Cara Budidaya Ikan Mas Lengkap Khusus Pemula

Cara budidaya ikan mas- Dari dulu hingga kini ikan mas masih tetap menjadi sajian santapan kesukaan para konsumen di Indonesia. Selain bergizi tinggi, ikan konsumsi satu ini juga mempunyai rasa yang gurih dan enak. Sehingga tak heran apabila harga ikan mas terus mulai melonjak tinggi di setiap tahunnya. Entah itu jenis mas merah atau jenis mas lainnya.

Standar harga ikan mas di pasar Jakarta hari ini (26/08/17) sekitar Rp. 30.000/Kg. Harga tersebut masih sanggup naik di kemudian hari. Maka atas dasar itulah membudidayakan ikan mas merupakan peluang perjuangan yang menjanjikan untuk dicoba. Dan tidak sedikit pula masyarakat Indonesia hari ini yang mulai merubah profesi sebagai peternak ikan mas.

Nah bagi kalian yang tertarik untuk membudidayakan ikan mas, sebaiknya baca pelan-pelan panduan kami ini. Sebab apa yang ditulis dalam situs Harga Diri ini sudah diubahsuaikan khusus bagi pemula yang gres terjun ke dalam dunia peternakan ikan mas.

Cara Budidaya Ikan Mas Yang Baik Untuk Pemula


Dalam budidaya ikan mas biasanya orang-orang lebih menentukan memakai bak terpal dibandingkan tanah atau beton. Walaupun bergotong-royong memakai bak tanah atau bak beton juga bisa, namun dengan memakai bak terpal akan menciptakan lebih efektif dan efisien.

1. Mempersiapkan Kolam Budidaya Untuk Ikan Mas


 Dari dulu hingga kini ikan mas masih tetap menjadi sajian santapan kesukaan para konsum Cara Budidaya Ikan Mas Lengkap Khusus Pemula

Sama menyerupai budidaya jenis ikan air tawar lainnya, kita harus menyiapkan bak sebelum memulai membudidayakan ikan. Untuk problem bak kalian sanggup memakai bak beton, bak kantong jaring apung, bak tanah bak air deras atau bak terpal. Semua tergantung pada situasi lokasi anda.

Usahakan kalian menciptakan lingkungan yang menyerupai mirip habitat aslinya (sungai waduk atau danau). Biasanya ikan mas tinggal di ketinggian 150 hingga 600 DPL. Dan untuk suhunya mencapai 20-25 °C dengan PH air 7-8.

Tapi yang paling penting yaitu kualitas air di dalam bak harus terjaga, jangan hingga terkotori oleh kandungan zat kimia berbahaya.

Jika anda membudidayakan ikan mas di bak terpal sebaiknya selalu menjaga suhu bak semoga tetap stabil dilarang terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin. Biarkan bak terkena sinar matahari yang cukup.

2. Rencana Yang Matang Dalam Membudidayakan Ikan Mas


Perlu sobat ketahui bahwa setiap orang mempunyai tujuan berbeda dalam budidaya ikan mas. Ada diantara mereka yang hanya sebatas pembibitan saja (menjual bibit anakan ikan mas) dan ada pula yang hingga membesarkan kemudian dijual. Bahkan tidak sedikit juga yang menjual bibit plus membesarkannya.

Semua tergantung kebutuhan anda. Jika ingin perputaran modalnya cepat maka kalian sanggup menentukan pembibitan ikan mas. Karena setiap burayak yang berumur satu bulan hingga dua bulan mempunyai prospek ekonomi yang menjanjikan.

Tapi jikalau teman-teman ingin mencoba perjuangan budidaya ikan mas dengan model pembibitan dan pembesaran, maka kalian harus mengetahui teknik pembenihan dan pembesaran ikan mas pada poin di bawah ini.

3. Pembenihan Ikan Mas


 Dari dulu hingga kini ikan mas masih tetap menjadi sajian santapan kesukaan para konsum Cara Budidaya Ikan Mas Lengkap Khusus Pemula

Pembenihan ikan mas berarti menghasilkan bibit ikan kecil yang akan dibesarkan. Untuk pembenihan sobat harus menyiapkan 2 calon indukan ikan mas jantan dan betina yang unggul untuk dipijahkan/dikawinkan. Dengan menentukan indukan yang berkualitas kalian akan memperoleh benih benih yang baik dan mempunyai produktivitas tinggi.

Baca: 4 perbedaan ikan mas jantan dan betina paling mencolok

Bagaimana ciri ciri indukan ikan mas yang berkualitas?

Indukan Ikan Mas Yang Unggul dan Siap Kawin


  • Usia indukan ikan mas betina minimal 1,5-2 tahun. Dan beratnya 2 kg.
  • Sedangkan untuk jantan minimal berusia 8 bulan dengan berat 0,5 kg.
  • Pergerakan ikan betina lamban atau tidak lincah Sedangkan untuk ikan jantan agresif.
  • Waktu malam kerap meloncat-loncat.
  • Perut ikan betina membesar ke arah belakang jikalau diraba akan terasa lunak.
  • Untuk ikan jantan apabila perutnya ditekan mengeluarkan cairan putih dan cairan putih tersebut yaitu spermanya.

Setelah kalian mengetahui indukan yang berkualitas langkah selanjutnya yaitu proses pemijahan atau perkawinan. Sebelum dipijahkan, pisahkan dahulu indukan jantan dan betina kemudian dirawat di bak khusus yang terpisah. Berikan masakan berupa pelet yang mempunyai protein 25%.

Langkah Langkah Pemijahan


 Dari dulu hingga kini ikan mas masih tetap menjadi sajian santapan kesukaan para konsum Cara Budidaya Ikan Mas Lengkap Khusus Pemula

  • Mensterilkan bak pemijahan dengan cara membersihkan dan mengeringkan hingga bersih.
  • Lalu bak diisi dengan air setinggi 75-100 cm.
  • Jika sudah pasanglah Hapa untuk memudahkan kalian nanti ketika panen Larva. Dengan dimensi ukuran 4 x 3 x 1 m. Dan disarankan Hapanya dikasih pemberat semoga tidak ngambang.
  • Berikan juga kakaban di dalam Hapanya. Kakaban sanggup berubah papan atau ijuk yang dijepit bambu.
  • Apabila semuanya sudah siap maka tinggal masukkan indukan jantan dan betina. Untuk problem jumlahnya tergantung pada kebutuhan pembenihan dan luas bak yang digunakan. Yang terang satu ikan mas betina sanggup dipijahkan dengan 2-3 ikan mas jantan.
  • Terakhir sehabis pemijahan dan mengeluarkan telur biasanya 4 hari kemudian telur akan menetas menjadi larva.
  • Ketika larva masih berusia satu hingga tiga hari sebaiknya jangan diberi masakan alasannya si Larva masih mempunyai cadangan masakan dari telurnya.
  • Terakhir Larva sudah sanggup ditebarkan ke bak pembenihan bila sudah melebihi 5 hari.
Benih yang dihasilkan biasanya berukuran 10-12 cm dan berat mencapai 80-100 gram perekor sehingga sangat mungkin sanggup untuk dibesarkan atau resiko kegagalan sanggup terminimalisir.

4. Pendederan Ikan Mas


 Dari dulu hingga kini ikan mas masih tetap menjadi sajian santapan kesukaan para konsum Cara Budidaya Ikan Mas Lengkap Khusus Pemula

Langkah berikutnya dalam budidaya ikan mas untuk pemula yaitu pendederan benih benih ikan mas untuk dibesarkan. Umumnya pendederan dilakukan di bak tanah menyerupai di sawah atau di tempat lainnya.

Caranya kalian ratakan dulu tanah dasarnya kemudian masukkan 10-15 karung kotoran ayam kemudian diisi dengan air setinggi 40 cm. Setelah itu biarkan hingga 5 hari tanpa dialiri air sedikit pun. Hal ini bertujuan supaya plankton sanggup berkembang biak dan menjadi sumber pakan alami anakan ikan mas.

Untuk luas bak 100 m² sebaiknya cukup ditebarkan 100.000 larva ikan mas saja di waktu pagi. Ketika sudah berumur 3 ahad bibit ikan mas siap dijual di pasaran atau dibesarkan kembali di bak yang berbeda. Intinya kalian harus menyesuaikan antara ukuran bak dan jumlah ikan jangan hingga terlalu padat.

5. Pembesaran Ikan Mas


 Dari dulu hingga kini ikan mas masih tetap menjadi sajian santapan kesukaan para konsum Cara Budidaya Ikan Mas Lengkap Khusus Pemula

Setelah proses pembenihan ikan mas maka selanjutnya ialah proses pembesaran semoga sanggup dikonsumsi. Membesarkan ikan mas membutuhkan waktu selama 2-3 bulan. Supaya ikan mas cepat besar kita harus memperhatikan metode dan pertolongan pakannya.

Untuk metodenya anda sanggup memakai 3 jenis air. Air tenang, air tumpang sari dan air deras. Adapun kolamnya sanggup memakai bak tanah, terpal, sawah, bak tembok, jaring apung dan keramba.

Tapi sebelum memasukan air pada bak ikan mas sebaiknya lakukan pengendapan dahulu di bak khusus pengendapan. Supaya lumpur atau sampah yang terbawa air akan mengendap dan air pun menjadi jernih. Setelah itu alirkan air melalui terusan sekunder dengan suhu air berkisar 17-25°C pH air antara 6-8,5.

Baiklah di bawah ini beberapa metode pembesaran ikan mas:

Pembesaran Dengan Kolam Air Deras


Jika anda memakai metode bak air deras maka yang diharapkan yaitu arus air yang berpengaruh dan debit air yang besar sekitar 25-100 liter/detik. Dan siapkan benih ikan yang berbobot 100gram/ekor.

Budidaya di bak air deras mempunyai banyak kelebihan, yakni si ikan akan gampang bergerak kemana saja sehingga nafsu makannya semakin besar.

Selain itu sirkulasi udara juga jauh lebih baik dan kadar oksigen yang terlarut di dalamnya relatif lebih tinggi. Oleh alasannya itu bak air deras mempunyai kapasitas padat untuk menebar ikan jauh lebih leluasa. Adapun kapasitas penebaran benih yaitu 30-60 ekor/m2.

Agar arus air tetap deras, buatlah bak yang dipetak petak sehingga menjadi bak kecil kecil. Untuk kedalamannya dibentuk lebih dalam dibanding bak air tenang. Biar tidak terjadi pengikisan akhir kikisan air buatlah dinding bak dengan memakai tembok.

Bila sudah beres semua, kini tinggal anda memberinya pakan. Pakan yang diberikan untuk ikan mas harus mengandung protein 25-30% menyerupai pelet. Kualitas pelet juga harus baik semoga sanggup bertahan usang dalam air dan tidak gampang hancur meski berada di arus air yang deras.

Takarannya yaitu 4% dari berat tubuh si ikan. Bila ingin mengetahui berat tubuh ikan mas, timbanglah setiap 2 ahad sekali untuk menyesuaikan dosis pakan.

Cara memberinya pakan cukup ditebar saja di kolamnya atau wadah aluminium yang dipasang di atas bak dengan pendulum yang menjulur ke dalam air. Berikan pakan sebanyak 3 kali sehari. Setelah itu kalian tinggal menunggu risikonya sehabis 2-3 bulan. Anda sanggup mendapat hasil mencapai 3-4 kali lipat dari bobot awal.

Pembesaran di Kolam Air Tenang



Sebagian pembudidaya ikan mas lebih cenderung menentukan memakai bak tanah air tenang. Karena lebih hemat biaya pakan dan pembuatannya. Ada yang memakai tanggul tanah dan ada juga tanggul tembok atau batu.

Langkah pertama dalam pembuatan bak tanah yaitu anda harus membajak dahulu dasar bak kemudian dijemur dan melaksanakan proses pengapuran, pemupukan dan penggenangan. Mungkin hal itu membutuhkan waktu yang cukup usang kurang lebih 1-2 ahad serta tenaga yang cukup banyak.

Akan tetapi hal itu sanggup mengurangi biaya pakan. Jika bak sudah jadi, kini saatnya anda menyiapkan benih ikan mas yang berbobot 100gram/ekor. Kapasitas bak sekitar 1-2 ekor/m2.

Untuk pakannya berikan pelet yang mempunyai kadar protein 25%. Takarannya sebanyak 3-4% dari berat tubuh ikan mas. Misal untuk satu ekor ikan jumlah pakan yang diberikan sebanyak 3-4 gram pelet dalam sehari. Berikan pakan sebanyak 3 kali sehari. Atau kalian sanggup pakai yang alami saja menyerupai cacing atau tumbuhan air.

Untuk menyesuaikan jumlah pakan yang akan diberikan maka timbanglah ikan setiap 2 pekan sekali. Dalam waktu kurang lebih 3 bulan berat ikan sudah mencapai 300-400 gram/ekor sehingga sudah sanggup dipanen dan dijual di pasar dengan harga yang menguntungkan.

Kolam Jaring Apung


Cara yang terakhir ini sedikit rumit. Karena menciptakan jaring apung hanya sanggup dilakukan di waduk waduk besar dan danau. Jaringnya pun juga terbuat dari materi polyethylene yang sanggup bertahan usang berada di air.

Buatlah kerangka rakit segi empat untuk tempat bergantung jaring dengan kedalaman maksimal 3 meter. Untuk kerangka kolamnya terbuat dari bambu kayu semoga berpengaruh dan juga tahan lama.

Kerangka tersebut dibentuk mengapung di atas air dengan alas drum atau jerigen. Nah supaya kerangkanya tidak gampang terbawa arus air maka sebaiknya pasang jangkar yang menambat ke dasar kolam. Kemudian lengkapilah dengan saung atau penyimpan masakan pada jaring apung.

Ukuran jaring yaitu 1,5 meter dan kedalamannya 3 meter. Siapkan benih yang berbobot 100gram/ekor serta kapasitas tebar jaring apung kurang lebih 30 ekor/m2.

Adapun pakannya sanggup diberi pelet yang mengandung protein sebanyak 25%. Dan dosis pertolongan pakan sebanyak 4% dari berat tubuh ikan mas anda. Sama menyerupai sebelumnya disarankan semoga sobat menimbang ikan setiap 2 ahad sekali untuk menentukan jumlah pakan yang diberikan. 

6. Pemberian Pakan



Seperti yang sudah kami singgung di atas bahwa frekuensi pertolongan pakan ikan mas yang berusia 3-5 hari yaitu berupa larutan kuning telur pada setiap 2-3 jam. Satu butir telur sanggup digunakan untuk 100.000 ekor.

Dan ikan mas yang berusia 5-30 hari sanggup diberi pelet dengan kadar protein 40%. Berikan pelet setidaknya sehari sebanyak 5% dari berat tubuh ikan dengan frekuensi pertolongan sebanyak 5 kali sehari.

Adapun ikan mas yang sudah berusia 1-4 bulan anda sanggup memberinya pelet dengan kadar protein sebanyak 35% dan diberikan setiap harinya 5% dari berat tubuh si ikan. Berikan 3-5 kali dalam sehari.

Ikan mas yang berusia 4 bulan ke atas diberi pelet dengan kadar protein 30% dan diberikan 2-3% dari berat tubuh sebanyak 2-3 kali sehari. Selain pelet, ikan mas sanggup juga diberi pakan berupa sayuram hijau menyerupai daun ubi jalar, daun talas, daun ketela dan lain lain.

Selengkapnya baca: 5 Makanan Ikan Mas Supaya Cepat Besar

Akhirnya selesai juga sharing dari kami wacana cara budidaya ikan mas yang baik dan benar secara lengkap untuk pemula. Silahkan sanggup anda coba di kawasan masing masing. Oh ya jikalau anda ingin menjual ikan mas di pasar, kami sarankan semoga menjualnya dalam keaDdaan hidup lantaran harganya lebih tinggi daripada menjual ikan mas dalam keadaan mati. [Dilarang copy paste kecuali Anda menyertai sumbernya]

0 Response to "Cara Budidaya Ikan Mas Lengkap Khusus Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel