Model Sangkar Sapi Perah Modern

Ternak Pertama -  Kandang Sapi Perah - Hewan ternak menyerupai sapi perah membutuhkan daerah tinggal yang sesuai dengan kebutuhan dan dibentuk menurut mekanisme yang benar. Sapi-sapi tersebut tak bisa ditempatkan dalam satu sangkar yang sama lantaran bakal memengaruhi kesehatan sapi tersebut. Dewasa ini, Perkembangan teknologi semakin maju dan kini mempunyai tugas yang sangat penting bagi para peternak. Di Negara maju, penerapan contoh beternak modern menandakan hasil yang sangat signifikan. Berbeda dengan cara bernak sapi perah tradisional yang pada kesudahannya tidak bisa bersaing di pasar global. Untuk itu bagi para peternak indonesia harus bisa menerapkan contoh beternak sapi beternak yang benar dimulai dari perencanaan pembuatan sangkar yang manis dan modern.

Dalam sebuah peternakan modern, ada aneka macam jenis sangkar yang dibentuk dan dibangun untuk untuk sapi perah dengan masing-masing keadaannya:

 Hewan ternak menyerupai sapi perah membutuhkan daerah tinggal yang sesuai dengan kebutuhan d Model Kandang Sapi Perah Modern
Model Kandang Sapi Perah Modern


Inilah 7 Model Kandang Sapi Perah Modern Yang Perlu Anda Ketahui :


1.Kandang Sapi Perah pejantan
  • Sapi pejantan sebaiknya mempunyai sangkar berkapasitas 3x4 meter dengan halaman berkapasitas 4x6 meter atau sering disebut dengan model sangkar sapi Loose Box. Model sangkar ini dibangun semoga sapi bisa leluasa bergerak jadi tak mengalami stres. 
  • Kandang sapi pejantan mempunyai konstruksi bangunan yang lebih kuat. Usahakan ketinggian sangkar lebih tinggi dari sapi, yakni kurang lebih  sekitar 160 hingga 180 cm.
  • Lantai sangkar mempunyai arah miring menuju pintu dengan perbedaan tinggi kurang lebih 5 cm. Untuk halaman, sebaiknya gunakan materi atau materi dari beton pada lantainya. 

2.Kandang sapi dewasa
  • Kandang sapi cendekia balig cukup akal bisa digunakan juga untuk api dara, ialah sapi yang siap kawin. Hmair sama menyerupai sangkar sapi pada umumnya, sangkar sapi cendekia balig cukup akal harus mempunyai daerah makan dan air minum masing-masing berkapasitas 80x50 cm dan 50x40 cm. Sementara untuk ukuran sangkar anda bisa gunakan ukuran 1,75x1,2 meter.

3.Kandang Sapi Untuk kawin
  • Pembangunan sangkar sapi untuk kawin sebaiknya didekatkan dengan pintu halaman sapi pejantan semoga proses perkawinan sanggup berjalan gampang dan lancar. Kandang untuk sapi kawin ini mempunyai ukuran 110x55 cm. Gunakan saja balok berkapasitas 20x20 cm dengan menanamnya 50-60 cm di dalam tanah semoga kokoh.

4. Kandang sapi untuk melahirkan
  • Sapi perah yang siap melahirkan wajib segera dipindah ke sangkar khusus melahirkan. Pembangunan sangkar sapi untuk melahirkan tak boleh didekatkan dengan sangkar pedet. Kandang sapi melahirkan ini mempunyai ukuran 6x6 meter dengan selokan pembuangan dipisahkan dari selokan sangkar sapi dewasa. Setiap pecahan sangkar harus dibangun melengkung semoga gampang dibersihkan.

5.Kandang pedet (anak sapi)
  • Ada dua macam jenis sangkar pedet, ialah sangkar individu untuk sapi yang gres lahir dan sangkar kelompok untuk anak sapi berumur 4-8 minggu. Disarankan semoga sangkar pedet individu tak terbuat dari tembok lantaran bisa mengganggu sirkulasi udara.

6.Kandang sapi laktasi
  • Kandang sapi laktasi bisa ada dua macam ialah sangkar sapi sistem loose housing dan stall. Pada sistem stall, peternak bisa menentukan bentuk tunggal ataupun ganda. Di aneka macam peternakan modern, sistem stall ganda sering dijumpai dengan menempatkan sapi dalam dua baris saling berhadapan ataupun bertolak belakang. Sementara pada sistem stall tunggal, sapi ditempatkan dalam satu baris.
  • Sistem loose housing tengah mungkin sudah dikenal oleh para peternak lantaran dianggap lebih fleksibel dan gampang dibentuk atau diubah dikala jumlah binatang ternak meningkat. Akn tetapi sistem ini membutuhkan lahan yang sangat luas semoga sapi perah bisa bergerak leluasa dan menerima udara segar dan sinar matahari yang kurang.

7.Kandang darurat
  • Kandang ini mempunyai kapasitas 150x55x150 cm, sangkar darurat atau sangkar sapi isolasi ini dibangun untuk memisahkan sapi sehat dengan sapi sakit. Ketika mendeteksi adanya sapi yang mengalami gangguan kesehatan, segera beri perawatan khusus, ialah dengan memberi obat dan ditempatkan di sangkar khusus. Kondisi bakal bertambah kurang baik apabila sapi sakit dirawat bersamaan sapi sehat. Sebab dalam waktu pendek penyakit bisa ditularkan ke sapi lainnya.
Baca Juga :

Itulah tadi artikel Model Kandang Sapi Perah Modern yang bisa kami sampaikan. Silahkan bagi anda yang sudah terjun didunia peternakan kususnya beternak sapi perah tak ada salahnya memakai tipe atau jenis sangkar sapi perah modern yang sudah kami jelaskan diatas. Semoga warta yang sudah kami tulis bisa bermanfaat bagi kita semua. Salam Peternak Indonesia!

0 Response to "Model Sangkar Sapi Perah Modern"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel