengganti tapi sebelumnya sudah direndam 24 jam semoga kandungan kapurnya mengendap.
  5. Perhatian, jangan memakai air berkaporit dan usahakan suhunya 30 C, makanya di atas tadi sudah disarankan untuk menyediakan alat pengukur suhu air supaya kita tahu ukurannya.
  6. Kalau air pengganti sudah siap selanjutnya, masukan dengan pelan-pelan. (bisa juga ditambahkan garam ikan)

Apabila airnya sudah jernih, kalian tinggal mencoba menunjukkan masakan pada si arwana, saya jamin niscaya beliau akan memakannya.

3. Pemberian Pakan yang Monoton dan Berlebihan


Jika arwana tidak mau makan dapat jadi lantaran kalian salah dalam menunjukkan masakan untuknya. Entah itu kelebihan atau monoton alias tidak dikombinasikan dengan jenis pakan arwana lainnya. So kombinasikanlah dengan yang lainnya semoga tidak bosan dan juga jangan terlalu banyak alasannya malah akan menjadikan kehilangan nafsu makan si ikan.

Kalau sudah terlanjur bagaimana? Nah jikalau sudah terlanjur dan beliau tidak mau makan, maka solusinya kalian harus memancingnya dengan cacing beku, jangkrik atau lainnya. Tapi diadaptasi juga dengan ukuran si ikan contohnya untuk arwana yang masih kecil (di bawah 18 cm) maka dikasih cacing beku yang sudah dilembutkan dan untuk yang sampaumur (25 cm) dapat dicoba dengan pakan jangkrik dan ulat hongkong. Yang terang kalian dapat bereksperimen sendiri sesuai masakan yang paling disukainya.

4. Karena Penyakit atau Ikan Sedang Sakit


 Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan yang populer akan keindahan bentuk dan warna Penyebab dan Cara Mengatasi Ikan Arwana Tidak Mau Makan

Alasan terakhir ikan arwana tidak nafsu makan yaitu lantaran sedang sakit dan terjangkit bakteri. Bahkan kita pun jikalau lagi sakit juga niscaya tidak nafsu makan. Maka untuk solusi dari persoalan ini yaitu diobati. Silahkan baca: 15 Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mengobatinya.

Itulah penyebab ikan arwana tidak mau makan dan cara mengatasinya. Semoga dapat bermanfaat buat arwana lovers. Artikel ini boleh dicopas asalkan menyertakan sumber Harga Diri (DMCA protected). Thanks You

0 Response to "Penyebab Dan Cara Mengatasi Ikan Arwana Tidak Mau Makan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel