Kandang Sapi Perah Jenis Tunggal Dan Ganda

- Kandang Sapi Perah Jenis Tunggal dan Ganda - Kandang sapi perah yang benar merupakan hal yang sangat penting sebagai salah satu keberhasilan dalam beternak sapi, pemembuat an sangkar yang benar dan sesui mekanisme sangat memengaruhi pertumbuhan dan kesehatan sapi tersebut. Seperti yang kita tahu hampir seluruh waktu dihabiskan sapi perah di dalam kandangnya. Untuk itu, buatlah kenyamanan dan kesesuaian sangkar dengan kondisi yang baik dimulai dari segi jumlah maupun perbedaan jenis, sangat penting untuk dipertimbangkan. Dalam beternak sapi perah umumnya ada dua tipe atau jenis sangkar yang dapat anda pakai. Yang pertama merupakan sangkar Jenis tunggal dan yang kedua yaitu jenis sangkar sai perah ganda.

Kandang Sapi Perah Jenis Tunggal dan Ganda Kandang Sapi Perah Jenis Tunggal dan Ganda
Kandang Sapi Perah Jenis Tunggal dan Ganda

Inilah Kandang Sapi Perah Jenis Tunggal dan Ganda Yang Perlu Anda Ketahuai


  • Kandang ini memiliki ukuran luas yang diadaptasi dengan bentuk badan sapi perah. Umumnya sangkar dibangun atau dibentuk dengan panjang 1,6 hingga 2,5 m dan lebar hingga 1,5 m. Tidak hanya memperhitungkan kenyamanan ternak sapi perah ketika berada di dalam kandang, ukuran juga dipengaruhi oleh pertimbangan fasilitas kegiatan dari peternak.
  • Kandang sapi jenis tunggal dikenal juga dengan nama sangkar induk. Nama ini berasal dari peruntukkannya yang digunakan sebagai daerah pemeliharaan sapi perah indukan. Usia sapi perah pada sangkar tipe ini biasanya sudah lebih dari usia 1 tahun.
  • Kandang tungga harus terdiri atas satu baris kandang. Dalam setiap baris, tersedia banyak sekali ternak sapi yang masing-masing dipisahkan dengan sekat yang pendek. Ukuran tinggi sekat dapat mencapai 1 m. Tetapi, ukuran ini tergantung pada tinggi badan sapi perah.
  • Setiap sekat sangkar diwajibkan memiliki lebar yang kurang bagi peternak untuk keluar dan masuk ke dalam kandang. Kandang tak boleh sempit. Ruangan sangkar harus muat untuk kegiatan membersihkan sangkar dan memerah susu.
  • Setiap ekor sapi ditempatkan dengan arah kepala yang sama. Untuk penggalan depan tersedia pula palung yang bermanfaat sebagai wadah pakan dan minuman. Sedangkan, untuk penggalan belakang sangkar dibekali dengan selokan sebagai daerah pembuangan kotoran.
  • Untuk menghindari perselisihan antara sapi yang berada dalam satu kandang, setiap sapi perah biasanya diikat dengan tali yang dikaitkan pada penggalan lantai depan. Dengan demikian, posisi kepalanya akan tetap terjaga dengan baik ke arah yang sama. Karena biasanya sesama indukan terbukti kerap saling menantang.  


  • Kandang Sapi perah Jenis ganda atau biasa disebut sangkar sapi perah model box stall, sesuai namanya, terdiri dari dua baris kandang. Secara utuh bentuk sangkar sapi perah modeo ini akan terlihat menyerupai panggung yang berkapasitas pendek. Tinggi panggung tak lebih dari 150 cm.
  • Jenis sangkar ini biasanya dibangun dan dibentuk dari materi kayu. Tujuannya biar ternak merasa lebih hangat. Kandang sapi jenis ganda ini memiliki panjang 150 cm dengan lebar 100 cm. Akan tetapi sama halnya dengan tipe sangkar sapi tunggal, ukuran luas bangunan dapat diadaptasi dengan bobot dan besar badan ternak sapi yang dipelihara.
  • Ternak sapi yang dipelihara dalam sangkar ini, diletakkan harus secara berlawanan. secara berseling, setiap sapi perah dapat menghadap ke arah luar atau ke dalam kandang. Masing-masing sapi perah diberi jarak 2 m. Tujuannya yaitu sebagai jalur bagi peternak untuk keluar dan masuk ke dalam kandang.
  • Kandang ganda biasanya dibangun dan dibentuk untuk merawat sapi perah betina yang berada pada masa laktasi. Kandang sapi perah jenis ini dikenal lebih efisien alasannya yaitu menghemat tempat.
  • Kandang tipe ganda biasanya memiliki daerah pakan di kedua penggalan sesi bangunannya.
  • Bagi peternak sapi perah jenis atau tipe sangkar sapi perah ganda ini termasuk yang paling disukai. Sebab mempermudah dalam susukan pemerahan susu dari setiap sapi. Tidak hanya itu, selokan penampung kotoran yang terletak di tengah juga mempermudah proses pencucian kandang.  
Kesimpulan !
Kedua Jenis sangkar sapi perah yakni jenis sangkar tunggal dan jenis sangkar ganda tersebut dapat digunakan sesuai pertimbangan keperluan dari anda para peternak sapi perah. Hal lain yang sangat penting untuk dipersiapkan yaitu lokasi tangki air sebagai sumber air bersih, penempatan pakan, dan materi yang bakal digunakan sebagai atap dan lantai bangunan kandang. Kemudian, pastikan juga sangkar harus dapat melindungi sapi perah dari segala bentuk gangguan eksternal.

Baca Juga :
Demikian artikel mengenai " Kandang Sapi Perah Jenis Tunggal dan Ganda " yang dapat kami sampaikan. Semoga apa yang sudah kami tulis dapat bermanfaat bagi kita semua. Salam Peternak Indonesia.

0 Response to "Kandang Sapi Perah Jenis Tunggal Dan Ganda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel